Resep Sup Ikan Kakap Batam

Resep Masakan Ikan (Khas Kepulauan Riau) – Halo pecinta kuliner Indonesia.. Pagi ini anda masak apa? Sudah pernah mencoba memasak Sup Ikan? Atau ingin mencoba memasaknya? Kalau belum pernah dan ingin mencoba memasaknya, berarti anda berada di kawasan yang tepat.


Karena kami akan membahas ihwal Resep Masakan Ikan terbaru untuk anda khususnya Resep Sup Ikan Kakap, dan kami akan memberikan resepnya untuk anda.


Siapkan diri anda untuk membaca penjelasannya berikut ini.


Sup Ikan Kakap Batam merupakan kuliner yang menjadi ciri khas Kota Batam di Kepulauan Riau. Lingkungan kawasan yang berbentuk kepulauan menyebabkan Kota Batam kaya akan hasil laut. Salah satu komoditinya adalah ikan kakap ini.


Dengan banyaknya hasil maritim ini, masyarakat di Kota Batam menjadi kreatif dalam mengolah kuliner yang berbahan dasar ikan. Salah satunya adalah mengolah Ikan Kakap menjadi olahan ikan yang sangat enak dan banyak digemari oleh banyak orang.


Tidak hanya masyarakat nya, tetapi juga masyarakat atau pelancong yang tiba ke Kepulauan Riau ini sangat menyukai Sup Ikan Kakap ini. Bahkan rasanya tidak lengkap jikalau tiba berwisata ke Kepulauan Riau tanpa mencicipi kuliner khasnya.


Jika anda sudah pernah mencoba kuliner ini, anda tentunya menerima sensasi memakan sup ikan yang berbeda. Hal ini dikarenakan penggunaan bumbu atau bahan-bahan yang cukup unik dan berbeda.


Bahan – materi utama yang dipakai adalah tentunya Ikan Kakap itu sendiri. Kemudian memakai sayur asin. Bagi anda yang tidak tahu apa itu sayur asin, sayur asin bukan sayur yang rasanya asin, melainkan sayuran sawi yang sudah difermentasi dengan asam laktak sehingga rasanya sedikit asam.


Inilah yang menciptakan sup ini mempunyai citarasa yang khas daripada sup ikan lainnya.


Sedangkan bahan-bahan lainnya mirip tomat hijau kecil, kecap asin, gula pasir, garam, lada, bawang putih, kemiri, udang kering atau udang kecil yang sudah dikeringkan, kemudian cabe rawit sebagai pelengkapnya menciptakan rasanya semakin lengkap dan khas.


Tutorial menciptakan Sup Ikan Kakap Batam ini relatif sederhana dan praktis, alasannya intinya anda cukup memasukan atau meracik semua bahannya yang dimasak menjadi satu. Namun cara meracik dan memasak inilah yang menjadi faktor kelezatan masakannya.


Untuk lebih lengkapnya berikut kami akan memberikan Resep Sup Ikan Kakap Batam untuk anda. Silahkan anda simak baik-baik berikut ini.












Kalau
(Sup Ikan Batam, Sumber Foto: genuardisdotnet)













Waktu Persiapan

Waktu Memasak

Total Waktu


: 10 menit

: 15 menit

: 25 menit


Disajikan untuk

Level


: 3 orang

: Sedang





Bahan – materi :





  • Ikan Kakap sebanyak 350 gram. Kalau ukurannya besar silahkan anda potong-potong sesuai selera.

  • Air sebanyak 500 ml

  • Sayur asin (sawi yang sudah difermentasi) sebanyak 1 ikat, kemudian ambil batangnya saja dan potong-potong seukuran 3 cm

  • Tomat hijau kecil sebanyak 4 buah potong menjadi dua

  • Kecap ikan sebanyak 4 sendok teh

  • Gula pasir sebanyak 1 sendok teh

  • Garam dan lada secukupnya




Bahan bumbu halus :





  • Bawang putih sebanyak 3 siung

  • Kemiri sebanyak 3 butir

  • Ebi (udang kecil kering) sebanyak 1 sendok makan

  • Teri sebanyak 1 sendok makan

  • (semua materi bumbu digoreng kemudian dihaluskan dengan cara diulek)




Pelengkapnya :





  • Iris-iris cabe rawit sebanyak sesuai selera anda

  • Kecap asin secukupnya




Tutorial menciptakan Sup Ikan Kakap Batam :





  1. Siapkan wajan, masukkan 500 ml air kemudian didihkan kemudian tambahkan bumbu halus. Aduk-aduk sampai bumbu tercampur rata dengan air. Masak sampai mendidih.

  2. Selanjutnya masukkan ikan kakap ditambah dengan kecap ikan, gula pasir, garam serta lada. Aduk-aduk kembali dan masak sampai ikan menjadi matang dan kuah menjadi jernih.

  3. Ketika ikan sudah matang dan akan diangkat, masukkan belahan tomat dan belahan sayur asin ke dalam sup. Aduk kembali dan biarkan sebentar.

  4. Kemudian angkat sup, masukkan ke dalam pinggan dan beri irisan cabe rawit serta kecap asin secukupnya sebagai pelengkap.

  5. Sup Ikan Kakap pun siap dinikmati.



Rekomendasi Resep : Panggang Kalak Banjarmasin


Sup ini lebih nikmat jikalau disajikan selagi hangat. Gurih, segar sekaligus pedas merupakan rasa yang sangat besar lengan berkuasa yang akan anda rasakan.



Sup Ikan Kakap Batam ini merupakan sup dengan perpaduan bumbu yang pas dan wajib anda coba tentunya.


Bagi anda yang tidak suka dengan Ikan Kakap, anda harus mulai menyukainya dari sekarang. Kenapa? Karena Ikan Kakap ini memeliki kandungan selenium yang bisa membantu kinerja sel darah putih dan diperlukan untuk kelenjar tiroid sehinggan sanggup bekerja dengan baik.


Selain itu, kandungan selenium dalam ikan kakap ini merupakan senyawa antikoksidan yang baik yang bisa mencegah senyawa radikal bebas yang akan merusak DNA yang kemudian akan menyebabkan penyakit rheumatoid arthritis, kanker dan penyakit jantung.


Jadi, dengan mengkonsumsi ikan kakap ini kita sanggup menerima manfaat selain kelezatannya.


Demikianlah pembahasan kami ihwal Resep Sup Ikan Kakap Batam yang patut anda coba di rumah. Yuk bagikan resep ini untuk kerabat dan saudara terdekat kita, semoga mereka tahu manfaat dari olahan ikan kakap ini.


Jangan lupa untuk membaca resep – resep kuliner menarik lainnya disini.


Belum ada Komentar untuk "Resep Sup Ikan Kakap Batam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel