Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Permanen


Cara


Pernahkan anda mengalami kasus dimana file kesayangan anda hilang entah itu terhapus ataupun terkena serangan virus? Akan sangat menyedihkan jikalau file yang sangat anda butuhkan terhapus atau hilang. Jika anda tidak menghapusnya secara permanen maka file atau data tersebut mampu dikembalikan dengan melaksanakan restore pada RecycleBin. Tapi bagaimana jikalau file atau data tersebut seudah terhapus secara permanen?.




Jika ada orang yang memperlihatkan bahwa data yang sudah terhapus secara permanen sudah tidak mampu dikembalikan lagi, maka itu salah besar. Sebenarnya terdapat beberapa alternatif yang mampu anda tempuh untuk menyelamatkan data atau file penting anda. Alternatif pertama yakni dengan memakai jasa data recovery atau pengembalian data. Data yang mampu dikembalikan oleh penyedia jasa ini tentu saja tidak terbatas kapasitasnya, tapi perlu diketahui bahwa jasa tersebut tentu saja akan memaksa anda merogoh kantong dan mengeluarkan uang senilai ratusan bahkan jutaan ribu rupiah.




Jika anda tidak mau rugi dan mengeluarkan uang sebesar itu, maka masih ada alternatif kedua. Tips Trick kedua yang mampu anda tempuh untuk mengembalikan file atau data anda yang sudah terhapus secara permanen yakni dengan melaksanakan recovery data sendiri. Yap, anda mampu mengembalikan data anda sendiri tanpa harus memakai jasa data recovery yang harus dibayar ratusan bahkan sampai jutaan rupiah. Lalu bagaimana caranya? silahkan simak klarifikasi berikut.


Apa yang dibutuhkan?



Untuk melaksanakan data recovery atau mengembalikan data sendiri, maka anda memerlukan sebuah alat recovery. Tapi hening saja alat yang dimaksud bukanlah alat berat melainkan hanyalah sebuah perangkat lunak atau software. Software yang cukup terkenal dalam hal recovery data yakni EaseUS data recovery wizard. Software ini mampu anda gunakan untuk mengembalikan file anda yang sudah terhapus secara permanen. Untuk itulah anda perlu menginstall EaseUS data recovery ini pada PC/laptop kesayangan anda biar mampu dipakai untuk recovery data.


Tips Trick mengembalikan file yang terhapus secara permanen dengan EaseUS data recovery wizard


Setelah anda menginstall EaseUS data recovery wizard pada PC/Laptop kesayangan anda, maka anda sudah mampu menggunakannnya untuk mengembalikan file anda yang sebelumnya sudah terhapus secara permanen. Untuk melakukannnya silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Langkah 1

Silahkan buka dan jalankan EaseUS data recovery wizard yang sudah anda install.

Langkah 2

Pada jendela pertama yang muncul anda akan diminta menentukan type file yang hendak dikembalikan. Type file tersebut mampu berupa Graphics, Audio, Document, Video, Email, dll. Pada serpihan ini anda mampu menentukan All File Types atau menentukan beberapa type file saja. Setelah itu klik Next pada pojok kanan bawah.

Cara


Langkah 3

Pada jendela selanjutnya anda harus menentukan lokasi atau drive tempat file yang terhapus tersebut sebelumnya berada. Jika sudah menentukan drive lokasi file silahkan klik Scan pada pojok kanan bawah. Tapi jikalau anda tidak yakin dimana file anda yang terhapus sebelumnya berada, maka anda mampu mencoba melaksanakan scanning pada tiap drive sampai anda menemukan file anda yang terhapus.

Cara


Langkah 4

Kemudian tunggu sampai proses Scanning selesai.

Cara


Langkah 5

Setelah proses Scanning selesai, maka akan muncul daftar file yang bersama-sama sudah terhapus secara permanen dari drive anda. lalu silahkan cari file anda yang ingin dikembalikan. Jika sudah ditemukan ceklis pada file atau folder file anda lalu klik Recover pada pojok kanan bawah. Tetapi jikalau file anda tidak ditemukan silahkan lakukan Deep Scanning dengan menekan tombol Deep Scanning. Kemudian anda mampu melaksanakan recover sehabis proses Deep Scanning selesai.

Cara


Langkah 6

Setelah anda klik tombol Recover sebelumnya, maka akan muncul jendela baru yang mengharuskan anda menentukan sebuah direktori. Direktori ini merupakan tempat dimana file atau folder yang sudah direcover atau dikembalikan nantinya akan disimpan. Jadi silahkan anda menentukan tempat dimana anda akan menyimpan file atau folder yang sudah dikembalikan.

Cara


Langkah 7

Setelah itu silahkan tunggu sampai proses Recover atau pengembalian data tamat dan anda akan menemukan file yang sudah dikembalikan pada direktori yang anda tentukan sebelumnya.

Cara



Itulah tips trick mengembalikan file yang terhapus secara permanen. Tips Trick ini tentu saja menjadi pilihan terbaik lantaran ialah yakni selain caranya yang sangat mudah, anda juga tidak perlu membawanya ke tempat penyedia jasa data recovery yang menharuskan anda membayar dengan biaya yang tidak sedikit.


Catatan:


  • Jika anda memakai EaseUS data recovery Wizard versi free, maka data yang mampu direcover hanya sebesar 500 MB. Anda mampu menambahnya menjadi 2 GB dengan membagikannnya ke media sosial. Jika data yang akan dikembalikan memiliki kapasitas yang besar, maka silahkan gunakan versi berbayar atau anda mampu memakai versi bajakan.

  • Jika data yang akan dikembalikan memiliki kapasitas yang besar, silahakn gunakan penyimpanan eksternal.

  • File atau data yang anda kembalikan mampu saja tidak kembali secara utuh atau mengalami corrupt.


Belum ada Komentar untuk "Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Permanen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel