Pixel 2 Jadi Ponsel Pertama Yang Tak Butuh Kartu Sim

SIMGoogle Pixel 2 XL. Foto: Ars Technica

CalonPedia Jakarta – Tren teknologi e-SIM atau perangkat yang tidak perlu ribet memakai kartu SIM perlahan muncul ke permukaan. Setelah tersemat di Apple Watch 3, sekarang teknologi tersebut mangkal di ponsel Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL.


Penggunaan kartu SIM pada perangkat seluler sudah bertahun-tahun disyaratkan, itu dilakukan agar pelanggan mendapati layanan telekomunikasi. Sayangnya pemakaian kartu SIM kadang menjadi hambatan bagi pelanggan, mulai dari tidak berfungsi saat digunakan ataupun hilang.


Google melihat hambatan itu dan mencoba mengatasinya melalui teknologi e-SIM di produk terbarunya, Pixel 2 dan Pixel 2 XL. Hal itu mampu dilakukan selama penggunanya telah menjadi pelanggan Project Fi.


Project Fi ialah koneksi internet mobile yang disediakan oleh Google. Pertama kali diperkenalkan pada pada 2015 lalu, Project Fi merupakan hasil kolaborasi Google dengan operator Sprint dan T-Mobile di Amerika Serikat.


“Ini ialah ponsel pertama yang dibangun dengan e-SIM, sebuah kartu SIM yang tertanam yang memungkinkan Anda terhubung pribadi ke jaringan operator dengan menekan tombol,” ungkap Joy Xi selaku Product Manager for Project Fi yang dikutip CalonPedia dari blog Google, Kamis (5/10/2017).


“Ini berarti Anda tidak perlu pergi ke toko untuk menerima kartu SIM untuk memperoleh layanan nirkabel, menunggu beberapa hari sampai datangnya kartu dalam surat, atau memotong kartu SIM jadi lebih kecil,” tutur Xi menambahkan.


Kelebihan dari e-SIM ini tak hanya bentuknya yang jadi elektronik, melainkan juga koneksinya yang diklaim lebih gesit. Xi menyebutkan layanan nirkabel memanfaatkan e-SIM itu secepat menghubungkan telepon ke WiFi.


Untuk memakai e-SIM di Pixel 2 dan Pixel 2 XL, pengguna harus terhubung ke jaringan Project Fi yang mampu dibeli di Google Store atau Project Fi. Setelah menjadi pelanggan Project Fi, cukup jalankan perangkat Pixel 2 atau Pixel 2 XL. Bila ada perintah memasukkan kartu SIM, cukup pilih tombol untuk pengaturan tanpa kartu SIM.


Namun sebab ini ialah teknologi baru, di mana operator seluler di banyak sekali negara belum beralih ke teknologi e-SIM, tentu mampu menjadi batu sandungan. Google menyadari hal itu dan mengajak para operator untuk mengusung SIM elektronik ini.


“Untuk saat ini, kami meluncurkan e-SIM pada perangkat Pixel terbaru dengan Project Fi. Kami berharap mampu membagikan apa yang kami pelajari dan bekerja sama dengan kawan industri untuk mendorong adopsi yang lebih luas,” kata Xi.


Perlu dicatat, pengguna Pixel 2 dan Pixel 2 XL yang masih mau pakai kartu SIM konvensional tetap dimungkinkan. Kedua lini menyediakan slot nano-SIM.





Belum ada Komentar untuk "Pixel 2 Jadi Ponsel Pertama Yang Tak Butuh Kartu Sim"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel