5 Manfaat Pembangunan Tempat Industri

  Pembangunan tempat industri sebagai pusat acara industri pengolahan yang dilengkapi dengan sarana, prasarana, dan akomodasi penunjang lainnya yang disediakan dan dikelola oleh perusahaan.Kawasan industri merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menarik minat investor baik absurd maupun lokal untuk menginvestasikan dananya melalui sektor industri. Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan konsumsi suatu produk/jasa yang semakin meningkat belakangan ini, sektor industri perlu mendapat tempat khusus melalui pembangunan tempat industri.


(C) pixabay

   Berikut yaitu manfaat yang dihasilkan dalam pembangunan tempat industri seakan-akan dikutip dari web ModernCikande mengenai dampak faktual akan adanya pembangunan tempat industri :

1. Terbukanya Peluang Lapangan Kerja Baru


Dengan pembangunan tempat industri tentu penyerapan buruh/tenaga kerja gres akan bertambah seiring dengan kebutuhan perusahaan untuk mengisi kuota tenaga kerjanya guna memenuhi kebutuhan operasional perusahaan untuk menghasilkan produk dan juga jasa sesuai dengan lini industri yang ditekuni oleh perusahaan tersebut. 


2. Meningkatkan Aktivitas Ekspor


    Selain menarik minat investor absurd untuk menginvestasikan dananya di Indonesia, pembangunan tempat industri juga diharapkan untuk mengajak investor absurd untuk membuka cabang dan mendirikan pabrik di Indonesia. Dengan begitu, acara ekspor akan meningkat untuk memenuhi kebutuhan komoditi dalam dan juga luar negeri 

3. Memperbesar Peluang Usaha Baru


   Pendirian tempat industri akan memberikan manfaat yang besar bagi kemajuan ekonomi suatu kawasan dengan terbukanya peluang perjuangan baru. Sebagai referensi yaitu sektor dagang. Warga yang tinggal di sekitar tempat industri bisa membuka warung atau rumah makan untuk menyediakan masakan atau kebutuhan harian bagi para karyawan yang bekerja di sekitar tempat industri.

4. Meningkatkan Indeks Pertumbuhan Ekonomi


   Indeks pertumbuhan ekonomi yang terjadi di tempat industri dengan terbukanya peluang kerja dan peluang bisnis gres akan menghasilkan siklus perputaran uang dengan acara konsumsi dan juga produksi yang dilakukan oleh warga sekitar dan tenaga kerja yang bekerja di tempat industri tersebut. Selain itu, pembayaran pajak juga akan meningkat dimana salah satu devisa terbesar negara yaitu melalui penerimaan pajak yang akan meningkatkan indeks pertumbuhan ekonomi.

5. Meningkatkan Arus Urbanisasi dan Pemerataan Penduduk


    Kawasan industri yang biasanya terletak di luar pusat kota bisa mengurangi ketergantungan penduduk untuk tinggal dan bekerja di pusat kota. Arus urbanisasi dan pemerataan penduduk akan berlangsung dengan baik dimana para tenaga kerja tak hanya berfokus di pusat kota alasannya yaitu ialah yaitu yaitu kawasan sekitar tempat industri biasanya akan disewa atau dibeli untuk ditempati para tenaga kerja yang bekerja di tempat industri untuk memudahkan mereka menjangkau tempat kerja. Tentu hal ini akan mengurangi kepadatan penduduk di kota dan menciptakan pemerataan penduduk terbagi ke beberapa wilayah.

     Manfaat yang diberikan dengan pembangunan tempat industri bagi masyarakat dan juga pemerintah sebaiknya juga ditunjang dengan sarana, prasarana, dan infrastruktur lengkap yang harus disediakan oleh pengembang tempat industri tersebut. Sebuah tempat industri tentunya harus dikelola dengan baik dan memperhatikan prinsip kelestarian lingkungan yang berorientasi pada kesejahteraan masyarakat.


Oleh : Fersisilia Anggi

Belum ada Komentar untuk "5 Manfaat Pembangunan Tempat Industri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel