Cara Menciptakan Tongseng Kambing Khas Dari Solo

Bagaimana Membuat Tongseng Kambing Khas Solo – Kali ini kita akan mengupas secara lengkap mengenai bagaimana membuat tongseng kambing khas Solo semoga kita bisa mencobanya di rumah. Pada pembahasan akan kita ketahui apa saja materi dan bumbu serta tutorial memasaknya dan kalau diperlukan saran penyajian untuk kuliner khas Solo tersebut.


Kalau anda yakni penggemar gulai maka saya rasa anda juga tidak absurd dengan salah satu kuliner dari Solo ini. Tongseng yakni salah satu kuliner sejenis gulai dengan bumbu yang lebih pedas dan manis. Masakan khas ini dibentuk dengan kuah yang kental dan tambahan kol serta tomat. Masakan tongseng dikenal merupakan kuliner yang berasal dari daerah Solo Jawa Tengah.


Pokoknya, kalau berbicara mengenai sajian kuliner banyak yang tidak akan tahan untuk mencobanya, apalagi sajian tersebut bukan berasal dari daerah sendiri. Daging kambing, kalau anda sangat suka dengan daging kambing mungkin patut mencoba resep ini.


Menu yang memakai materi dasar daging kambing ini dipadukan dengan materi lain serta bumbu rempah yang cukup lengkap. Cita rasa yang dihasilkan tentu saja mempunyai khas tersendiri. Dari pada penasaran, kenapa tidak mencoba berkreasi di rumah dengan resep ini?


A. Bahan dan Bumbu Tongseng Kambing 


Masakan daerah memang mempunyai keunikan tersendiri dari bahan-bahan dan bumbu yang digunakan. Selain itu masakan-masakan tersebut juga menjadi unik sebab ialah yakni rasanya memang mewakili atau sesuai dengan daerah masing-masing sehingga kalau orang dari daerah lain yang mencobanya akan merasakan sensasi rasa kuliner yang berbeda. Hal ini tidak berbeda dengan kuliner tongseng yang akan kita bahas.


Selain daging kambing tidak banyak materi dan bumbu lain yang diperlukan untuk kuliner daerah ini. Bahan-bahan kuliner umum dipakai dalam kuliner ini dengan dosis yang menjadikannya mempunyai rasa khas. Bahan dan bumbu-bumbu tersebut mirip dalam daftar berikut!
























Bahan-Bahan



Daging kambing, potong dadu besar

Kol, buang tulangnya, potong kasar

Cabai merah, iris tipis

Cabai rawit, atau sesuai selera, iris tipis

Tomat, potong kasar

Jahe, memarkan

Lengkuas, memarkan

Bawang putih, iris tipis

Bawang merah, iris tipis

Daun jeruk.

Kecap manis

Air

Minyak goreng


:

:

:

:

:

:

:

:

:

:

: : :



500 gram

200 gram

3 buah

4 buah

2 buah

1 cm

1 cm

1 siung

3 butir

2 lembar

5 sendok makan

1.5 liter

Secukupnya



Bumbu Yang Dihaluskan



Bawang putih

Bawang merah

Merica bubuk

Kunyit bubuk

Garam

Gula pasir

Jeruk nipis

Pelengkap



:

:

:

:

:

:

:

:


3 siung

5 butir

1 1/2 sendok teh

1/2 sendok teh

Secukupnya

Secukupnya

Secukupnya

Secukupnya



Untuk menerima rasa yang sesuai dengan selera, kita bisa melakukan kreasi dengan materi dan bumbu-bumbu yang ada dalam daftar tersebut. Dengan demikian, selain mencoba resep daerah kita juga bisa membuat variasi kuliner baru untuk keluarga tercinta.




Menu yang satu ini nantinya kan sanggup saja dijadikan salah satu alternatif untuk program tertentu di rumah. Maksudnya, semoga ada kejutan dan sajian yang kita sajikan tidak itu-itu saja, kenapa tidak? Oleh sebab ialah yakni itu, tidak rugi kalau kita mencoba membuatnya, benar tidak?


B. Tutorial Membuat Tongseng Kambing Khas Solo


Yang harus kita lakukan untuk membuat kuliner ini yakni mirip yang tertera pada langkah-langkah mengenai bagaimana memasak kuliner ini. Caranya yaitu:


  • Panaskan 2 sendok makan minyak, tumis bumbu halus, jahe, lengkuas dan daun jeruk hingga harum.

  • Masukkan daging kambing, masak hingga berubah warna.

  • Tuang air, masak hingga daging lunak.

  • Panaskan 2 sendok makan minyak, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Tambahkan kecap manis, cabe rawit, tomat dan kol, aduk rata. 

  • Tambahkan rebusan daging, didihkan kembali. 

  • Angkat. Sajikan hangat dengan pelengkapnya untuk 4 porsi 





Dalam membuat kuliner ini disarankan untuk menentukan daging kambing yang masih muda semoga daging tersebut cepat lunak dikala dimasak. Selain itu, untuk tomat pilihlah tomat yang bau tanah namun masih keras sehingga dikala dimasak tidak hancur. Atau anda juga bisa menyajikan dan mengkreasikan kuliner ini sesuai dengan minat dan selera anda masing-masing.


Jangan lupa untuk menantikan kuliner Solo lainnya hanya di blog ini. Semoga pembahasan mengenai “Bagaimana Membuat Tongseng Kambing Khas Solo” ini bisa berguna dan menambah rujukan resep nusantara yang bisa kita sajikan.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menciptakan Tongseng Kambing Khas Dari Solo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel