Cara Menginstall Turbo Pascal Pada Windows 64 Bit

Cara



Jika anda hendak memakai Turbo Pascal pada Windows baik pada Windows 7, Windows 8/8.1 maupun pada Windows 10, maka anda harus menginstall agenda Turbo Pascal terlebih dahulu. Namun Banyak yang belum mengetahui bahwa Turbo Pascal bahu-membahu hanya mampu dipakai pada Windows yang memakai arsitektur 32 Bit, yang artinya tidak mampu dipakai pada Windows 64 Bit.



Jika anda memakai Windows yang memakai arsitektur 64 bit dan hendak memakai atau sangat butuh pada agenda Turbo Pascal ini, maka anda tidak perlu khawatir alasannya yaitu yaitu anda tidak perlu melakukan Install Ulang Windows 32 Bit hanya biar mampu memakai Turbo Pascal. Sebenarnya anda masih mampu memakai Turbo Pascal meskipun memakai Windows dengan arsitektur 64 Bit, tetapi memerlukan tips trick khusus.


Tutorial memakai Turbo Pascal pada Windows 64 Bit



Agar mampu memakai Turbo Pascal pada Windows yang mempunyai arsitektur 64 Bit, maka anda memerlukan sebuah Emulator yaitu DosBox. Emulator ini akan menciptakan Turbo Pascal masih tetap mampu dipakai pada Windows 64 Bit. Bagaimana caranya? silahkan simak lagkah-langkah berikut.


Langkah 1


Pastikan anda sudah mempunyai Program DosBox dan Turbo Pascal. Jika belum memilikinya, anda mampu unduh agenda DosBox disini dan agenda Turbo Pascal disini.


Langkah 2


Install Program DosBox pada PC/Laptop anda yang memakai Windows 64 Bit.

Cara


Langkah 3


Extrak agenda Turbo Pascal. Setelah anda Ekstrak, maka akan muncul sebuah folder ‘Turbo Pascal’. Copy folder tersebut ke Drive C:\.


Langkah 4


Buka agenda DOSBox Options. Anda mampu mencarinya pada Start Menu. Jika DOSBox Options sudah dibuka maka akan terbuka Notepad.conf yang ditampilkan memakai Notepad. Pada jendela Notepad tersebut, tambahkan aba-aba berikut dibawah baris terakhir.

mount c c:\TurboPascal c:

Kemudian Simpan perubahan dengan menekan CTRL + S pada keyboard kemudian tutup jendela Notepad tersebut.

Cara


Langkah 5


Jalankan Program DOSBox, pada jendela DOSBox ketikkan perintah berikut kemudian tekan Enter.

bin\turbo

atau


bin\tpx



Cara

Langkah 6


Sekarang anda sudah mampu memakai Turbo Pascal meskipun memakai Windows 64 Bit.



Cara



Setelah anda berhasil menjalankan Turbo Pascal pada Windows 64 Bit, terkadang terdapat beberapa perkara contohnya saat anda klik pada area Turbo Pascal yang dijalankan memakai Emulator DOSBox, maka kursor akan terkunci sehingga tidak mampu dipakai diluar area Turbo Pascal.


Mengatasi kursor yang terkunci di area Turbo Pascal



Jika anda menjalankan Turbo Pascal dan mendapat perkara dimana kursor akan terkunci didalam area Turbo Pascal setelah klik pada area tersebut, maka anda mampu mengatasinya dengan tips trick yang sangat mudah. Buka kembali DOSBox Options, kemudian cari tabrakan pena autolock=true kemudian ubah menjadi autolock=false. Sekarang kursor tidak akan terkunci pada area Turbo Pascal.

Cara




Itulah tips trick menginstall Turbo Pascal pada Windows 64 Bit. Dengan tips trick ini tentu saja anda mampu memakai Turbo Pascal pada PC?Laptop anda yang memakai Windows 64 Bit tanpa harus install ulang Windows. Tutorial ini akan bekerja dengan baik pada Windows 7 64 Bit, Windows 8/8.1 64 Bit maupun pada Windows 10 64 Bit.


Belum ada Komentar untuk "Cara Menginstall Turbo Pascal Pada Windows 64 Bit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel