Cara Menciptakan Bootable Usb Uefi Untuk Instalasi Windows Partisi Hardisk Gpt



Kemajuan teknologi yang sangat pesat mengakibatkan munculnya inovasi-inovasi baru. Begitu juga dengan perkembangan Firmware komputer. Jika selama ini dikenal Firmware BIOS, yang jikalau ingin install windows maka harus mengatur boot option pada BIOS. Sekarang sudah tersedia Firware terbaru yang bernama UEFI sebagai generasi penerus dari BIOS yang sudah tergolong teknologi usang.

Apa itu UEFI dan Perbedaannya dengan BIOS?


UEFI yaitu abreviasi dari Unified Extensible Firmware Interface yang merupakan sebuah standar terbaru firmware interface untuk PC yang dirancang untuk menggantikan BIOS (Basic Input/Output System). Untuk mengetahui lebih lanjut perihal apa itu UEFI dan Perbedaannya dengan BIOS silahkan baca Perbedaan Legacy BIOS dan UEFI.

Tutorial menciptakan Bootable USB UEFI untuk instalasi Windows


Ada banyak pilihan yang sanggup dilakukan jikalau ingin menciptakan USB Bootable UEFI untuk keperluan instalasi Windows, Bisa dengan memakai Software Rufus dan sanggup juga tanpa memakai software apapun. Pada tutorial ini hanya akan dibahas Tutorial menciptakan Bootable USB UEFI untuk instalasi Windows dengan memakai Software Rufus. Untuk tutorial Tutorial menciptakan Bootable USB UEFI untuk instalasi Windows tanpa memakai software silahkan baca Tutorial menciptakan installer Windows tanpa software. Perlu diketahui bahwa jikalau ingin menginstall Windows pada Firmware UEFI maka Hardisk harus memakai Partisi GPT bukannya MBR, untuk mengetahui apa itu GPT dan MBR silahkan baca Perbedaan partisi GPT dan MBR.

Baiklah langsung saja bagaimana tutorial menciptakan Bootable UEFI dengan software Rufus:


Langkah 1

Siapkan bahan alat dan bahan yang diperlukan, yaitu sebuah Flashdisk minimal 4 GB, File ISO Windows yang akan diinstall dan juga software Rufus yang sanggup anda unduh disini.


Langkah 2

Hubungkan USB Flashdisk ke Komputer.


Langkah 3

Jalankan Software Rufus.


Langkah 4

Atur Settingannya seperti pada gambar di bawah ini.




Pada Poin 1 silahkan pilih USB Flashdisk anda.

Pada poin 2 silahkan ubah denah partisi dan sasaran system menjadi ‘GPT partition scheme fo UEFI’.

Pada Poin 3 silahkan masukkan label/nama flashdisk sesuai harapan anda.

Pada Poin 4 pilih jenis disk ‘ISO Image’.

Pada Poin 5 Silahkan pilih file ISO Windows anda.

Pada Poin 6 silahkan klik start untuk memulai proses pembuatan bootable.


Langkah 5

Tunggu sampai proses loading pembuatan Bootable selesai, setelah itu anda sudah sanggup menggunakannya untuk menginstall Windows.


Demikian tutorial menciptakan Bootable USB UEFI untuk instalasi Windows, supaya bisa bermanfaat dan jangan lupa bagikan supaya yang lain juga kebagian tahu. Sekian dan Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menciptakan Bootable Usb Uefi Untuk Instalasi Windows Partisi Hardisk Gpt"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel