Resep Panggang Kalak Banjarmasin

Resep Masakan Ikan (Khas Kalimantan Selatan) – Halo pecinta masakan Indonesia.. Sudah cukup usang saya tidak memperlihatkan update terbaru seputar Resep Masakan Indonesia. Tapi alhamdulillah, kali ini saya akan memperbaharui pengetahuan masakan anda dengan resep yang lebih menarik lagi tentunya.


Pada postingan ini, resep yang saya akan bahas adalah resep olahan ikan yang berasal dari Kalimantan Selatan atau lebih tepatnya dari daerah Banjarmasin. Orang Banjarmasin menyebut masakan ini Panggang Kalak.


Panggang Kalak merupakan masakan tradisional khas Banjarmasin yang memakai ikan gabus sebagai bahan utamanya. Sebenarnya resep masakan ikan yang satu ini terbilang istimewa, lantaran masakannya sudah jarang sekali di temukan di Banjarmasin.


Hal ini disebabkan oleh bahan ikan yang dipakai dalam resepnya adalah ikan gabus yang memiliki ukuran cukup besar dimana kini jarang sekali ditemukan di lingkungan alam sekitar. Sehingga, otomatis di pasar-pasar tradisional pun ikan gabus ini jarang sekali diperjual belikan.


Namun bagi anda yang ingin mencoba cara menciptakan Panggang Kalak khas Banjarmasin dan kebetulan di daerah sekitar anda ikan gabus ini masih banyak ditemukan atau diperjual belikan dipasar, tidak ada salahnya jikalau anda membuatnya untuk disajikan kepada keluarga tercinta.


Resep Panggang Kalak Banjarmasin yang akan saya berikan bergotong-royong memakai bahan atau bumbu mirip biasa. Bumbu yang gampang sekali dicari di pasar atau warung-warung kecil di sekitar rumah.


Bumbu yang dipakai mirip serai, lengkuas, asam jawa, bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, kunyit, kencur, gula pasir, garam dan juga terasi.


Tutorial mengolahnya pun cukup sederhana dan praktis. Anda cuma harus menumis semua bumbu masakan kemudian dimasukan ke dalam perut ikan dan dilumuri pada semua episode ikan. Setelah semuanya beres kemudian anda tinggal membakarnya.


Baca juga : Resep Masakan Gulai Ikan Tongkol


Meskipun terbilang cukup sederhana dan praktis, namun rasa dari ikan gabus ini sangat nikmat. Disamping itu ikan gabus ini memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh kita.


Salah satunya, ikan gabus ini memiliki kandungan protein yang lebih tinggi jikalau dibandingkan dengan ikan lele. Sehingga, akan dalam pembentukan dan pertumbuhan otot tubuh kita. Selain itu, ikan gabus memiliki kandungan albumin yang merupakan protein yang baik untuk mempercepat penyembuhan luka dan penyeimbang cairan di dalam tubuh kita.


Ini hanya sebagian dari manfaat ikan gabus yang dipakai dalam resep ini. Ada manfaat lain yang sanggup kita bisa dari ikan gabus sebenarnya.


Wah tidak disangka, masakan ini sangat memiliki kegunaan bagi tubuh kita. Itulah mungkin kenapa orang Banjarmasin memiliki tubuh sehat dan kuat.


Baiklah untuk lebih lengkapnya silahkan anda baca resepnya berikut ini.











Sudah
(Panggang Kalak Banjarmasin, Foto: cookpaddotcom)












Waktu Persiapan

Waktu Memasak

Total Waktu


: 15 menit

: 20 menit

: 35 menit


Disajikan untuk

Level


: 4 orang

: Mudah



Bahan – bahan :



  • Bersihkan 400 gram ikan gabus segar, keluarkan jeroan ikannya.

  • Memarkan 2 batang serai

  • Memarkan 2 cm lengkuas

  • Air asam jawa sebanyak 2 sendok makan

  • Minyak secukupnya untuk menumis



Bahan bumbu halus :



  • Bawang merah sebanyak 5 butir

  • Bawang putih sebanyak 3 siung

  • Sangrai 3 butir kemiri

  • Merica sebanyak ½ sendok teh

  • Ketumbar sebanyak 2 sendok teh

  • Kunyit seukuran 3 cm

  • Kencur seukuran 3 cm

  • Gula pasir sebanyak ½ sendok teh

  • Garam sebanyak 1 sendok teh

  • Terasi sebanyak ½ sendok teh



Tutorial menciptakan Panggang Kalak :



  1. Pertama anda cuci higienis ikan gabusnya. Pastikan semua episode ikan tercuci bersih.

  2. Kemudian haluskan semua bahan bumbu halus dengan cara diulek. Dengan cara diulek, bumbu akan mengeluarkan busuk yang harum dan memperlihatkan rasa yang khas bagi ikannya.

  3. Selanjutnya anda siapkan wajan dan beri minyak secukupnya. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan tadi sampai mengeluarkan busuk harum.

  4. Sambil diaduk-aduk kemudian masukkan serai yang sudah dimemarkan beserta lengkuas dan 2 sendok makan air asam jawa.

  5. Setelah tumisan bumbu sudah selesai, angkat dan masukkan tumisan bumbu kedalam perut ikan gabus yang sudah dibersihkan tadi. Kemudian tekuk ikan dan ikat melingkar ekornya sampai melekat pada kepala ikan.

  6. Siapkan pembakaran dan bakar ikan diatas arang dengan dialasai daun pisang. Bakar ikan sampai matang dan jangan lupa untuk membolak – balik ikan saat dibakar.

  7. Angkat ikan gabus dan sajikan diatas daun pisang.

  8. Panggang Kalak pun siap disantap.



Rekomendasi Resep : Gulai Ikan Tongkol


Saya yakin dengan proses pembuatan yang sederhana ini anda akan gampang dalam menciptakan Panggang Kalak. Tentunya tidak harus menjadi koki masak terlebih dahulu untuk menciptakan masakan yang yummy mirip masakan ini.


Anda sanggup mencobanya dirumah kapanpun anda mau. Dan yang niscaya masakan olahan ikan ini sangat nikmat dan menyehatkan tubuh kita.


Demikianlah Resep Panggang Kalaj Banjarmasin yang sanggup saya berikan untuk anda. Semoga sanggup menambah wawasan masakan Indonesia anda dan menjadi ide hidangan masakan anda hari ini untuk keluarga.


Yuk bagikan resep ini untuk kerabat dan teman terdekat anda dengan memncet tombol share dibawah ini. Baca juga resep – resep menarik lainnya di blog ini.


Belum ada Komentar untuk "Resep Panggang Kalak Banjarmasin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel