Resep Ajib Sayur Asem Palembang Mantap

Resep Masakan Sayur (Khas Sumatera Selatan) – Halo pecinta kuliner Indonesia.. Sudah usang nih saya tidak update resep masakan, gres kali ini saya sanggup menyempatkan diri untuk memperlihatkan resep kuliner terbaru untuk anda.


Untuk resep kali ini, saya ambil dari tempat Sumatera Selatan tepatnya dari tempat Palembang. Di Palembang ternyata banyak sekali kuliner masakan yang enak. Memang mereka andal bikin kuliner enak.


Tidak hanya empek-empek palembang nya yang populer tetapi juga ada sebuah sayur asem yang merupakan khas dari Palembang. Mungkin anda sudah sering makan dengan sayur asem, namun tentu saja sayur asem dari Palembang ini ada ciri khas dan sedikit berbeda dengan sayur asem lainnya.


Pada umumnya sayur asem merupakan kuliner khas dari Indonesia. Hampir di semua tempat mempunyai resep kuliner sayur asem dengan ciri khas nya tersendiri. Ada sayur asem Jakarta (lihat resepnya disini) yang merupakan variasi sayur asem dari orang Jakarta.


Ada juga sayur asem kangkung yang dicampur dengan materi kangkung. Selain itu ada juga sayur asem ikan asin, merupakan adonan sayur asem dengan ikan asin. Semuanya niscaya enak, niscaya yummy dan tentunya mempunyai citarasa khas.


Nah biasanya materi yang dipakai untuk menciptakan sayur asem ini menyerupai kacang tanah, nangka muda, melinjo, belimbing sayur, labu siam, kacang panjang dan asam jawa.


Sayur Asem Palembang ini sedikit berbeda, materi yang diharapkan untuk membuatnya sseperti lontong, labu siam, nangka muda, daun salam, serai, lengkuas, minyak goreng, tahu goreng, santan dan disertai dengan bumbu halusnya.


Selain itu sebagai materi pelengkap, Sayur Asem Palembang sanggup ditambah dengan telur balado, kerupuk kanji dan juga bawang goreng yang akan menambah kenikmatan anda ketika menyantapnya.


Proses pembuatan Sayur Asem Palembang ini tolong-menolong tidak jauh berbeda dengan menciptakan sayur asem pada umumnya.


Kita harus menumis bumbu halus terlebih dahulu, kemudian menambahkan labu siam dan nangka muda, kemudian gres masukkan santan dimasak sampai meresap dan sayur matang. Selanjutnya memasukkan tahu goreng dan dimasak sampai matang.


Setalah itu disajikan dengan serpihan lontong, tahu, telur balado, kerupuk kanji dan juga taburann bawang goreng.


Untuk lebih lengkapnya perihal tips trick membuatnya, berikut saya sajikan Resep Sayur Asem Palembang. Silahkan disimak baik-baik.











Sudah
(Sayur Asem Palembang, Sumber Foto: bingdotcom)












Waktu Persiapan

Waktu Memasak

Total Waktu


: 15 menit

: 25 menit

: 40 menit


Disajikan untuk

Level


: 3 – 5 orang

: Sedang



Bahan-bahan sayur:



  • Lontong sebanyak 2 buah atau sesuai selera yang kemudian nantinya akan dipotong-potong

  • Potong-potong sebesar korek api 200 gram labu siam

  • Potong kecil-kecil 150 gram nangka muda

  • Daun salam sebanyak 2 lembar

  • Memarkan 2 buah batang serai

  • Memarkan juga 2 cm lengkuas

  • Minyak goreng sebanyak 2 sendok makan saja

  • 5 buah tahu goreng yang sudah siap pakai artnya sudah digoreng

  • Santan sebanyak 1250 ml

  • Minyak goreng sebanyak 2 sendok makan untuk menumis



Bahan bumbu halus:



  • Cabai merah sebanyak 4 buah

  • Bawang merah sebanyak 6 buah

  • 3 butir kemiri yang sudah disangrai

  • Garam secukupnya

  • (semua materi dihaluskan dengan tips trick diulek)


Bahan pelengkap:



  • Telur balado

  • Krupuk kanji

  • Bawang goreng



Tips Trick menciptakan Sayur Asem Palembang:



  1. Pertama siapkan wajan kemudian panask 2 sendok makan minyak kemudian tumis sampai harum bumbu yang sudah dihaluskan ditambah dengan daun salam dan juga serai yang sudah dimemarkan.

  2. Kemudian tambahkan serpihan labu siam dan nangka muda, aduk dan masak sampai layu.

  3. Selanjutnya masukkan santan, masak sambil sesekali diaduk-aduk sampai bumbu meresap dan sayur matang.

  4. Masukkan tahu goreng. Aduk-aduk kembali namun secara perlahan dan biarkan tahu goreng terendam kuah sayur, masak sekitar 5 menit kemudian angkat.

  5. Lalu tahap penyajiannya, siapkan serpihan lontong sesuai selera pada mangkuk atau wadah yang cukup besar, kemudian siramkan sayur asem dan tambahkan pula telur balado, krupuk kanji, dan beri taburan bawang goreng.

  6. Sayur Asem Palembangpun siap untuk dinikmati bersama keluarga.



Rekomendasi Resep : Cah Kangkung Belacan Mudah


Sayur Asem ini sangat cocok sekali kalau disajikan hangat dan dimakan sebagai hidangan makan siang ataupun makan malam. Dengan rasanya yang segar dan yummy akan menciptakan semangat anda terus terjaga. Cobalah resep sayur asem ini dirumah sebagi varian hidangan kuliner anda setiap hari.


Karena rasa dari Sayur Asem ini sangat nikmat dan mantap, untuk itulah saya memberi nama resep ini Resep Ajib Sayur Asem Palembang Mantap. Semoga resep yang saya sajikan ini sanggup memperlihatkan wangsit untuk anda ya.


Jangan lupa untuk share ke teman-teman yang lain dan baca juga resep menarik lainnya. Jika anda ingin menerima update resep kuliner khas Indonesia terbaru silahkan gabung dengan memperlihatkan email di kotak berlangganan dibawah ini.


Belum ada Komentar untuk "Resep Ajib Sayur Asem Palembang Mantap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel