Resep Ikan Bakar Colo Dabu Dabu Khas Papua Barat

Resep Masakan Ikan (Khas Papua Barat) – Berbicara wacana kuliner Papua, banyak sekali kuliner khas yang enak enak di Papua. Hampir semua masakannya berbahan dasar ikan. Seperti kuliner khas dari kawasan Papua Barat, tepatnya Sorong, yang satu ini. Namanya Ikan Bakar Colo Dabu Dabu.


Ikan Bakar Colo Dabu Dabu merupakan kuliner khas dari Papua Barat yang berbahan dasar Ikan Kue/ Baronang. Masakan ini menjadi kuliner favorit masayarakat Papua. Dan bagi anda yang sedang berkunjung di Papua, anda harus mencoba kuliner ini.


Selain Ikan Bakar ini sedap, sehat akan anda dapatkan dari olahan ikan. Karena kita ketahui bahwa ikan mempunyai omega 3 yang sangat baik bagi tubuh terutama bagi pertumbuhan otak anak anda.


Jika anda ingin membuatnya sendiri di rumah, anda hanya memerlukan bahan-bahan aksesori seolah-olah air jeruk nipis dan jahe untuk mengkremasi ikan. Dabu dabu sendiri merupakan semacam acar yang dibentuk dari bahan-bahan seolah-olah cabe rawit merah/hijau, tomat hijau, bawang merah, gula pasir, dan daun kemangi.


Dabu dabu ini akan dilumurkan pada ikan yang sudah dibakar. Inilah kenapa kuliner ini disebut Ikan Bakar Colo Dabu Dabu.


Proses pembuatannya gotong royong hampir sama dengan ikan bakar pada umumnya. Ikan terlebih dahulu dilumuri air perasan jeruk nipis, garam serta jahe sebelum ikan dibakar diatas pemanggang. Campuran materi inilah yang akan menciptakan ikan berbau khas dan segar ketika dibakar.


Ketika ikan sudah matang dibakar, barulah ikan dilumuri oleh dabu dabu yang membuatnya semakin segar dan ada sedikit rasa pedas dari cabe rawitnya. Tapi harum cabe rawit inilah yang mampu menggugah selera makan anda.


Untuk lebih jelasnya silahkan baca klarifikasi mengenai Resep Ikan Bakar Colo Dabu Dabu Khas Papua Barat, tepatnya dari kawasan Sorong:











banyak
(Colo Dabu Dabu, Sumber foto : bingdotcom)












Waktu Persiapan

Waktu Memasak

Total Waktu


: 25 menit

: 30 menit

: 55 menit


Disajikan untuk

Level


: 3 orang

: Mudah



Bahan-bahan :



  • 1 ekor atau 1 kilogram ikan kue/ baronang. Kalau tidak ada ikan kue, anda mampu menggantinya dengan ikan lainnya seolah-olah ikan kembung, kerapu atau ikan lainnya.

  • 1 sendok teh garam

  • 1 ½ sendok makan air jeruk nipis

  • 1 sendok teh air jahe

  • 1 sendok makan minyak goreng



Bahan Dabu – dabu :



  • Iris tipis 10 buah cabe rawit merah/hijau

  • Potong dadu 3 buah tomat hijau/merah

  • Iris tipis 4 buah bawang merah

  • 1 sendok teh garam

  • ½ sendok teh gula pasir

  • 1 sendok makan air jeruk nipis

  • Iris bergairah 20 helai daun kemangi

  • 1 ½ sendok makan minyak goreng



Tips Trick menciptakan Ikan Bakar Colo Dabu Dabu khas Papua Barat :



  1. Pertama anda harus membersihkan ikan terlebih dahulu. Pastikan anda membuang isi perut ikan dan juga insangnya. Kemudian kerat kerat ikan pada kedua belah sisi ikannya samapi ke tulangnya.

  2. Setelah itu gres lumuri ikan  dengan garam, air perasan jeruk nipis, dan air jahe. Lalu masukkan ikan ke lemari pendingin, dan diamkan selama kurang lebih 15 menit.

  3. Setelah 15 menit, keluarkan ikan dan olesi ikan dengan minyak goreng kemudian tiriskan sampai minyak tidak menetes lagi. Pastikan ikan terlumuri minyak dengan baik.

  4. Siapkan pemanggang kemudian olesi kawat pemanggangnya dengan minyak. Hal ini agar kulit ikan tidak melekat pada pemanggang. Lalu pangganglah ikan sampai salah satu sisi ika matang.

  5. Balikkan ikan dan panggang ikan pada sisi ikan lainnya sampai matang.

  6. Kemudian panggang punggung ikan dan kepala ikan. Ketika dipanggang sesekali ikan diolesi minyak. Ikan dikatakan matang kalau ikan tidak mengeluarkan getah/cairannya sedikitpun.

  7. Angkat ikan kalau sudah matang dan simpan di atas pinggan.

  8. Langka selanjutnya yaitu menciptakan dabu dabu yaitu dengan mencampurkan semua materi dabu dabu dalam mangkuk. Aduk aduk sampai semua materi tercampur rata. Sebelum disajikan alangkah elbih baiknya disimpan terlebih dahulu di lemari pendingin.

  9. Setelah semua siap, siramkan dabu dabu ke atas ikan bakar.

  10. Dan Ikan Bakar Colo Dabu Dabu pun siap disantap.



Rekomendasi Resep : Aunu Senebre Khas Papua


Begitulah tips trick membuatnya, terbilang mudah dan kami yakin anda mampu mempraktikkannya dirumah. Kelezatannya akan lebih mantap kalau dikonsumsi pada waktu makan siang. Karena kesegaran dari Dabu Dabu nya mampu menciptakan semangat anda berdiri kembali.


Mungkin itu saja Resep Ikan Bakar Colo Dabu Dabu Khas Papua Barat yang mampu kami informasikan kepada anda. Jangan takut untuk mencoba sajian kuliner baru. Dengan mencobanya anda mampu menambah wawasan kuliner khas Indonesia.


Bantu kami berbagi resep ini ya dengan menekan tombol share nya di bawah. Dan jangan lupa untuk membaca resep kuliner khas Indonesia lainnya disini. Karena disinilah terdapat kumpulan resep kuliner khas Indonesia terlengkap dari sabanag sampai merauke.


Belum ada Komentar untuk "Resep Ikan Bakar Colo Dabu Dabu Khas Papua Barat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel