24 Kawasan Wisata Di Nganjuk Yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Nganjuk – Nganjuk merupakan salah satu tempat yang berada di wilayah Provinsi Jawa Timur. Daerah yang satu ini berbatasan secara langsung dengan tempat Kabupaten Bojonegoro di arah sebelah utara, sedangkan di arah sebelah timurnya berbatasan secara langsung dengan Kabupaten Jombang, di adegan selatan berbatasan langsung dengan Kabupaten Kediri dan juga wilayah Kabupaten Ponorogo, serta di arah barat berbatasan dengan Kabupaten Madiun.


Selain itu, Nganjuk juga populer dengan sebutan Kota Angin, alasannya adalah tempat ini diapit diantara dua gunung, adalah Gunung Wilis dan pegunungan Kendeng yang menciptakan kota ini mempunyai hembusan angin yang kuat. Nganjuk juga menyimpan sejuta daya tarik wisata yang niscaya akan bisa menjadi pilihan tujuan wisatamu. Selain wisata alam, wilayah ini juga terdapat wisata sejarah dan masakan tentunya.


Baca ini : 22 Tempat Wisata di Tuban yang Wajib Dikunjungi


Tempat Wisata di Nganjuk yang Wajib Dikunjungi
Berikut ini akan merekomendasikan sejumlah tempat wisata di Nganjuk Paling Terkenal wajib Dikunjungi. Sebagian besar destinasi wisata Nganjuk ini adalah wisata yang menawan dan mempesona.


1. Tempat Wisata Air Terjun Singokromo Nganjuk










Air Terjun Singokromo

Air terjun Singokromo merupakan sebuah riam yang mempunyai ketinggian sekitar 20 meter dengan suasana sekitar riam yang masih sangat segar. Air terjun yang terletak di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk ini belum dikelola oleh pemerintah sebagai tempat wisata, hal itu menciptakan kanal menuju lokasi menuju riam masih agak sulit gitu. 


Air terjun Singokromo berjarak sekitar 3 km dari Kota Nganjuk. Untuk mencapai lokasi air terjun, kamu cuma bisa memakai kendaraan roda dua. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki di atas setapak kurang lebih 500 meter atau sekitar 15 menit. Air terjun ini terletak tidak jauh dari Air Terjun Sedudo. 

2. Tempat Wisata Air Terjun Sedudo Nganjuk











Air Terjun Sedudo

Air Terjun Sedudo merupakan sebuah riam dan obyek wisata yang terletak di Desa Ngliman Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Jaraknya sekitar 30 km arah selatan ibukota kabupaten Nganjuk. Berada pada ketinggian 1.438 meter dpl, ketinggian riam ini sekitar 105 meter. Tempat wisata ini mempunyai fasilitas yang cukup baik, dan jalur transportasi yang mudah diakses.


Air terjun Sedudo sudah populer sejak jaman Majapahit yang mana riam ini diyakini sebagai Tirta Suci yang mengalir dari kahyangan. Bahkan Para Raja, Bangsawan dan Pendeta pada jaman itu sering mempergunakan untuk upacara ritual, adalah memandikan arca atau senjata pusaka dalam upacara Parna Prahista, yang kemudian sisa airnya dipercikan untuk keluarga semoga mendapat berkah keselamatan dan awet muda.


Untuk fasilitas yang dimiliki di tempat wisata ini umumnya cukup baik dan lengkap seakan-akan ruang ganti, kolam tempat berendam atau berenang, toilet, tempat istirahat dan aneka macam rumah makan serta toko cinderamata. Bagi yang membutuhkan penginapan juga tersedia hotel yang berada di sekitar tempat ini.


Harga tiket masuk adalah Rp 2500/orang. Tarif parkir kendaraan roda dua dipungut Rp 1.000, sedangkan kendaraan roda empat Rp 2.000.

3. Tempat Wisata Air Terjun Roro Kuning Nganjuk











Air Terjun Roro Kuning

Air Terjun Roro Kuning adalah salah satu tempat wisata di Nganjuk yang terletak di Desa Bajulan, Kecamatan Loceret. Air terjun ini berbeda dari yang lainnya alasannya adalah air yang jatuh dari atas mengalir merambat melalui bebatuan, oleh alasannya adalah itulah riam ini dinamakan riam merambat roro kuning.


Selain menikmati riam merambat, disini juga terdapat kolam renang dan penangkaran rusa. Sementara tinggi air terjunnya sendiri adalah 10-15 m. Aliran Air terjun Roro Kuning berasal dari tiga sumber yang ada disekitar Gunung Wilis.


Air tersebut mengalir dengan tutorial merambat di sela-sela bebatuan padas di bawah pepohonan hutan pinus. Kemudian aliran riam tersebut membentuk trisula. Jika anda tertarik untuk tiba ke tempat wisata ini, anda bisa menempuhnya dari Nganjuk, kurang lebih berjarak 31 km ke selatan Nganjuk.


4. Tempat Wisata Air Terjung Ngebleng Nganjuk











Air Terjun Ngebleng Nganjuk

Air Terjun Ngebleng merupakan sebuah riam yang terletak di perbatasan antara jombang dengan nganjuk, tepatnya di Dusun Tondowesi Lor/Utara, Desa Pule, Kecamatan Jatikalen, Kabupaten Nganjuk, Propinsi Jawa Timur.


Air Terjun Ngebleng masih alami dan belum di kelola oleh tempat setempat, belum ada karcis masuk, parkir di rumah warga seiklasnya. Untuk menuju riam jalan kaki ± 2 km/ 1 jam an dari rumah warga, jikalau demam informasi kemarau sepeda motor bisa langsung ke air terjunnya. pas demam informasi penghujan debit airnya tidak mengecewakan deras, jikalau demam informasi kemarau airnya surut/sedikit.

5. Tempat Wisata Air Terjun Air Terjun Sumbermanik Nganjuk











Air Terjun Sumbermanik

Air Terjun Sumbermanik merupakan sebuah riam yang terletak di Desa Blongko, Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk. Akses menuju lokasi riam memang masih sulit tapi kamu bisa mengandalkan warga sekitar untuk menemanimu menuju lokasi air terjun. Dari Desa Blongko, kamu akan melewati jalan terjal dan berbatu jadi anda harus hati-hati.


Air terjun besar nan eksotis ini berwujud aliran air jernih yang merambat di dinding tebing dan membentuk dua cabang. Posisinya menghadap ke barat, di lereng Bukit Punjul, sebagai salah satu rangkaian perbukitan Gunung Wilis. Ketinggian riam sekitar 35 meter, dengan lebar 20 meter menyelimuti bukit kerikil berbentuk membulat.

6. Tempat Wisata Candi Ngetos Nganjuk











Candi Ngetos

Candi Ngetos adalah sebuah tempat bersejarah seakan-akan candi tak hanya disaksikan di Jawa Tengah saja, Anda juga bisa menyaksikan candi bersejarah di tempat Jawa Timur. Candi Ngetos berada di tempat Nganjuk tepatnya di Desa Ngetos, Kecamatan Ngetos, terletak di adegan selatan Kota Nganjuk, Provinsi Jawa Timur.


Bangunan candi ini merupakan peninggalan dari Kerajaan Majapahit pada era XV. Candi ini juga sebagai tempat pemakaman dari Hayam Wuruk. Bangunan Candi Ngetos terletak di tepi jalan yang beraspal antara Kuncir dan Ngetos. Berdasarkan bentuknya Candi Ngetos ibuat pada era ke-15, adalah pada zaman Kerajaan Majapahit.


Dan diperkirakan juga Cani Ngetos dibentuk sebagai makam Raja Hayam Wuruk dari Majapahit. Secara fisik Candi ini sudah rusak, bahkan beberapa adegan candi sudah hilang sehingga sulit sekali ditemukan bentuk aslinya.


7. Tempat Wisata Goa Margo Tresno Nganjuk











Goa Margo Tresno

Goa Margo Tresno merupakan sebuah gua yang terletak di Dusun Cabean, Desa. Sugih Waras, Kec. Ngluyu, Kab. Nganjuk, Goa Margo Tresno terkesan magis. Disepanjang perut goa gelap dan cericit ribuan kelelawar semakin menambah suasana menjadi lebih seram. Apalagi lokasi goa yang berada di tengah belantara hutan jati Pegunungan Kendeng.


Jika anda ingin menuju lokasi goa ini anda tidak bisa memakai alat transpotasi, tetapi harus ditempuh dengan jalan kaki, menyusuri jalan setapak yang terjal dan sedikit mendaki, alasannya adalah suasananya memang masih asri, dihiasi pepohonan yang rimbun.


Selain itu Di depan goa, anda akan disuguhi sebuah kolam yang bisa digunakan untuk berenang. Air kolam di goa ini masih higienis dan jernih. Di dalam gua ini cukup gelap dan masih banyak kelelawar yang menghuni tempat ini.


8. Tempat Wisata Jurang Gatuk Nganjuk











Jurang Gatuk

Jurang gatuk adalah sebuah jurang yang menyempit dan di aliri oleh air yang jernih dari atas kebawah, disana juga ada kolam yang masih alami dan airnya juga jernih. dan tempat ini hanya di ketahui oleh orang orang setempat yang ada di sekitarnya.


Jurang gatuk ini mempunyai jalan yang menanjak dan menurun yang hanya bisa di lewati dengan berjalan kaki. jikalau anda ingin kesini harus menempuhnya dengan jalan kaki, tidak memungkinkan jikalau kita memakai kendaraan untuk tiba disana.


Jurang Gathuk terletak di tempat Desa Gondang, Kecamatan Pace. Jika anda ingin tahu seakan-akan apa keindahan tempatnya, anda bisa mengunjunginya sendiri. tempat ini sering kali di jadi salah satu rute yang digunakan oleh para cowok pemudi untuk melakukan napak tilas, alasannya adalah tempat ini masih dalam tempat daerah pegunungan, itulah yang menciptakan jalannya menjadi naik turun dan terasa berata untuk ditempuh.


9. Tempat Wisata Candi Lor Nganjuk











Candi Lor Nganjuk

Candi Lor merupakan bangunan candi yang terbuat dari kerikil bata merah yang diyakini sebagai monumen cikal bakal berdirinya kabupaten Nganjuk yang diperingati setiap tanggal 10 April setiap tahunnya. Candi Lor terletak di Desa Candirejo, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk.


Candi ini dibangun pada sekitar tahun 937 M dengan memakai kerikil bata merah sebagai salah satu tanda penetapan tempat Anjuk Ladang yang kini ini dikenal sebagai Kabupaten Nganjuk. Candi Lor ini dibangun dari kerikil bata berwarna merah.Candi ini menjadi simbol berdirinya kota Nganjuk.


Area sekitar candi ini sangat asri dan mengagumkan sehingga sayang jikalau Anda tidak mengabadikannya lewat foto dengan background candi lor ini.


10. Tempat Wisata Sendang Putri Wilis Nganjuk











Sendang Putri Wilis

Sendang Putri Wilis merupakan sungai dengan air yang jernih dan tidak mengecewakan deras mengakibatkan sensasi tersendiri bagi kalian serta dikelilingi oleh Hutan Pegunungan Wilis Yang alami dan mempesona. Teksture bebatuan yang mengagumkan mempunyai nilai daya tarik tersendiri bagi para pengunjung Sendang Putri Wilis. Apa lagi bagi para pengunjung Sendang Putri Wilis yang suka Selfie.


Sendang Putri Wilis berlokasi di desa Ngliman kecamatan Sawahan, jalur menuju Sendang Putri Wilis cukup mudah walau demam informasi penghujan kita bisa sampai di lokasi parkiran. Sendang Putri Wilis berada di Atas Air Terjun Singokromo sekitar 200 Meter dari Warung / Lokasi Parkir Motor.


Jika anda ingin menikmati kesejukan air di sendang ini, kamu cukup membayar Rp.5.000 rupiah.


11. Tempat Wisata Grojogan Duwur Sumbermiri Nganjuk











Grojogan Duwur Sumbermiri

Grojogan Duwur Sumbermiri adalah sebuah Wisata terletak di Desa Sumbermiri, Kecamatan Lengkong, Kota Nganjuk. Kawasan ini masih alami dan keindahannya bisa menghipnotis siapa saja yang melihatnya. Perlu pengunjung ketahui, kanal jalan menuju tempat ini sangat menanjak. Diperlukan kewaspadaan apalagi keadaan jalan yang rusak menambah perjalanan semakin menegangkan.


Pemandangannya bisa memikat hati dan betah untuk berlama-lama disini. Dijamin niscaya anda gak akan nyesel apalagi kecewa. Biaya yang dikeluarkan pun tidak akan menguras kantong. Cukup merogoh saku Rp. 5000 untuk biaya parkir. Jika dating kesini, disarankan untuk membawa masakan dan minuman sendiri. Karena tempat ini belum menyediakan toko atau warung-warung.


12. Tempat Wisata Monumen Dr. Soetomo Nganjuk











Monumen Dr Soetomo

Monumen Dr.Soetomo berada di Desa Ngepeh, Kecamatan Loceret, Nganjuk. Monumen ini merupakan tempat kelahiran Dr. Soetomo. Bahkan ari-ari ia diperkirakan tepat berada dibawah patung Dr. Soetomo yang digambarkan sedang duduk menghadap ke selatan.


Monumen Dr.Soetomo yang ada di Desa Ngepeh tersebut bahu-membahu adalah rumah dari neneknya. Secara keseluruhan bangunan ini terdiri dari patung Dr. Soetomo, Pendopo induk yang terletak di belakang patung, dan bangunan pringgitan.


Gambaran patung dr. Soetomo dalam posisi duduk di bangku dengan tangan diletakkan diatas buku terbuka yang menggambarkan ia adalah seorang cendekiawan yang sedang menekuni dan memperdalam ilmu pengetahuan.


13. Tempat Wisata Bukit Batu Songgong Nganjuk











Bukit Batu Songgong 

Bukit Batu Songgong adalah salah satu obyek wisata berupa taman alam yang terdapat di tempat Sawahan Nganjuk. Letaknya sebalah selatan dari pusat Kabupaten Nganjuk, sekitar 4 Km dari jalan raya menuju riam Sedudo. Untuk kanal jalan menuju Desa Margopatut sendiri anda tidak disuguhkan dengan jalan mulus. Kondisi jalan yang naik turun dan berkelok-kelok dengan kondisi aspal yang sudah rusak.


Taman bukit ini rupanya merupakan hasil olahan salah satu warga sekitar. Di tengah lahan seluas sekitar 1 hektare itu ditata ratusan batuan endemik menjadi taman yang sedap dipandang mata. Ada pola jalan setapak membentuk lingkaran dan letter S yang disusun dari lempengan batu, sampai deretan lingkaran yang dikeliling pagar batu-batu rincing, di mana adegan tengah terdapat monumen mini yang juga terbuat dari batuan serupa.


14. Tempat Wisata Pura Kerta Bhuwana Nganjuk











Pura Kerta Bhuwana Giri Wilis

Pura Kerta Bhuwana Giri merupakan Pura Penyawangan dari Candi Sapto Argo yang berada di puncak Gunung Wilis yang merupakan pemujaan Dewa Wisnu, Dewi Sri dan leluhurnya. Umat Hindu di Desa Bajulan setahun sekali naik ke puncak Gunung Wilis untuk melakukan bersih-bersih dan merawat Candi Sapto Argo sekaligus bersembahyang.


Di sekitar Candi Sapto Argo terdapat situs-situs, sedangkan arca Dewa Wisnu dan Dewi Sri yang ada di Candi Sapto Argo telah hilang dicuri. Sesepuh-sesepuh umat Hindu yang ada di Desa Bajulan meyakini bahwa di sekitar Candi Sapto Argo terdapat lima prasasti dan yang telah ditemukan hanya tiga prasasti. ini Lokasi terletak di Desa bajulan Kecamatan Loceret.


15. Tempat Wisata Monumen Jenderal Soedirman Nganjuk











Monumen Jenderal Soedirman

Monumen Jendral Sudirman merupakan sebuah monumen yang terletak di Desa. Bajulan Kec. Loceret, lebih kurang 22 Km arah selatan Kota Nganjuk. Monumen ini didirikan sebagai tanda bahwa Desa Bajulan dahulu pernah disinggahi Panglima Besar Jendral Sudirman selama 9 hari dalam perjalanannya memimpin perang melawan Belanda tahun 1949.


Dengan jarak lebih kurang 3 km dari Monumen ke arah selatan ada sebuah padepokan yang dijadikan museum. Untuk mengenang jasa Jendral Sudirman, Pemerintah Kabupaten Nganjuk dan Transmigrasi mengadakan jadwal setiap tahunnya secara rutin adalah Napak Tilas Route Jendral Sudirman dengan rute yang dahulu digunakan sa’at Beliau perang gerilya melawan Belanda.


16. Tempat Wisata Taman Anjuk Ladang Nganjuk











Taman Anjuk Ladang

Taman Anjuk Ladang merupakan tempat wisata yang terletak di sekitar Stadion olahraga Anjuk Ladang, sekitar 2 km arah selatan pusat kota Nganjuk. Taman Anjuk Ladang merupakan taman yang rindang dan sejuk, dan mempunyai fasilitas mainan anak seakan-akan Jogging track dan perkemahan.


Taman Anjuk Ladang juga mempunyai koleksi binatang seakan-akan rusa, monyet, burung, dan lain sebagainya. Oleh alasannya adalah itu sangat direkomendasikan untuk wisata keluarga. Taman mengagumkan ini berada di area sekitar stadion anjuk lading.


Taman yang higienis ini bisa menjadi tempat jogging dan jalan-jalan bersama keluarga. Terdapat mainan belum berakal balig cukup logika dan juga koleksi binatang seakan-akan rusa dan lainnya. Anda pun bisa berfoto di sana bersama keluarga.


17. Tempat Wisata Museum Anjuk Ladang Nganjuk











Museum Nganjuk Ladang

Museum Anjuk Ladang merupakan sebuah museum yang terletak di kota Nganjuk, tepatnya sebelah timur Terminal Bus Kota Nganjuk.


Di dalam Museum ini tersimpan benda dan cagar budaya di zaman Hindu, Doho, dan Majapahit, serta Prasasti Anjuk Ladang yang merupakan cikal bakal berdirinya Kabupaten Nganjuk. Museum ini terbagi menjadi beberapa adegan bangunan.


Bagian depan berbentuk joglo tempat menyimpan prasasti Anjuk Ladang, bangunan induk sebagai tempat penyimpanan guci, mangkok, wayang kulit, genta, topeng dan lainnya.


18, Tempat Wisata Agro Wisata Perkebunan Mawar Nganjuk











Perkebunan Mawar Merah

Perkebunan Mawar Merah banyak dijumpai di wilayah Desa Ngliman, Kec. Sawahan erat dengan Obyek Wisata Air Terjun Sedudo. Kualitas hasil perkebunan mawar masyarakat Desa Ngliman ini merupakan kualitas unggulan.


Sehingga dipasarkan tidak hanya di wilayah Nganjuk saja, melainkan sampai keluar daerah. Selain itu juga diolah oleh masyarakat setempat menjadi minyak atsiri maupun sirup sari mawar. Kebun-kebun mawar merah ini bisa anda jumpai di sepanjang perjalanan menuju lokasi Obyek Wisata Air Terjun Sedudo.


19. Tempat Wisata Taman Pandan Wilis Nganjuk











Taman Pandan Wilis

Taman Pandan Wilis merupakan taman Kota Nganjuk yang baru resmi dibuka pada tahun 2015 lalu. Nama taman sendiri diambil dari nama Pegunungan Wilis yang menjadi pesona bagi Kota Angin ini. Taman Wilis tidak hanya menawarkan suasana tenang.


Khas taman kota namun juga menawarkan kenyamanan bagi pengunjung dengan menyiapkan tempat duduk. Berlokasi di Kelurahan Werungotok, Kecamatan Nganjuk Kota, Kabupaten Nganjuk menjadi pilihan warga sekitar atau bahkan muda-mudi untuk menghabiskan sore.


Buat anda yang mencar ilmu motret, di sini tempat yg tepat untuk latihan memfoto. Spot foto yg manis adalah di depan tulisan Taman Pandan Wilis, di panggung, duduk di tangga, dan anda kalian mungkin menemukan spot lainnya jikalau sudah di sana. Sampe dikala ini, Memasuki taman ini gratis.


20. Tempat Wisata The Legend Waterpark Kertosono Nganjuk











The Legend Waterpark Kertosono Nganjuk

The Legend Waterpark Kertosono merupakan sebuah kolam renang yang lokasinya sangat strategis alasannya adalah berada di pinggir jalan jalur Surabaya – Madiun. Waterpark di Nganjuk ini cukup luas dan menyediakan aneka macam macam kolam serta wahana permainan air.


Obyek Wisata Air ini dilengkapi dengan aneka macam wahana permainan air seakan-akan Racing Slide, Spiral Slide, Kolam Ombak, Lazzy River, Kids Pool, BIoskop 4D, KIos Souvenir, Kolam Renang Standart Internasional, Panggung Hiburan, Food Court, Futsal, dll.


Dengan lokasi yang sangat strategis di tepi jalan raya Surabaya – Solo sekitar 5 km arah Barat Kec. Kertosono tentu memudahkan anda yang ingin berkunjung bersama keluarga.


21. Tempat Wisata Embung Estumulyo Nganjuk











Embung Estumulyo

Embung Estumulyo merupakan sebuah tempat wisata alam yang terletak di Desa Bulurejo, kecamatan Sawahan, kira-kira 25 kilometer dari tengah kota Nganjuk. Kecamatan Sawahan sendiri merupakan tempat pegunungan sehingga hawa di sana sangat sejuk.


Walaupun tempat wisata Embung Estumulyo gratis bisa menawarkan pemandangan yang sangat memukau, tak kalah dengan tempat-tempat wisata lain. Di Embung Estumulyo ini juga terdapat bahtera getek , jadi apabila Anda menemui bahtera ini Anda bisa berfoto-foto ria dengan background pemandangan yang keren. Di sini kita juga akan menjumpai beberapa warga yang sedang memancing seakan-akan di bendungan-bendungan lain.


22. Tempat Wisata Masjid Yoni Al Mubarok Nganjuk











Masjid Nganjuk

Masjid Masjid Yoni Al Mubarok adalah salah satu masjid tertua di Kabupaten Nganjuk. Pasalnya, masjid ini dibangun pada tahun 1745 Masehi. Masjid ini terletak di barat Lapangan Berbek kota Nganjuk. Pada waktu itu, masjid ini masih memakai atap berupa ijuk dan lantainya berupa adukan tanah liat dan kapur.


Meskipun telah beberapa kali mengalami pemugaran, namun beberapa adegan masjid ini masih terjaga keasliannya seakan-akan mimbar, bedug, serta beberapa ornamen seakan-akan kerangka-kerangka yang terbuat dari kayu jati.


23. Tempat Wisata Kuliner Nasi Becek Khas Nganjuk











Nasi Becek Nganjuk

Nasi becek khas nganjuk merupakan masakan yang seakan-akan dengan kare kambing. Isi dari sego becek ini hampir sama dengan soto babat, kalo nasi becek ini telah diberi potongan sate kambing yang telah dilucuti dari tusuk satenya.


Makanan ini mempunyai rasa yang seakan-akan dengan mayoritas masakan sejenis yang berkembang di tempat Solo, Jawa Tengah. adalah manis dan tidak asin, berbeda dengan umumnya hidangan utama ala Jawa Timuran yang cenderung asin.


24. Tempat Wisata Kuliner Kerupuk Pecel Khas Nganjuk











Kerupuk Pecel Nganjuk

Krupuk pecel khas nganjuk ini merupakan krupuk bakar yang dicampur dengan sayuran, dalam penyajianya adalah krupuk yang di atasnya di taburu sayuran yang terdiri dari capar (toge), bayam,bung (rebung), kenikir, mbayung (daun kacang) dan kacang panjang. yang kemudian atasnya di siram dengan bumbu pecel, biasanya untuk menemani makan krupuk yang khas ini di temani es rujak yang segar sekali.


Baca Juga : 17 Tempat Wisata di Surabaya yang Wajib Dikunjungi


Demikian mengenai 24 Tempat Wisata di Nganjuk yang Wajib Dikunjungi semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua, jikalau anda ingin bertanya wacana artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.
Sumber http://www.anekawisataseru.net/


Belum ada Komentar untuk "24 Kawasan Wisata Di Nganjuk Yang Wajib Dikunjungi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel