6 Tempat Surga Menyelam Di Indonesia

    Lautan Indonesia begitu luas hamparannya yang merupakan obyek wisata yang tidak menyelam pernah habis untuk digali keindahannya, terutama bagi para penyelam (diver). Berikut ini yaitu tempat-tempat terindah di Indonesia yang layak untuk dikunjungi bagi kau yang memiliki hobi menyelam (diving).6 Tempat Surga Menyelam Di Indonesia.




1.Raja Ampat Papua






(C) flickr

   Raja Ampat terletak di Provinsi Papua Barat dan merupakan salah satu lokasi menyelam terindah di Indonesia dengan keanekaragaman hayati terlengkap di dunia. Raja Ampat terdiri dari 1.500 pulau yang tersebar di barat laut Papua. Terdapat 1.500 jenis spesies ikan, 700 jenis moluska, 500 jenis karang dengan luas wilayah 4,6 juta hektar. Bahkan menurut The Nature Conservancy and Conservation International, terdapat 75% spesies dunia menghuni pulau ini.



2.Wakatobi Sulawesi Tenggara





(C) flickr


   Wakatobi merupakan lokasi yang wajib dikunjingi para pecinta diving. Selain terkenal dengan wisata lautnya terindah di Indonesia, Wakatobi juga merupakan daerah taman nasional yang dilindungi. Di tempat ini terdapat 750 spesies koral dan biota laut dari 850 spesies yang ada di dunia. Nama Wakatobi merupakan abreviasi dari empat pulau besar, yaitu Wangi-Wangi, Kaledupa, Tornia dan Binongko.


3.Karimun Jawa, Jawa Tengah








(C) flickr


   Karimun jawa yaitu salah satu lokasi wisata maritim paling bagus di pulau Jawa. Terletak dalam wilayah Kabupaten Jepara, kepulauan Karimunjawa terdiri dari 27 pulau, dan hanya 5 pulau yang dihuni oleh penduduk. Di tempat ini terdapat 30 lokasi menyelam dengan terumbu karang yang bagus dan biota laut ibarat ikan damsel, ikan napoleon, banyak sekali jenis kima dengan kedalaman 5 sampai 40 meter. Kepulauan Karimunjawa telah menjadi tujuan wisata yang dilengkapi dengan banyak sekali fasilitas fasilitas mulai dari homestay sampai resort mewah.


4.Pulau Komodo Flores







    Pulau Komodo mulai ramai dibicarakan sejak masuk sebagai finalis New Seven Wonders of Nature. Kawasan ini terkenal dengan habitat asli spesies hewan komodo yang terkenal di dunia dan juga ditetapkan sebagai daerah Taman Nasional. Pulau Komodo terletak di kepulauan Nusa Tenggara dan memiliki lokasi diving paling bagus di Indonesia. Bahkan pulau ini memiliki julukan “Paradise Underwater” oleh para diver yang pernah berkunjung ke tempat ini. Disinilah terdapat pelagis yang melimpah, terumbu karang dengan warna-warna mempesona serta keanekaragaman hayati yang membuat Pulau Komodo sebagi bab dari legenda yang tetap harus dijaga.



5.Pulau Derawan, Kalimantan Timur







    Kepulauan Derawan terletak di kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Di kepulauan inilah terdapat sejumlah obyek wisata maritim yang mengagumkan, salah satunya yaitu Taman Bawah Laut yang banyak dikunjungi wisatawan mancanegara terutama para penyelam kelas dunia. Di daerah inilah terdapat beberapa ekosistem pesisir dan pulau kecil yang sangat penting, yaitu terumbu karang, padang lamun dan hutan bakau (hutan mangrove). Selain itu banyak terdapat spesies dilindungi ibarat penyu hijau, penyu sisik, paus, lumba-lumba, kima, keram kelapa, dutung, ikan barakuda dan beberapa spesies lainnya.




6.Bunaken, Sulawesi Utara




    Terletak di Manado, Sulawesi Utara, Bunaken yaitu daerah taman laut nasional alasannya memiliki keanekaragaman hayati paling tinggi di dunia dan terletak di segitiga terumbu karang. Taman laut Bunaken memiliki 20 titik penyelaman dengan kedalaman yang bervariasi sampai 1.344 meter, namun hanya 12 titik yang paling sering dikunjungi oleh para diver dan pecinta wisata bawah laut. Sebagian besar dari 12 titik penyelaman di Pulau Bunaken berjajar dari bab tenggara sampai barat laut pulau tersebut. Di wilayah inilah terletak underwater great wall atau dinding karang raksasa. Dinding karang inilah yang menjadi sumber makanan bagi ikan-ikan yang hidup di perairan sekitar pulau bunaken. Taman laut Bunaken juga pernah mencatatkan rekor gres dalam kategori penyelam terbanyak (2861 penyelam) yang dinamakan “Sail Bunaken” dan mendapat kebanggaan dari para penyelam dari seluruh dunia.



Belum ada Komentar untuk "6 Tempat Surga Menyelam Di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel