31 Kawasan Wisata Di Gorontalo Yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Gorontalo – Gorontalo merupakan sebuah provinsi yang tergolong baru di indonesia lantaran merupakan provinsi urutan ke 32. Gorontalo resmi menjadi provinsi sendiri pada tahun 2000 tanggal 22 desember berpisah dengan provinsi sulawesi utara dengan manado sebagai ibu kota provinsi tersebut. Letak Gorontalo sangat strategis bila dipandang secara ekonomis, lantaran berada pada poros tengah wilayah pertumbuhan ekonomi, yaitu antara 2 Kawasan Ekonomi Terpadu Batui Provinsi Sulawesi Tengah dan Manado – Bitung Provinsi Sulawesi Utara.

Gorontalo juga sering di juluki sebagai kota serambi madinah lantaran mempunyai masjid yang unik. Selain mempunyai julukan yang terbilang beda dengan kota lainya di indonesia, gorontalo ternyata juga mempunyai objek wisata yang sangat beragam, mulai dari wisata religi hingga wisata alam pun sangat banyak.


Baca ini : Tempat Wisata di Manado yang Wajib Dikunjungi


Letaknya yang strategis ini mampu dijadikan sebagai daerah transit seluruh komoditi dari dan menuju kedua daerah tersebut. Karena kondisi geografis Gorontalo laut dan perbukitan, menciptakan Gorontalo menyimpan beberapa destinasi wisata alam yang cukup indah. Destinasi alam tersebut dipadukan dengan keindahan rumah Adat Gorontalo, peninggalan sejarah Limboto Otanaha, dan lain sebagainya menciptakan Gorontalo sebagai tujuan wisata yang komplit dan menyenangkan.


Tempat Wisata di Gorontalo yang Wajib Dikunjungi
Selain kekayaan wisata alamnya yang beraneka jenis, mengingat sejarah kota Gorontalo yang panjang, maka terdapat beberapa daerah warisan sejarah yang mampu dijadikan tujuan wisata. Di beberapa daerah ini, mungkin Kamu akan menerima wisata budaya dan sejarah dari penduduk setempat.


1. Tempat Wisata Bukit Layang Gorontalo











Bukit Layang

Bukit layang merupakan sebuah bukit di pinggiran kota Gorontalo yang akan memberikan kepada Anda betapa indahnya kota Gorontalo dar ketinggian. Terletak di Kecamatan Hulonthalangi Kelurahan Siendeng, bukit ini memberikan kenyamanan dan ketenangan bagi Anda. Lelah Anda akan terbayar dengan pemandangan yang menakjubkan dari bukit ini.


Selain itu, Melihat pemandangan kota yang manis dari ketinggian sungguh sangat asyik dan tentu menciptakan anda ketagihan. Di Wisata gorontalo anda mampu melihat pemandangan manis kota gorontalo dari ketinggian yaitu di bukit layang dengan ketinggian kira-kira 700 mdpl. Dengan suasana langit biru beserta awan yang acak-acakan tentu akan mengakibatkan suatu pengalaman yang tak terlupakan.

2. Tempat Wisata Masjid Walima Emas Gorontalo











Masjid Walima Emas

Masjid Walima Emas terletak di puncak Desa Wisata Religius Bubohu, Bongo, sekitar 250m dpl, Kecamatan Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo. Masjid ini diresmikan pada tanggal 12-12-2012 pukul 12.12 WITA. Peresmian Masjid WalimaEmas dilakukan dengan sholat bersama, dzikir serta pagelaran budaya Islam. Empat kubah pada setiap sudut masjid terlihat berdiri kokoh dengan warna kuning keemasan, berbentuk walima yang terperinci dan bersinar saat menjelang malam.


Tak hanya itu, Kalender Islam atau Kalender Hijriah terbesar di dunia terdapat di Masjid ini. Bersebelahan dengan Masjid, terdapat Kolam Miem, Sebuah kolam dengan air pegunungan alami, yang masbodoh dan sejuk. Tak terlalu jauh untuk menuju Desa Wisata Religius Bubohu. Hanya memerlukan waktu sekitar 20 menit dengan memakai kendaraan roda dua atau toda empat dari sentra Kota Gorontalo. Sepanjang perjalanan yang berliku, kita akan ditemani pemandangan alam TelukTomini yang indah.


3. Tempat Wisata Pulau Diyonumo Gorontalo











Pulau Diyonumo

Pulau Diyonumo terletek di Desa Deme 2 Kecamatan Sumalata, Gorontalo Timur. Pulau ini sangat manis dan masih sepi pengunjung. Selain itu bebas sampah dan penat lantaran belum terjamah oleh banyak orang. Bukit-bukit manis di pulau ini merupakan salah satu daya tarik dari pulau ini. Sesampai di sini Anda pastinya tak akan ketinggalan mengabadikan gambar dari atas bukit dengan latar belakang pulau-pulau dan birunya laut.


Kalau kamu berada di Kota Gorontalo, kamu mampu memakai mobil maupun motor ke Sumalata. Hanya menghabiskan waktu sekitar 2-3 jam perjalanan kemudian menyebrang ke pulau ini via Desa Deme 2. Sampai deh. Perlu diingat ya guys, pulau ini masih sangat alami jadi belum ada fasilitas yang cukup, bila tertarik untuk menginap jangan lupa bawa tenda ya. Bawa bekal dan keperluan perjalanan yang lainnya juga yak biar gak baper.


4. Tempat Wisata Desa Wisata Religi Bongo












Desa Bongo

Desa Bubohu atau lebih dikenal dengan Desa Bongo Kecamatan Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo merupakan sebuah desa yang terletak di pesisir teluk tomini. Berbatasan langsung dengan wilayah Kelurahan Tanjung Kramat Kota Gorontalo. Suasana religius, berpadu dengan warna warni kebudayaan, kebersahajaan penduduknya dan suasana alam yang asri terasa begitu anda mengunjungi desa ini.


Desa wisata Bongo mempunyai banyak nilai sejarah dan merupakan salah satu daerah wisata yang sangat cocok bagi mereka yang berminat mempelajari dan mengetahui lebih dalam mengenai sejarah dari desa ini. Ada banyak obyek mampu dinikmati di sini, sebut saja pesantren alam yang dirimbuni pepohonan ringan, dengan dua kolam renang berbentuk unik, bernama kolam santri dan kolam asmaul husna, mampu diakses cuma-cuma oleh siapapun.


Pesantren ini dihuni oleh 600 santri yang terdiri dari penduduk setempat, selain agama, pelestarian kebudayaan juga turut diajarkan. Di daerah yang sama, juga terhampar ratusan fosil kayu yang ditata serupa karya instalasi seni, yang dinamakan sebagai museum fosil kayu.


5. Tempat Wisata Pulau Cinta Gorontalo











Pulau Cinta Gorontalo

Tempat wisata Pulau Cinta merupakan salah satu salah daerah wisata kelautan yang menyajikan pemandangan laut lepas dengan sejuta pesona keindahan yang unik dan menarik bagi siapapun yang mengunjungi destinasi wisata di pulau yang satu ini. Pemandangan sebuah pulau kecil berbentuk hati dengan hamparan pasir putih higienis di tengah laut lepas yang dikelilingi penginapan berbentuk resort yang terbuat dari kayu mengakibatkan daya tarik tersendiri bagi setiap wisatawan yang berkunjung ke Pulau Cinta.


Bahkan daerah ini menjadi destinasi liburan bagi pengunjung yang akan menghabiskan wkatu liburan bersama pasangannya tercinta. Untuk menuju Pulau Cinta, para wisatawan mampu memakai bahtera nelayan dengan merogoh kantong untuk ongkos Rp 25.000,- / orang dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Asal muasal penyebutan Pulau Cnta di obyek wisata ini, dikarenakan di tengah pulau terdapat balutan pasir putih yang ibarat hati sebagai simbol cinta.


6. Tempat Wisata Air Terjun Hiyaliyo Da’a Gorontalo











Air Terjun Hiyaliyo

Gorontalo juga tak kalah dengan Bogor yang mempunyai banyak wisata air terjunya. Yaitu jeram didigga yang berlokasi di Ds Didingga Kec. Biawu, Kabupaten Gorontalo Utara, Gorontalo. Wisata ini patut anda kunjungi lantaran lokasinya yang belum banyak terjamah oleh wisatawan sehingga wisata alam tersebut masih terlihat sangat alami.


7. Tempat Wisata Pantai Kurenai Gorontalo











Pantai Kurenai

Pantai Kurenai merupakan satu dari 20 dive spot yang ada di Gorontalo, termasuk Olele, Biluhu, dan lainnya. Sekitar 80 persen lokasi diving mampu dicapai dengan kendaraan dan tak jauh dari tepi pantai (shore dive). Eksplorasi lokasi diving di Gorontalo dimulai sekitar tahun 2000.


Dilihat dari banyak sekali faktor, lokasi diving disana mampu disebut kelas dunia. Temperatur perairannya relatif hangat dan arusnya tidak terlalu kuat.Tipikal karang yang terbentuk juga lengkap variasinya. Mulai dari terumbu karang yang slope, jurang (drop off).


8. Tempat Wisata Pantai Dunu Gorontalo











Pantai Danu

Pantai Dunu berada di Kabupaten Gorontalo Utara. Pantai ini tidak hanya menjadi tujuan destinasi masyarakat Gorontalo Utara untuk menghabiskan weekend atau pun libur panjang bahkan masyarakat dari luar Gorontalo Utara juga tiba kesini. Pantai dengan ombak yang ramah ini sering digunakan oleh wisatawan untuk berenang, main pasir, bercengkrama dengan keluarga, foto-foto, atau sekedar duduk menunggu sunset tiba.


Di Pantai Dunu ini belum ada fasilitas apapun jadi bila ingin berkunjung, kamu sebaiknya membawa semua keperluan dan bekal dari rumah ya guys. Akses menuju Pantai Dunu mudah. Pantai ini gak jauh kok dari Kota Gorontalo, hanya berjarak sekitar 1,5-2 jam perjalanan. Terletak di Desa Dunu Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara, pantai ini mampu dicapai dengan memakai kendaraan roda dua atau pun roda empat.


9. Tempat Wisata Air Terjun Taludaa Gorontalo











Air terjun taludaa

Air terjun taludaa mempunyai ketinggian jeram ini mencapai 42m serta bentangan 15 m mengakibatkan suatu fenomena alam yang diminati pengunjung. Tidak hanya fenomena alamnya saja tetapi habitat tumbuhan dan fauna yang ada di sekitar air terjun. Air terjun ini mempunyai air yang segar dan cukup bersih. Untuk mencari lokasi jeram taludaa sangatlah simpel lantaran berada dalam wilayah agrowisata.


Air terjun taludaa terbilang masih perawan, lantaran belum dikelola oleh siapapun. Sehingga untuk menuju obyek wisata dan melakukan acara disini masih gratis. Fauna yang sering terlihat disekitar jeram ibarat serangga: kupu-kupu, jangkrik, dll. Dengan suasana tenang, pengunjung mampu menikmati kesejukan jeram tulada.


Untuk menuju kelokasi mampu ditempuh dengan berjalan kaki. Selain itu pemandangan yang dilalui akan membayar rasa lelah pengunjung lantaran pemandangannya manis dan alami. Selain itu jeram ini terdapat pada daerah agrowisata ibarat pohon nangka, durian, langsat, dll. menciptakan perjalanan pengunjung yang berjalan kaki akan tidak terasa lantaran udara yang sejuk.


Alamat: Taludaa, Bone, Bone Bolango, Kota Gorontalo


10. Tempat Wisata Danau Limboto Gorontalo











Danau Limboto

Danau Limboto merupakan objek wiasata berupa danau yang banyak di kunjungi para turis, baik lokal maupun asing yang terdapat di kabupaten Gorontalo, Sulawasi Tengah. Danau yang mempunyai luas sekitar 3000 hektar ini merupakan muara dari Sungai Molalahu, Sungai Daenaa, Sungai Alo dan sungai Bone Bolango. Kini, danau yang dahulunya mempunyai kedalaman hingga 27 meter, dikala ini berkurang dan hanya sekitar 8 meter saja.


Danau Limboto mempunyai pesona pemandangan yang menakjubkan, huruf dari danau ini mempunyai permukaan berlumpu, dibagian tengan dan pinggir danau banyak dijumpai tumbuhan tumbuhan air ibarat bunga teratai, enceng gondok dan gelagah. Apabila ingin menikmati pesona danau Limboto ini, akan terasa lebih manis apabila pada pagi hari ataupun di sore hari menjelang matahari terbenam.


Dengan begitu, suasana manis di danau akan terasa lebih menakjubkan. Di Danau Limboto, Anda mampu merasakan dan menikmati udara segar dan tentu saja airnya yang jernih dengan ditumbuhi aneka tumbuhan hijau yang begitu eksostis, mengakibatkan Anda merasa betah berada di danau ini.


11. Tempat Wisata Taman Wisata Laut Olele Gorontalo











Taman Laut Olele Gorontalo

Tempat Wisata taman laut yang berada di Gorontalo ini bernama Taman Laut Olele, keindahan bawah laut yang tersaji sudah banyak mengundang rasa ingin tahu para penyelam. Ciri khas biota lautnya mengakibatkan lokasi ini berkesan Istimewa bagi mereka yang bersnokerling.


Taman Laut Olele merupakan sebuah spot manis bagi mereka pecinta kegiatan menyelam dan acara bawah laut. Bagi Anda yang belum menguasai teknik menyelam, tidak usah cemas alasannya yaitu Anda tetap mampu melakukan snokerling di areall yang dangkal, meskipun demikian keindahan termbu karang banyak sekali macam warna tetap mampu Anda temui.


Secara umumnya ada beberapa lokasi andalan yang berada di Taman Laut Olele yaitu Goa Jin, Coral Pole dan Salvador Dali. Goa Jin mempunyai gerbang masuk vertical tegak ke bawah yang berkedalaman hingga 22 meter dan menympan keindahan yang sulit terlukiskan.


Alamat: Desa Olele, Kecamatan Kabila Bone, Gorontalo.


12. Tempat Wisata Pulau Saronde Gorontalo











Pulau Saronde

Pulau Saronde merupakan sebuah pulau kecil yang terletak 65 kilometer dari sentra Kota Gorontalo tepatnya di Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalu Utara. Pulau yang hanya mempunyai luas mencapai 1 Kilometer ini dikelilingi oleh keindahan yang sangat mengagumkan yakni pasir putih, kerikil karang dan hamparan air laut biru manis yang tenang. Pulau ini dikenal sebagai lokasi yang hening dan indah, bermacam-macam fasilitas juga sudah banyak tersedia.


Sehingga lokasi ini cukup tepat untuk dijadikan lokasi liburan dan wisata bagi anda beserta keluarga. Dari banyak sekali kegiatan yang mampu anda lakukan, snorkeling dan diving tetap menjadi kegiatan utama yang sudah menjadi hal wajib dan adegan tidak terpisahkan dari wisata di Saronde. Keindahan taman bawah laut yang menyimpan bermacam-macam terumbu karang terasa sangat sulit bila hanya didengarkan melalui dongeng saja, harus anda sendiri yang menyaksikan dan merasakan pengalaman itu sendiri.


13. Tempat Wisata Pantai Mananggu Gorontalo











Pantai Mananggu

Tempat wisata pantai yang terakhir yaitu Pantai mananggu yang berlokasi di Boalemo, Gorontalo. Karakteristik panati ini hampir sama dengan pantai di pacitan dengan huruf terdapat banyak kerikil karang yang ada di pantai. Nah ini cocok buat anda yang ingin menikmati suasana alam pantai yang manis untuk meghilangkan rasa penat atau bosan sesudah bekerja.


14. Tempat Wisata Air Terjun Tenilo Gorontalo











Air Terjun Tenilo

Air Terjun Tenilo merupakan salah satu destinasi wisata Gorontalo yang manis dan memikat hati. Air Terjun Tenilo berada di Boalemo Gorontalo dan keindahan alam jeram ini masih terjaga dan alami dari kerusakan yang disebabkan atas tangan-tangan jail manusia. Air Terjun Tenilo ini hanya setinggi sekitar 20-25 meter, dikala hujan debit airnya tidak mengecewakan banyak tapi banyak lumpurnya.


Baca ini : Tempat Wisata di Palu yang Wajib Dikunjungi


Selain mengunjungi dan mandi di jeram ini anda juga patut untuk mengelilingi desa dan jangan lupa untuk meluangkan waktu untuk ngobrol dengan masyarakat setempat sambil menyeruput kopi, dijamin akan menjadi perjalanan yang berkesan juga, Datang dan nikmatilah keindahan dari destinasi wisata ini bersama semua keluarga.


15. Tempat Wisata Pantai Tenilo Gorontalo











Pantai Tenilo Gorontalo

Nah Tempat wisata Pantai yang terakhir yaitu pantai tenilo, pantai ini berlokasi di Boalemo Gorontalo. huruf pantai ini ibarat dengan pantai pantai yang ada di bali dengan air pantai dangkal yang luas. nah ini cocok buat mengabadikan foto anda di pantai ini bersama keluarga ataupun sobat anda, dijamin anda betah deh bila berkunjung ke pantai Tenilo ini yang ada di Gorontalo.


16. Tempat Wisata Pantai Bolihutuo Gorontalo











Pantai Bolihutou

Pantai Bolihutuo merupakan salah satu obyek wisata alternatif untuk menghabiskan simpulan pekan. Pantai ini berada di Kelurahan Bolihutuo, Kecamatan Botumoito, Kabupaten Boalemo, Propinsi Sulawesi Utara. Dari Kota Gorontalo berjarak sekitar 130 km. Keindahan Pantai Bolihutuo ibarat hamparai mutiara di pesisir Teluk Tomini. Hamparan pasir putihnya dipadu dengan gulungan ombak yang berkejaran terlihat memutih menghiasi lautnya yang biru akan memanjakan mata anda untuk menikmati keindahan pantai ini.


Di daerah pinggir pantai terdapat pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi dan rindang, semakin menambah sejuknya suasana. Tersedia bahtera untuk disewa bagi yang ingin melihat berkeliling pantai. Tarif sewa bahtera Rp. 3.000 per 10 menit. Selain perahu, tersedia pula sepeda air, kapal motor, alat diving dan sejumlah fasilitas lain yang disewakan bagi para pengunjung di Pantai Bolihutuo. Di pinggir pantai terdapat saung dan gazebo yang mampu anda gunakan untuk bersantai dan beristirahat.


Sarana dan prasarana lainnya pun juga telah tersedia di sini ibarat : rumah makan, cottage dan sentra informasi wisata. Jika ingin bermalam di pantai ini anda mampu menyewa cottage dengan tarif mulai dari Rp. 150.000 per malam. Untuk mampu masuk ke daerah Pantai Balihutuo, pengunjung dikenakan tiket seharga Rp. 3.000 per orang.


17. Tempat Wisata Desa Suku Bajo Gorontalo











Desa Torosiaje Gorontalo

Desa Torosiaje merupakan nama kampung eksotis yang dihuni oleh suku bajo yang terletak di Kecamatan Popayato, Kabupaten Pohuwato berjarak tujuh jam perjalanan ke arah barat dari Kota Gorontalo. Berlibur di desa ini merupakan salah satu pengalaman berharga bagi siapa saja yang merasakannya.


Kehidupan masyarakat Bajo yang bersahaja dan keindahan serta kekayaan laut teluk tomini akan menciptakan Anda betah berlama-lama di desa ini. Untuk fasilitas dan Akomodasi desa ini Anda tak perlu khawatir, lantaran dinas pariwisata setempat telah menyiapkan penginapan dengan biaya Rp100.000, permalam. Kampung ini merupakan kampung yang manis dan benar-benar layak kamu kunjungi.


18. Tempat Wisata Teluk Tomini Gorontalo











Teluk Tomini Gorontalo

Teluk Tomini merupakan salah satu hamparan pulau-pulau manis dan menakjubkan berada sangat erat dengan kota Gorontalo. Meskipun bukan termasuk wilayah administratif propinsi Gorontalo, Teluk Tomini sangat erat dari kota Gorontalo hanya menyeberang memakai ferry dengan waktu tempuh sekitar 15-20 menit dengan biaya Rp89.000,- hingga dengan Rp100.000.


Banyak wisatawan yang berdecak kagum dan menjuluki Tomini sebagai nirwana kecil nan indah. Bagi para penyelam karang dan keajaiban bawah laut Tomini merupakan nirwana bagi mereka. Tak heran banyak wisatawan tiba ke Tomini untuk menikmati keajaiban bawah lautnya.


19. Tempat Wisata Benteng Otanaha Gorontalo











Benteng Otanaha Gorontalo

Benteng Otanaha merupakan salah satu benteng renta yang amat bersejarah yang terletak di atas perbukitan Kelurahan Dembe I, Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo yang didirikan oleh Portugis pada tahun 1522. Untuk hingga ke lokasi Benteng Otanaha, pengunjung harus mendaki dengan melewati 4 buah daerah persinggahan dan 348 buah anak tangga.


Ketika hingga di puncak, rasa lelah Anda terbayar dengan keindahanan benteng, keindahan Danau Limboto, sawah-sawah yang terbentang luas dan hijau, serta keindahan Kota Gorontalo. Di sekitar Benteng Otanaha ini tidak tersedia akomodasi.


Karena benteng ini letaknya tidak terlalu jauh dari kota Gorontalo maka para penelusur mampu menerima fasilitas dari Gorontalo yang termasuk penginapan sederhana hingga berbintang. Harga tergantung dari fasilitas yang akan para penelusur dapatkan. Harga tiket masuk ke Benteng Otanaha Rp3.000/orang dan juga sekaligus tiket untuk parkir kendaraan.


20. Tempat Wisata Bahari Hiu Paus











Wisata Bahari Hiu Paus

Salah satu fenomena langka yang hanya akan anda dapatkan di Gorontalo yaitu munculnya Hiu Paus yang letaknya di Desa Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolange, Gorontalo. Jaraknya kurang lebih 20 km dari sentra kota Gorontalo atau bila ditempuh dengan kendaraan membutuhkan waktu sekitar 40 menit.


Akhir-akhir ini daerah wisata menarik di Gorontalo ini terus ramai di datangi pengunjung, baik pengunjung domestik maupun pengunjung mancanegara. Bagaimana tidak, di sini pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan hiu paus yang hidup bebas di alamnya. Uniknya, hewan air yang tergolong sangat besar ini bersifat jinak, bahkan terlihat sangat erat dengan para nelayan dan para wisatawan. Bahkan anda mampu berenang bersama hiu paus jinak ini.


Yah, itulah sensasi yang mampu anda rasakan bila anda mengunjungi daerah wisata Gorontalo hiu Paus ini. Bagi anda yang pertama kali tiba ke sini mungkin takut atau cemas dengan eksistensi hiu paus tersebut dikala berenang, tetapi anda tak perlu khawatir lantaran di sini ada nelayan yang setia menjadi guide anda dikala berenang. Anda mampu mengabadikan moment langka ini bersama ikan raksasa jinak.


21. Tempat Wisata Pantai Pasir Putih Leato











Pantai Pasir Putih Leato

Tempat wisata di kota Gorontalo berikutnya yang layak anda kunjungi bersama keluarga yaitu Pantai Putih Leato yang terletak di Gorontalo, tepatnya di Leato Utara, sekitar 12 km dari sentra kota Gorontalo. Bagi anda yang menginginkan daerah wisata dengan keadaan tenang, pantai ini layak dikunjungi. Bagaimana tidak, pantai Putih Leato menghadirkan suasana pantai yang sangat indah.


Dengan hamparan pasir putih meluas disertai dengan ombak yang tenang, serta suasana pantai yang sepi. Sangat cocok sebagai daerah relaxasi melepas rasa penat anda yang menumpuk. Objek wisata Gorontalo ini mampu pula bersantai bersama keluarga anda di sini atau bermain air di pinggir pantai bersama anak lantaran suasana ombak hening tidak berbahaya bagi anak-anak.


22. Tempat Wisata Kolam Renang Potanga Gorontalo











Kolam Renang Potanga

Setelah dari tadi mengupas daerah wisata alam, kini kita beralih ke daerah wisata selanjutnya yang merupakan hasil karya insan yaitu Kolam Renang Potange. Kolam renang ini sangat manis dan bersih. Tak heran setiap harinya selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan dari banyak sekali daerah di Gorontalo, khususnya pada simpulan pekan.


Bagi anda yang ingin tau dengan kesejukan air kolam yang ada di sini, anda mampu langsung pergi ke sini. Tak perlu khawatir, jarak yang akan anda tempuh hanya memakan waktu sebentar, lantaran hanya berjarak sekitar 4 km dari sentra kota Gorontalo. Air kolam renang ini menyajikan air yang sejuk segaer lantaran pedoman airnya langsung dari pegunungan sehingga memberikan kesan yang lebih menarik bagi pengunjung bila dibandingkan dengan kolam renang pada umumnya.


Kolam renang Potanga juga dilengkapi dengan banyak sekali fasilitas menarik, ibarat cottage, kolam renang, serta kolam mata air panas. Tempat wisata di Gorontalo yang wajib dikunjungi ini sangat cocok dijadikan daerah berlibur bersama keluarga anda.

23. Tempat Wisata Pakaya Tower Limboto Gorontalo











Tower Limboto Gorontalo

Menara keagungan Gorontalo ini bia dibilang sedikit ibarat dengan menara eiffel yang ada di Paris. Meupakan Landmark kota Gorontalo yang mempunyai ketinggian 65 meter. Menara ini sangat unik lantaran pengunjung mampu menikmati banyak sekali fasilitas mulai dari lantai satu yang mempunyai tinggi 10 meter digunakan sebagai aula. Pada lantai setinggi 14 meter merupakan restoran.


Di lantai tiga yang tingginya 30 meter digunakan sebagai daerah penjualan suvenir khas Gorontalo. Sedangkan lantai empat yang tingginya 39 meter dan lantai 5 yang tingginya 58 meter dari sini Anda mampu memandangi keindahan kota Gorontalo pada siang dan malam hari. Pada malam hari menara ini benar-benar terlihat manis dan menarik dengan lampu sorot tajam yang semakin menambah keindahan menara ini.

24. Tempat Wisata Pulau Bitila Gorontalo











Pulau Bitila Gorontalo

Pulau Batila merupakan pulau yang tak berpenghuni. Pulau Bitila dikhususkan sebagai wisata kelautan oleh pemerintah Kabupaten Boalemo. Pulau Batila memang mempunyai keindahan yang luar biasa menarik para wisatawan domestik juga mancanegara.


Pulau ini memang tak begitu luas namun mempunyai vegetasi yang kaya. Inilah yang menciptakan Pulau Bitila rimbun dan terasa sangat sejuk. Pasir putihnya yang lembut membentang di sepanjang garis pantainya. Di sini, Anda mampu berbaring menikmati hangatnya sinar matahari.


25. Tangga 2000 dan Jejak Kaki Lahilote Gorontalo











Tangga 2000 Gorontalo

Saat Anda mengunjungi Tangga 2000 Anda jangan hingga terkecoh dengan jumlah anak tangga yang mungkin Anda kira ada 2000 buah. Jumlah anak tangga disini hanya sekitar 500 anak tangga. Dari anak tangga yang ada disini Anda mampu menaikinya dan menikmati keindahan alam Teluk Tomini yang indah. Bagi Anda yang menyukai fotografi ini merupakan salah satu daerah yang dihentikan Anda lewatkan pada dikala berkunjung ke Gorontalo.


Anda mampu mengunjungi daerah ini di pagi hari untuk menerima waktu matahari terbit yang sangat indah. Selain mampu menikmati keindahan alam, Anda juga mampu melihat sebuah peninggalan sejarah yang ada di daerah ini. Terdapat sebuah kerikil besar yang terdapat jejak kaki dari Lahilote seorang cowok yang dipercaya menikah dengan seorang malaikat. Untuk mencapai lokasi ini anda hanya membutuhkan waktu 20 menit dari sentra Kota Gorontalo. Anda mampu memakai sejumlah kendaraan umum yang terdapat disana.

26. Tempat Wisata Pentadio Resort Gorontalo











Pentadio Resort

Pentadio Resort yaitu salah satu lokasi objek wisata bertaraf internasional di Kecamatan Telagabiru, Kabupaten Gorontalo.Fasilitas yang ada di Pentadio Resort ini, antara lain, restauran, toko suvernir, kolam renang, pondokan, sauna, air mancar, lokasi pemancingan, dan kolam air panas. Di lokasi ini juga terdapat sumber air panas yang mengalir ke Danau Limboto. Di lokasi tersebut para pengunjung mampu menyaksikan semburan mata air yang cukup panas.


Bagi pengunjung yang hobby menyandemai, di lokasi ini tersedia jga pub dan karaoke. Fasilitas lain yang tersedia di daerah ini yaitu restaurant dan daerah parkir yang cukup luas.Dan Bagi yang ingin menginap, tersedia Cottage atau pondok-pondok kecil yang di lengkapi dengan fasilitas hotel ibarat TV, kulkas, AC, springbed dan kamar kecil dengan desain yang menonjolkan nuansa tradisional khas Gorontalo. Para pengunjung juga mampu membeli barang-barang cendera mata yang tersedia di toko-toko souvenir di daerah objek wisata di pentadio resort.


27. Tempat Wisata Rumah Adat Gorontalo











Rumah Adat Gorontalo

Rumah Adat Gorontalo disebut dengan Bantayo Poboide. Secara harfiah Bantayo artinya bangunan dan Poboide berarti daerah pertemuan. Selain sebagai budaya Gorontalo, Bantayo Poboide juga berfungsi sebagai daerah kegiatan seni budaya Gorontalo. Tempat ini mempunyai banyak ruangan dengan fungsi masing-masing, ornamen pada dinding juga menyimbolkan setiap acara penghuninya.


28. Tempat Wisata Air Terjun Ayuhulalo Gorontalo











Air Terjun Ayuhulalo Gorontalo

Nama Ayuhulalo berarti kayu bulan. Air terjun ini airnya tidak pernah kering sekalipun di demam informasi kemarau. Terletak di Desa Ayuhulalo, Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Boalemo, Propinsi Gorontalo. Air Terjun Ayuhulalo terletak sekitar 8 km dari sentra Ibukota Tilamuta kabupaten Boalemo, dengan waktu tempuh sekitar 15 menit dengan memakai angkutan darat, umum maupun kendaraan pribadi. Air Terjun Ayuhulalo mempunyai ukuran yang tidak begitu besar. D


i daerah ini para wisatawan mampu menghabiskan waktu dengan menikmati keindahan Air Terjun Ayuhulalo, tanpa harus berpikir berapa harga yang harus dibayar. Keaslian jeram yang berada diperbukitan hijau nan manis ini, menciptakan wisatawan mampu berlama-lama untuk bersenang-senang menikmati hempasan air terjun. Air Terjun Ayuhulalo sangat cocok untuk wisata simpulan pekan bersama keluarga.


29. Tempat Wisata Taman Nasional Bogani Nani Wartabone Gorontalo











Taman Bogani nani Wartabone

Dulu taman ini bernama Dumoga Bone yaitu sebuah taman rekreasi yang mempunyai aneka ekologi langka. Secara geografi daerah ini terletak diperbatasan peralihan geografi daerah Indomalayan di sebelah Barat, Papua-Australia sebelah Timur (Wallaceae Area). Anda akan dibentuk takjub dikala memasuki daerah cagar alam ini. Terdapat banyak sekali jenis anggrek, serta aneka tumbuhan hias dan bunga bangkai (Amorphophallus companulatus).


30. Tempat Wisata Monumen Nani Wartabone Gorontalo











Monumen Nanti Wartabone Gorontalo

Monumen ini dibentuk untuk mengenang jasa-jasa satria yang berasal dari Gorontalo. Umur dari monumen ini masih terbilang muda yaitu 28 tahun. Pencetus pendiri monumen ini yaitu Walikota Gorontalo yang bertugas pada dikala itu yaitu Drs. A. Nadjamudin.


Sementara itu Nani Wartabone sendiri merupakan seorang pemimpin perang di Gorontalo. Dia sangat berjasa bagi rakyat Gorontalo dan masyarakat Indonesia. Monumen ini mampu Anda temukan di Taman Taruna Remaja Gorontalo. Anda mampu mengunjugi salah satu masjid tertua di Gorontalo yang berusia sekitar 300 tahun.


31. Tempat Wisata Pusat Kerawang Gorontalo











Pusat Kerawang Gorontalo

Kerawang merupakan salah satu ciri khas kota Gorontalo. Kata Kerawang berasal dari kata Karawo yang merupakan sulaman dengan tangan. Kerajinan ini berkembang sejak usang dan kini sudah menjadi sentra kerajinan khas Gorontalo. Bahkan sulaman kain kerawang kerap dijadikan baju umum bahkan dijadikan seragam para jemaah haji dari Gorontalo dan menjadi tren dalam kehidupan masyarakat Gorontalo khususnya, bahkan telah sering menjadi pertunjukan fashion show.


Proses menciptakan sulaman kain kerawang mampu dikatakan cukup rumit. Terlebih dulu menciptakan desain sulaman di kertas milimeter blok. Kemudian, kain dipotong sesuai ukuran. Lapisan kain dibuka benang-benangnya untuk ruang sulaman. Ukurannya sesuai jenis kain yang digunakan dan besar motifnya. Setelah itu kain langsung disulam berbentuk disebut dengan kerawang.


Selain sulaman kain dan baju, dihasilkan pula banyak sekali macam barang yang dihiasi sulaman kain kerawang, ibarat tas, sapu tangan, dasi, kopiah, taplak meja, sprei, tatakan gelas, topi bahan rotan, mukena, dan kipas. Semuanya mampu jadi oleh-oleh menarik sepulang dari Gorontalo.


Baca juga : Tempat Wisata di Makassar yang Wajib Dikunjungi


Demikian mengenai 31 Tempat Wisata di Gorontalo yang Wajib Dikunjungi nah semoga ini mampu bermanfaat untuk kalian semua, bila anda ingin bertanya ihwal artikel ini, anda mampu berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.
Sumber http://www.anekawisataseru.net/


Belum ada Komentar untuk "31 Kawasan Wisata Di Gorontalo Yang Wajib Dikunjungi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel