Kue Lepek Binti Khas Bengkulu Dan Tutorial Membuat

Lepek binti khas Bengkulu merupakan salah satu resep camilan manis daerah yang akan kita bahas tutorial menciptakan dan menyajikannya. Lepek binti merupakan penganan yang terbuat dari materi dasar ketan dengan isian gilingan daging sapi. 


Kalau hari-hari biasa, kue-kue tradisional mungkin sangat jarang disajikan tapi di hari Lebaran atau Idul Fitri, banyak camilan manis yang dihidangkan. Mungkin saja, camilan manis tradisional berikut ini sanggup menjadi salah satu alternatif dan pilihan untuk keluarga besar di rumah.


Semakin banyak variasi, sajian camilan manis kejutan, tentu akan semakin menambah semarak suasana. Ingin tahu seolah-olah apa camilan manis yang satu ini? Untuk menciptakan resep khas Bengkulu ini silahkan ikuti tutorial memasaknya berikut.


A. Bahan Membuat Lepek Binti Bengkulu


Bahan yang dipakai untuk menciptakan lepek binti ini adalah ketan dan juga daging sapi giling. Bahan-bahan selengkapnya yaitu:


  • 200 gram tepung ketan yang baru

  • 75 ml santan kental

  • 150 gram daging giling sapi

  • 3 butir bawang merah

  • 2 siung bawang putih

  • 100 ml santan kental

  • 2 sdt ketumbar bubuk

  • ½ sdt garam atau secukupnya

  • lengkuas, memarkan

  • daun salam

  • daun pisang secukupnya untuk membungkus



Beda-beda tipis ya dengan camilan manis lepet yang lain? Ya, kini kita sudah tahu bahan-bahan yang digunakan. Waktunya untuk menyiapkan semua materi tersebut. Tidak ada yang sulit bukan untuk disiapkan? Mungkin daging sapi ya yang agak mahal, tapi tidak apa-apa, kan nanti sesuai dengan hasilnya.




B. Tips Trick Membuat Lepek Binti Bengkulu


Tidak berbeda jauh dengan dikala kita menciptakan sajian pancah daging, resep lepek binti ini juga tidak sulit untuk dibuat. Untuk yang berminat mencoba kuliner camilan manis ini mari ikuti langkah tutorial membuatnya di bawah ini:


  1. Haluskan bawang merah dan bawang putih.

  2. Campurkan bersama daging giling, santan, lengkuas, daun salam, ketumbar dan garam.

  3. Didihkan dan masak hingga santan mengering.

  4. Campurkan tepung ketan bersama santan dan garam sambil uleni hingga lepas dari wadah terasa licin di tangan.

  5. Ambil setiap 1 sdm adonan tepung, pipihkan isi dengan ½ sdt adonan bahan-bahan halus, bentuk bulat dan bungkus dengan daun pisang, demikian seterusnya.

  6. Lalu kukus hingga matang kira-kira 25 menit




Kalau sudah siap, sajian sedap ini bisa kita nikmati dengan pendamping kopi atau teh di pagi atau sore hari. Semoga pembahasan “Sajian Kue Lepek Binti Khas Bengkulu dan Tips Trick Membuat” ini menambah pandangan gres memasak kita semua, selamat mencoba.


Belum ada Komentar untuk "Kue Lepek Binti Khas Bengkulu Dan Tutorial Membuat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel