Waspada! Hacker Melakukan Phising Memakai Google Docs

hacker


Para hacker telah memakai teknik gres untuk meretas akun dengan sasaran pengguna baru. Setelah memakai gambar sebagai objek, kali ini Google Docs objeknya. Dalam hal ini penipuan phising memakai Google Docs telah beredar seakan-akan api di seluruh internet. Jika anda mendapatkan email dari seseorang dengan melampirkan sebuah link Google Docs, jangan pernah klik atau membuka link tersebut.


Link Google Docs tersebut merupakan senjata yang dilakukan oleh para hacker untuk melakukan phising ke akun Google Anda. Seperti yang diketahui bahwa dengan mendapatkan susukan ke akun Google anda, maka hacker sudah mampu mengakses semua aplikasi yang terhubung ke akun Google anda.

Bagaimana cara kerjanya?



Beberapa email ditujukan ke sasaran dengan melampirkan sebuah link Google Docs yang merupakan sebuah jebakan agag hacker mampu susukan ke akun Google anda. Begini cara kerja serangan ini:


  • Jika anda klik link tersebut, anda akan diarahkan ke laman akun Google yang terhubung dengan banyak sekali aplikasi Google.

  • Anda akan disuruh menentukan akun dan diminta untuk menyampaikan izin ke aplikasi Google Docs, dalam hal ini Google Docs tersebut merupakan aplikasi pihak ketiga palsu yang berisi jebakan.

  • Setelah anda menyampaikan izin, aplikasi tersebut sudah mempunyai izin untuk membaca email anda dan memakai email anda untuk mengirim pesan kepada semua kontak anda.



Jika hal ini sudah terjadi, maka hacker mampu saja mengirim pesan ke kontak anda untuk melakukan penipuan atas nama anda. Penipuan yang dilakukan mampu berupa sebuah perkara dimana hacker mengirim pesan ke kenalan anda untuk meminta uang dalam bentuk hutang, sebab orang yang dikirimi pesan menyangka pesan tersebut benar-benar berasal dari anda sehingga akan menyampaikan apa yang diminta pelaku. Dengan demikian maka anda akan menjadi pihak yang dirugikan sebab anda harus membayar hutang yang tidak pernah anda miliki.

Apa yang harus dilakukan jikalau sudah terlanjur klik Google Docs tersebut?



Jika anda sudah klik sebuah link Google Docs yang anda anggap aneh, maka untuk memastikan bahwa anda tidak terkena serangan phising, periksa izin aplikasi pada akun Google anda dengan mengunjungi link ini. Pastikan tidak ada aplikasi dengan nama Google Docs, jikalau ada hapus saja izin tersebut.

Belum ada Komentar untuk "Waspada! Hacker Melakukan Phising Memakai Google Docs"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel