Resep Mie Parang Goreng Kecap Khas Bantul

Mie Bendo, siapa yang tidak ingin mencicipi makanan mie yang enak? Masakan yang satu ini merupakan salah satu makanan yang cukup yummy dan banyak disukai. Nah, kalau anda ingin mencoba menghidangkan sendiri sajian tersebut maka anda harus mengikuti ulasan makanan khas Yogyajarta kali ini.


Karena, kita akan membahas bagaimana tips trick menciptakan makanan mie Istimewa tersebut secara detail dan jelas. Resep parang goreng ini tidak kalah menantang kalau dibandingkan dengan sajian sambal goreng krecek yang sudah kita coba sebelumnya. Ingin mencicipi gurihnya? Langsung kita masak saja yuk dengan panduan yang disiapkan di bawah ini.


Menu makanan mie parang goreng ini merupakan salah satu variasi makanan mie yang khas dari daerah. Masakan ini mempunyai cita rasa yang cukup lekat, yummy dan unik di lidah.


Bagi yang berasal dari daerah Bantul tentu saja sudah tidak asing dengan sajian tersebut namun bagi yang lain tentu dihentikan ketinggalan untuk mencobanya. Seperti apakah sajian makanan tersebut? Tapi sebelum itu jangan lupa juga untuk melihat-lihat beberapa makanan lain seolah-olah di bawah ini.



1) Mie goreng kecap bango

2) Mie goreng kecap manis

3) Resep mie goreng kecap

4) Resep mie goreng kecap pedas

5) Bumbu mie goreng kecap

6) Kreasi bento mie goreng

7) Kreasi mie goreng indomie


Masakan mie ini bahwasanya tidak jauh berbeda dengan kreasi atau variasi makanan mie lain. Namun begitu, materi dan bumbu yang dipakai dalam makanan ini tidak mengecewakan lengkap sehingga mampu memberikan cita rasa yang lekat di pengecap penikmat-nya.


Masakan ini memakai materi dasar mie parang kering dengan berbagai kombinasi dan materi lainnya. Secara umum, untuk menciptakan makanan ini tidak sulit. Proses pengolahannya hampir sama dengan menciptakan mie lain.



A. Bahan-Bahan Mie Bendo Goreng Kecap


Untuk sajian olahan mie, makanan dari Bantul ini mempunyai materi dan bumbu yang cukup beragam mulai dari materi dasar sampai materi embel-embel atau materi tambahannya. Nah, sebelum kita menuju dapur untuk memasak sajian ini mari siapkan langsung bahan-bahan serta bumbu yang kita butuhkan seolah-olah di bawah ini.


  • 150 gr mi parang kering

  • 2 sdm minyak untuk menumis

  • 2 sdm irisan daun bawang

  • 3 siung bawang putih dicincang

  • 50 gr udang kupas diiris-iris

  • 50 gr daging ayam diiris-iris

  • 100 gr kol diiris-iris

  • 2 btr telur ayam, dibentuk orak-arik

  • 1 sdt garam

  • 1/4 sdt merica bubuk

  • 3 sdm kecap manis

  • 1 sdt kecap asin



Bisa kita lihat, untuk menciptakan sajian makanan khas daerah tersebut selain memakai mie parang kita juga membutuhkan materi embel-embel lain. Bahan embel-embel tersebut yakni udang, daging ayam dan juga telur ayam. Dari sini maka masuk logika kalau rasa makanan ini cukup lengkap.




Untuk bumbunya sendiri tidak banyak, yakni antara lain memakai merica, daun bawang dan juga kecap. Bagaimana, sudah siap untuk mencoba menciptakan makanan tersebut?





B. Tutorial Membuat Resep Mie Bendo Goreng Kecap Khas Bantul


Di atas telah dikatakan bahwa untuk menciptakan makanan ini tidaklah sulit. Untuk yang belum pernah mencobanya sekalipun kita niscaya mampu sehabis satu dua kali mempelajarinya. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk tips trick menciptakan mie parang kecap dari daerah bantul tersebut. Jangan lupa dibaca dulu ya biar tidak resah ketika mempraktekkan resep ini.



  1. Mie parang direbus, beri 2 sdt minyak biar mi tidak lengket, rebus sampai mi berubah warna menjadi bening seolah-olah sohun, angkat tiriskan, rendam dalam air masbodoh sebentar, angkat, tiriskan, sisihkan.

  2. Tumis dengan minyak daun bawang, bawang putih, udang dan ayam, masukkan kol, tumis sampai layu, diberi garam, merica, kecap manis, dan kecap asin, aduk rata, tuangi dengan 50 ml air, masak sampai mendidih

  3. Setelah mendidih masukkan mi bendo, aduk rata, angkat.

  4. Hidangkan segera untuk 2 porsi (1 porsi : 507 kalori) (Sumber: Kompas Minggu)



Bagaimana, tidak sulit bukan untuk menciptakan sajian makanan aneka mie tersebut? Ya, memang tidak sulit, anda mampu mencoba memasak sajian ini kalau suka. Lumayan, embel-embel resep seolah-olah ini mampu dijadikan rujukan sekaligus koleksi resep rumahan yang mampu anda sajikan untuk keluarga tercinta.


Sementara waktu itu dulu sajian Istimewa kita kali ini. Lain waktu kita sambung dengan sajian khas Jogja lain yang tak kalah menantang untuk dicoba. jangan lupa untuk terus berkunjung ke blog makanan khas daerah ini biar tidak ketinggalan resep-resep unik, nikmat, yummy dan populer yang dibahas disini.


Belum ada Komentar untuk "Resep Mie Parang Goreng Kecap Khas Bantul"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel