Cara Menciptakan Daftar Isi Otomatis Pada Ms. Word

Dalam pembuatan sebuah dokumen berupa buku, makalah, skripsi serta dokumen lainnya, salah satu komponen yang sangat penting yaitu adanya daftar isi. Adanya daftar isi bisa membantu pembaca mencari warta yang ingin diketahui dalam sebuah dokumen secara cepat. Tapi bagaimana jikalau dokumen yang dibentuk terdiri dari ribuat halaman dan ratusan poin yang harus dimasukkan ke daftar isi. Hal ini akan sangat merepotkan jikalau dilakukan secara manual. Apalagi jikalau dikemudian hari ada perubahan halaman, maka akan lebih repot lagi mengatur halaman pada daftar isi secara manual.


Pada episode ini akan dibahas bagaimana menciptakan daftar isi secara otomatis. Keuntungan dari daftar isi otomatis adalah, Tidak perlu mengetik secara manual isi konten daftar isi beserta halamannya, serta jikalau dikemudian hari terdapat perubahan pada halamannya, tidak perlu repot mencocokkan ulang halaman dan kontennya pada daftar isi melainkan cukup update saja daftar isi otomatis yang sudah dibentuk makan halaman dan konten akan disesuaikan secara otomatis. Namun terlebih dahulu harus Menambahkan nomor halaman pada dokumen. 


Agar lebih praktis dipahami, terlebih dahulu kita bagi dokumen yang telah dibentuk menjadi beberapa level dalam sebuah daftar isi. Misalnya episode utama kita jadikan sebagai level 1, sub episode nya kita jadikan sebagai level 2, dan seterusnya. Seperti yang terlihat pada gambar.



Perbedaan tiap level adalah, semakin tinggi levelnya maka tulisannya akan semakin menjorok ke dalam.



Langkah-langkah menciptakan daftar isi otomatis:


Langkah 1

Blok pada salah satu kata atau kalimat yang akan dijadikan sebagai level 1. Misalnya Bab utama dokumen anda. Kemudian klik Ribbon Reference pada Ms. Word anda kemudian klik pada Dropdown Add Text dan pilih Level 1.





Langkah 2

Blok pada salah satu kata atau kalimat yang akan dijadikan sebagai level 2. Misalnya sub episode dokumen anda. Kemudian klik Ribbon Reference pada Ms. Word anda kemudian klik pada Dropdown Add Text dan pilih Level 2.





Langkah 3

Lakukan langkah yang sama untuk level 3 dan seterusnya. -Lakukan langkah 1, 2, atau 3 untuk menambahkan kata atau kalimat lain pada daftar isi, sesuai dengan levelnya.


Langkah 4

Setelah anda menambahkan semua kata atau kalimat yang akan dimasukkan ke daftar isi, maka saatnya menampilkan daftar isi yang kita buat. Silahkan klik pada halaman tempat kita akan menempatan daftar isi yang telah dibuat, Klik pada Ribbon Reference kemudian pilih Table of Contents, Silahkan klik pada format daftar isi yang diinginkan. Maka Semua kata atau kalimat yang telah ditambahkan akan termuat dalam halaman daftar isi beserta halamnnya.





Praktis kan, jadi anda tidak perlu lagi ngetik daftar isi secara manual. Apabila kurang faham silahkan sampaikan pertanyaan pada kolom komentar.


Belum ada Komentar untuk "Cara Menciptakan Daftar Isi Otomatis Pada Ms. Word"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel