Resep Makanan Ayam Balut Saus Tiram

Resep Masakan Ayam – Halo Sahabat Resep, sudah siap dengan resep selanjutnya? Baiklah, saya sudah mempersiapkan resep selanjutnya dengan materi utama ayam. Anda niscaya suka dengan resep yang satu ini.


Daging ayam yang yummy dibalut saus tiram yang gurih, bisa menggugah selera makan Anda hari ini. Dengan citarasa seafood yang selalu menjadi favorit semua orang tentu akan menciptakan kuliner ini disukai oleh keluarga Anda. Ya, Ayam Balut Saus Tiram bisa menjadi pilihan hidangan kuliner Anda hari ini.


Untuk membuatnya anda hanya perlu membutuhkan bahan-bahan ibarat ayam fillet, bawang putih bubuk, garam dan untuk balutan saus tiramnya anda butuh bawang bombay, bawang putih, jahe cincang, cabe hijau, saus tiram, kecap asin, saus tomat, wijen, dan sedikit minyak goreng.


Resep kuliner Ayam Balut Saus Tiram ini cukup simpel untuk dipraktikkan dirumah anda. Resep ini dibentuk untuk 4 orang. Sepertinya anda sudah tidak tabah dengan resepnya, baiklah, ini ia resep selengkapnya.











saya
(Ayam Balut Saus Tiram, Sumber Foto: bingdotcom)












Waktu Persiapan

Waktu Memasak

Total Waktu


: 30 menit

: 30 menit

: 60 menit


Disajikan untuk

Level


: 4 orang

: Sedang



Bahan-bahan:



  • 2 buah paha ayam fillet dipotong 3 cm berbentuk kotak

  • 1 sendok teh bawang putih bubuk

  • ½ sendok teh garam

  • 100 gram tepung bumbu

  • Air es untuk pencelup



Bahan balutan Saus Tiram:



  • ½ buah bawang bombay kemudian cincang kasar

  • 3 siung bawang putih kemudian cincang halus

  • 1 sendok teh jahe cincang

  • 1 buah cabe hijau iris-iris serong

  • 1 sendok makan saus tiram

  • ¼ sendok teh kecap asin

  • 1 sendok makan saus tomat

  • 1 sendok teh wijen putih sangrai yang dipakai untuk taburan

  • 2 sendok makan minyak untuk menumis

  • Minyak untuk menggoreng



Tips Trick membuat Ayam Balut Saus Tiram:



  1. Siapkan bawang putih bubuk dan garam kemudian ratakan pada ayam dengan diaduk-aduk. Tunggu sampai 30 menit agar meresap pada daging.

  2. Siapkan tepung bumbu, gulingkan ayam tadi diatasnya. Setelah itu celupkan ayam ke dalam air es. Kemudian sambil dicubit-cubit gulingkan kembali ayam diatas tepung bumbu sambil.

  3. Setelah semua ayam terbalut bumbu, panaskan minyak dan goreng dalam minyak. Jika sudah matang angkat ayam dan tiriskan.

  4. Tumiskan bawang bombay dan bawang putih yang telah dicincang tadi kemudian masukan jahe dan cabe hijau. Tumis sampai mengeluarkan basi harum.

  5. Kemudian tambahkan saus tiram, kecap asin dan saus tomat sambil diaduk-aduk sampai meletup-letup.

  6. Dan masukkan ayam yang sudah digoreng tadi sambil diaduk sampai bumbu membalut ayam dengan baik.

  7. Langkah terakhir taburi wijen kemudian angkat dan sajikan.




Rekomendasi Resep : Ayam Bakar Kecap Pedas


Sedikit informasi untuk menentukan saus tiram, saus tiram itu terdapat dua jenis yakni saus tiram yang dibentuk dengan tiram orisinil dan juga saus tiram yang dibentuk dengan materi buatan atau perasa tiram.


Untuk saus tiram orisinil biasanya harga sedikit mahal, aroma tiramnya lebih berpengaruh dan warna sausnya kental kecoklatan. Sedangkan untuk saus tiram buatan itu harganya lebih murah dan sausnya pun sedikit encer dimana aroma tiram nya kurang kuat.



Saran kami pilihlah saus tiram yang benar-benar asli, hal ini untuk menciptakan Ayam Balut Saus Tiram lebih nikmat dan tentu saja bergizi. Harga lebih mahal sedikit tidak jadi masalah, daripada anda membeli saus tiram buatan tapi tidak mempunyai jaminan kesehatan di dalam komposisi materi pembuatnya.


Baiklah selamat mencoba Resep Masakan Ayam Balut Saus Tiram. Baca juga resep kuliner ayam lainnya yang tentunya bisa menjadi pola kuliner anda dan keluarga.


Belum ada Komentar untuk "Resep Makanan Ayam Balut Saus Tiram"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel