Perbedaan Antara Quick Format Dan Full Format, Mana Yang Harus Digunakan?

Perbedaan


Ketika melakukan format disk sangat sering para pengguna Windows kebingungan antara Full Format atau Quick Format. Sebagai hukum simpel kita harus melakukan Full Format meskipun membutuhkan waktu yang lebih lama, menyeka data secara lengkap dan mengatur bad sector


Analogi sebuah file system



Sebelum melanjutkan pembahasan, perlu diketahui bagaimana sebuah file system dibangun. Anda mampu membayangkannya menyerupai sebuah rak buku dimana buku ialah sebuah file dan dan katalog untuk mempertahankan susunannya. Perlu dipertimbangkan skenario dimana ketika sebuah buku ada lagi buku lainnya atau beberapa buku yang ditambahkan dan tidak terdapat dalam katalog. Dalam hal demikian akan ada kesalahan sistem, ialah penyimpanan dalam katalog.


Menghapus file dari Disk



Bila anda hanya menghapus file dari komputer anda, maka hal itu hanya menyerupai membersihkan katalog tapi tetap meninggalkan buku-buku pada raknya, lalu seseorang menambahkan buku ke rak, buku tua diganti dengan yang baru. Begitu juga dengan sebuah file. Tentu anda sudah faham metode-metode menghapus file dari disk, jiak belum silahkan baca disini.


Memformat Disk



Anda mungkin telah menemukan pilihan format beberapa kali. Apakah anda menginstall Windows atau ketika menyingkirkan beberapa virus jahat, format sangat berguna dalam banyak situasi. Beberapa orang menyukai proses ini dan menganggapnya sebagai tutorial untuk memulai segala sesuatu yang baru, ada juga yang tidak menyukainya.


Ketika Format disk memakai Windows, maka akan ditemukan pilihan Quick Format dan Full Format. Kaprikornus yang mana yang harus digunakan? selain kecepatan, cepat dan cepat, apa perbedaan konkret antara keduanya?


Sebelum merinci perbedaan teknis, mari review lagi analogi rak buku dan file system. Format mampu dianggap menyerupai dengan menghancurkan rak buku dan katalog. Namun, jikalau anda menentukan opsi Quick Format, beberapa buku masih ada di puing-puing rak dan mampu saja dipakai kembali. Disisi lain Full Format akan menghancurkan buku sepenuhnya. Sekarang mari melihat rincian teknisnya.


Apa yang terjadi selama Full Format?



Jika anda memakai opsi Full Format, file tersebut akan dihapus sepenuhnya dari volume tertentu. Juga, Hard Drive dipindai bad sector nya. Jika ditemukan bad sector, opsi Full Format juga akan mencoba memeprbaiki bad sector. Jika proses perbaikan bad sector selesai, maka Hard Drive akan sehat lagi dan mampu menulis data di dalamnya, hal ini juga membuat tabel file system gres pada Hard Drive.


Sebuah bad sector ialah sektor disk yang unwritable atau tidak mampu diakses lantaran kerusakan permanen. Hal ini mungkin disebabkan lantaran transistor memori flash gagal atau kerusakan pada permukaan disk


Sejak peluncuran Windows Vista, Microsoft telah menulis nol untuk semua sector data. Itu sebabnya Full Format lebih dibutuhkan dari Quick Format.


Bagaimana dengan Quick Format?



Alih-alih menghapus semua data (dan menggantinya dengan nol), Quick Format hanya menghapus jurnal file system (katalog rak buku). Quisk Format hanya mengahncurkan jurnal yang dipakai untuk melacak file penyimpanan dan lokasi di Hard Drive. Proses ini tidak memindai sector disk dan membangun kembali sebuah file system. Setelah itu, ketika anda menulis data baru, data yang lebih tua akan ditimpa.


Quick Format vs Full Format, mana yang harus dipilih?



Seperti yang dikatakan diatas, Quick Format tidak menghancurkan data anda. Data masih ada pada disk dan mampu dikembalikan memakai software recovery file. Full Format membersihkan Drive dari awal dan membangun kembali sebuah file system. Kaprikornus jikalau anda hendak menjual atau membuang Hard Drive anda maka Full Format ialah pilihan yang tepat. Full Format juga akan membantu anda meningkatkan kinerja Diskm kecepatan, dan stabilitas.


Namun jikalau Hard Drive anda sudah higienis dan tidak mempunyai bad sector, maka Quick Format cocok digunakan. Namun jikalau anda tidak yakin, maka silahkan lakukan Full Format.


Sekian pembahasan kali ini dan agar bermanfaat.



Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Antara Quick Format Dan Full Format, Mana Yang Harus Digunakan?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel