Tahu Panggang Wijen

Resep Masakan Tahu – Orang Indonesia niscaya sangat dekat dengan materi makanan yang satu ini. Ya, tahu biasanya dijadikan lauk pauk yang paling sering dihidangkan bersama nasi dan sambal. Makanan yang terbuat dari kacang kedelai ini selain enak, juga mempunyai gizi yang tidak sedikit.


Kandungan protein yang terdapat pada kedelai sebagai materi utama pembuat tahu mampu membantu menurunkan LDL (kolesterol buruk) tanpa menurunkan HDL (kolesterol baik), sehingga mampu mencegah resiko terjangkit penyakit jantung.


Namun kebanyakan orang Indonesia sering mengolah tahu ini hanya dengan menggoreng saja. Sebetulnya tahu ini mampu kita olah dengan cara yang lain, seakan-akan resep makanan tahu yang akan saya bagikan.


Masakan yang satu ini diberi nama Tahu Panggang Wijen.


Untuk membuatnya tentu saja Anda memerlukan tahu. Ada banyak sekali macam tahu yang mampu Anda temukan di pasar, ada tahu kuning, tahu putih, tahu kemprong/tahu sumedang dan tahu lainnya.


Semuanya mempunyai rasa yang enak dan manfaat yang sama. Namun untuk menciptakan makanan ini Anda harus menentukan tahu putih.


Dan saat membeli tahu dipasaran pastikan Anda menerima tahu yang segar dan berkualitas. Cirinya yaitu tekstur tahu yang masih kenyal dan juga wangi dari tahu ini tidak terlalu masam.


Jika Anda mendapati tahu yang berbau tak sedap sudah dipastikan bahwa tahu tersebut tidak indah bahkan mungkin mampu dikatakan tahu basi.


Jadi, pada pada dasarnya berhati-hatilah dalam menentukan materi makanan untuk keluarga Anda, dalam konteks ini yaitu tahu putih.


Dalam proses pembuatannya, tahu sebagai materi utama dipanggang tetapi sebelumnya tahu sudah direndam dengan bumbu pelezat.


Lalu apa saja bahan-bahan bumbu rendaman tahu ini?


Yang Anda butuhkan hanyalah bawang putih, kecap asin, minyak wijen, daun dan batang seledri, cengkeh, jahe, saus tiram dan garam.


Semua materi ini dicampur rata dan dijadikan materi rendaman tahu putih tadi.


Selain itu Anda membutuhkan wijen yang sudah disangrai untuk dijadikan taburan diatas tahu yang sudah dipanggang nanti.


Bagaimana proses selengkapnya?


Simak klarifikasi berikut ini mengenai resep dan cara menciptakan Tahu Panggang Wijen. Dan resep ini dibentuk untuk 4 orang.











Orang
(Tahu Panggang Wijen, Sumber Foto: dotcom)












Waktu Persiapan

Waktu Memasak

Total Waktu


: 15 menit

: 15 menit

: 30 menit


Disajikan untuk

Level


: 4 orang

: Mudah



Bahan-bahan:



  • 600 gram tahu putih




Bahan-bahan perendam:





  • 3 siung bawang putih, memarkan, cincang halus

  • 2 sendok makan kecap asin

  • 2 sendok makan minyak wijen

  • 1 batang daun seledri, potong 4 cm

  • 1 batang seledri, simpulkan

  • 1 butir cengkeh

  • 1 cm jahe, memarkan, cincang halus

  • 1 sendok teh wijen, sangrai

  • 1 sendok makan saus tiram

  • garam secukupnya




Tutorial menciptakan Tahu Panggang Wijen:






  1. Rendam tahu dalam materi perendam selama kurang lebih 15-20 menit, aduk-aduk sedikit agar bumbu mampu meresap ke dalam tahu. Setelah itu sisihkan.

  2. Panggang tahu dalam panggangan sampai matang, kemudian angkat.



Rekomendasi Resep : Rollade Tahu Daun Singkong




Praktis sekali bukan? Anda mampu menerima manfaat dari tahu dengan resep makanan tahu yang simple ini. Tahu Panggang Wijen memang mampu menjadi sajian tahu pilihan untuk keluarga anda.


Baca juga resep makanan tahu lainnya di blog ini dan bagikan ke sobat terdekat anda


Belum ada Komentar untuk "Tahu Panggang Wijen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel