Inilah Kiprah Kim Yo-Jong, Adik Sang Pemimpin Korea Kim Jong-Un

Keputusan pemimpin Korut (Korea Utara) Kim Jong-un untuk mengangkat sang adik perempuannya, Kim Yo-jong, menjadi salahsatu anggota politbiro Partai Pekerja dipandang publik sebagai belahan dari konsolidasi kekuasaan.


Dia masuk ke politbiro menggantikan sang bibin, Kim Kyong-hui, salah satu tokoh terpenting di lingkaran dalam ayah Kim Jong-un, yaitu Kim Jong-il.


Dengan masuk ke Kim Yo-jong ke politbiro, politbiro adal komite yang sangat besar lengan berkuasa dikorea utara ketika ini, Kim Yo-jong praktis masuk ke forum yang bertanggung jawab mengambil keputusan-keputusan penting.


Inilah Kiprah Kim Yo-jong, Adik Sang Pemimpin Korea Kim Jong-un


un


Sebelum masuk ke politbiro, Kim Yo-jong bertanggung jawab memoles gambaran Kim Jong-un.


Menurut sejumlah laporan yang kami peroleh dialah yang meminta kepada sang abang Kim Jong-un untuk mengunjungi taman-taman hiburan, sekolah, perumahan rakyat dan mengusulkan agar sang abang persahabat dengan mantan pemain bola basket ternama di Amerika Serikat, Dennis Rodman.


Selain memastikan gambaran positif bagi korut, ia juga mengurusi semua logistik dan perjalanan Kim Jong-un dan juga berperan sebagai penasehat politiknya.


Tak diketahui secara niscaya usia adik pimpinan korea utara Kim Yo-jong ini, tapi hampir semua pengamat Korea Utara meyakini ia lahir pada tahun 1987 atau empat tahun lebih muda dari sang abang Kim Jong-un.


Sama persis seolah-olah sang kakak, Kim Yo-jong mengenyam pendidikan dasar dan menengah di Berne, Swiss pada tahun 1990-an. Ia disebut-sebut mempunyai kekerabatan yang sangat bersahabat dengan kakaknya.


Salah satu situs yang mengamati keluarga penguasa Korea Utara menyebutkan bahwa agar Kim Yo-jong dan Kim Jong-un tidak kesepian, maka sang ayah Kim Jong-il pernah mengirim sejumlah musisi dari Korea Utara ke Swiss untuk menghibur sang anak-anaknya.


Setelah lulus dari pendidikannya di Swiss, Kim Yo-jong melanjutkan pendidikan di Universitas Kim Il-sung di Pyongyang dengan mengambil jurusan ilmu Teknologi komputer.


Yang niscaya pada tahun 2007 ia diketahui mulai aktif pada aktivitas Partai Pekerja dan pada tamat tahun 2000-an ia ikut dilibatkan dalam menyiapkan Kim Jong-un sebagai pemimpin negara, sehabis sang ayah, Kim Il-sung dua kali terkena penyakit stroke pada 2008 lalu


Ia kemudian beberapa kali terlihat tampil di depan umum, seolah-olah ketika menghadiri pemakaman ayahnya pada tahun 2011 dan mendampingi kegiatan-kegiatan Kim Jong-un pada 2014.


Sejak itu fotonya beberapa kali termuat di media pemerintah. Ia sempat dikabarkan dipecat dari departemen agitasi dan propaganda namun kabar ini tak menjadi kenyataan alasannya ialah diyakini ia memang menjadi belahan dari paket kepemimpinan gres Korea Utara.


“Melalui reshuffle ini, Kim Jong-un intinya mengakhiri masa berlakunya rezim usang pimpinan ayahnya. Ia mengganti tokoh-tokoh usang yang menempati posisi-posisi penting dengan orang-orang dari generasi baru,” kata Kim Yong-hyun, guru besar kajian Korea Utara di Universitas Dongguk di Seoul kepada kantor warta Yonhap.


Kim Yo-jung menikah dengan Choe Song, anak wakil ketua Partai Pekerja, Choe Ryong-hae, pada awal 2015.


Kim Yo-jung digambarkan sebagai seseorang dengan kepribadian yang menyenangkan dan sedikit tomboy, kata pengamat Korea Utara Michael Madden.


Tapi ada juga laporan yang menunjukkan bahwa Kim Yo-jung yaitu pribadi yang tertutup dan keluarga besar Kim tak sering berinteraksi dengannya.


Belum ada Komentar untuk "Inilah Kiprah Kim Yo-Jong, Adik Sang Pemimpin Korea Kim Jong-Un"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel