Malbi – Resep Kuliner Khas Palembang

Pernah dengar masakan yang bernama Malbi? Ya benar, masakan tersebut merupakan masakan khas dari tempat Palembang. Sebagai masakan yang kental dengan cita rasa daerah, masakan ini memang menerima banyak perhatian khususnya bagi para pecinta resep masakan khas Palembang.


Malbi merupakan masakan dengan materi utama daging sapi dengan santan kental. Di dalam masakan ini juga dipakai campuran parutan kelapa yang telah disangrai dan dihaluskan. Masakan yang satu ini paling banyak disajikan saat hari raya sebagai pendamping sajian ketupat. 


Meski masing-masing tempat mempunyai jenis masakan seperti ini namun resep Palembang ini memang berbeda dan digemari. Bagi anda yang hobi dengan daging sapi tentu tidak salah juga bila sesekali mencoba mengolahnya dengan resep berbeda, benar tidak?


Walaupun suka, bila disajikan dalam bentuk sajian yang sama berkali-kali kadang kan sanggup mengurangi selera juga. Makanya, sebagai orang yang bertanggung jawab atas konsumsi di rumah kita sanggup berkreasi dengan menu-menu baru yang berbeda.


A. Bahan dan Bumbu-Bumbu Malbi


Kalau ada daging sapi maka sudah niscaya kita sanggup menggunakannya sebagai materi utama malbi karena yaitu materi utama masakan ini hanya daging sapi. Selain itu tentunya masih ada lagi materi pemanis dan bumbu-bumbu yang akan disiapkan. Untuk materi dan bumbu yang dipakai bisa dilihat dalam daftar berikut ini.
















Bahan dan Bumbu



Daging sapi, iris-iris

Bawang merah, haluskan

Pala halus

Cengkih

Gula merah

Bawang putih, haluskan

Kelapa tua, kupas kulit ari, parut

Jahe, memarkan

Ketumbar, haluskan

Asam jawa, larutkan sedikit air

Garam

Kecap manis


:

:

:

:

:

:

:

:

:

:

: : 


500 gram

5 butir

½ sendok teh

3 butir

15 gram

2 siung

1 buah

4 cm

1 sendok teh

15 gram

Secukupnya

Secukupnya



Tidak banyak bukan materi dan bumbu yang harus disiapkan. Karena itulah saya yakin kebanyakan dari kita niscaya tidak mengalami kesulitan bila berniat mencoba masakan tersebut. Yang sudah setiap hari di dapur tentu melihat dari materi dan bumbu di atas sanggup menebak kira-kira bagaimana rasanya.


Tentu saja, tak lengkap rasanya bila kita tidak mencoba sendiri menyajikan masakan tersebut di rumah. Siapa tahu, kalau ada acara-acara khusus sanggup menjadi sajian pilihan sebagai pendamping menu-menu keluarga lainnya. 


B. Tips Trick Membuat Malbi Khas Palembang


Kalau sebelumnya saya katakan bahwa untuk menyiapkan materi dan bumbu masakan ini tidaklah sulit maka begitu juga dengan tutorial menciptakan masakan ini. Seperti masakan berbahan dasar daging sapi pada umumnya sajian khas Palembang ini tidaklah begitu rumit untuk di buat. Langkah-langkah menciptakan sajian Istimewa ini yaitu sebagai berikut:


Langkah pertama peraslah setengah kelapa parut untuk diambil santannya, dan sisanya disangrai dan dihaluskan


Kemudian Tumis bawang merah, bawang putih dan ketumbar kemudian masukkan jahe, tumis sampai harum


Masukkan irisan daging, aduk kemudian masak sampai berwarna kecoklatan


Tambahkan buah pala yang telah dihaluskan dan cengkeh, beri sedikit air, gula merah, air asam setelah air mulai mengering


Masukkan santan, garam, kecap manis, aduk rata


Masukkan kelapa sangrai tumbuk, aduk sampai rata. Setelah itu masak sebentar, kemudian angkat dan sajikan.




Jelas dan mudah bukan langkah tutorial memasak malbi yang di uraikan di atas? Sekarang giliran anda semua untuk mecobanya di rumah. Sampai di sini saja saya menghantarkan Malbi – Resep Masakan Khas Palembang ini, selamat mencoba kreasi masakan tempat tersebut dan sampai bertemu di sajian Istimewa nusantara lainnya.

Belum ada Komentar untuk "Malbi – Resep Kuliner Khas Palembang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel