Aneka Resep Kuliner Khas Lampung Paling Lengkap

Resep Makanan Khas Lampung Lengkap – Jika tiba ke suatu tempat yang belum pernah di kunjungi pastinya kita ingin tahu juga berbagai keragaman dan kekayaan kuliner yang ada di tempat tersebut. Apalagi jikalau kita memang merupakan penikmat dan peminat berbagai kuliner daerah, tentu aneka resep kuliner khas lampung merupakan sesuatu yang wajib untuk kita coba. Salah satu tempat yang juga mempunyai kekayaan kuliner yang beragam ialah tempat Lampung. Ada banyak jenis kuliner khas yang pastinya akan menciptakan lidah kita bergoyang, ingin tau dengan berbagai kekayaan kuliner tersebut?


Lampung ialah sebuah provinsi paling selatan di Pulau Sumatera, Indonesia. Di sebelah utara berbatasan dengan Bengkulu dan Sumatera Selatan. Provinsi Lampung dengan ibukota Bandar Lampung yang merupakan adonan dari kota kembar Tanjungkarang dan Telukbetung mempunyai wilayah yang relatif luas, dan menyimpan potensi kelautan.


Pelabuhan utamanya bernama Pelabuhan Panjang dan Pelabuhan Bakauheni serta pelabuhan nelayan seakan-akan Pasar Ikan (Telukbetung), Tarahan, dan Kalianda di Teluk Lampung. (Sumber: Wikipedia/lampung)



Dengan wilayah yang cukup luas, Lampung juga mempunyai ciri kuliner yang tersendiri di berbagai daerah. Hal ini menciptakan berbagai jenis kuliner yang ada lebih beragam dan lebih menggoda untuk kita coba. Bagi yang belum begitu sering ke tempat ini mungkin akan bertanya-tanya apa saja sih kuliner khas dari tempat ini?


Nah, khusus pada kesempatan ini, situs kuliner khas tempat akan mengajak kita untuk mengenal berbagai macam kuliner atau kuliner yang berasal dari tempat Lampung tersebut. Penasaran, tapi sebelum itu jangan lupa lihat juga beberapa artikel berikut:



1) Masakan khas banten 

2) Resep kuliner khas lampung 

3) Masakan khas jawa barat 

4) Masakan khas lampung barat 

5) Masakan khas lampung timur 

6) Makanan khas provinsi lampung 

7) Seruit lampung


Berkaitan dengan makanan dari lampung kita setidaknya akan membahas dua hal berbeda. Pertama kita akan mencoba mengenal berbagai jenis kuliner yang berasal dari tempat Lampung, kedua kita juga akan coba untuk berguru menciptakan atau memasak berbagai sajian pilihan tersebut dengan mempelajari resep kuliner yang ada.



A. Contoh Resep Makanan Khas Lampung



Karena tujuan utama situs ini ialah berbagi wangsit mengenai berbagai resep kuliner maka dari itu yang pertama akan kita bahas ialah beberapa pola resep khusus untuk berbagai kuliner yang berasal dari tempat Lampung.


Dapat dikatakan bahwa resep berikut merupakan resep kuliner khas Lampung yang mampu kita coba sendiri di rumah. Berbicara dilema masak memasak maka ada banyak jenis kuliner yang mampu kita siapkan khususnya yang berasal dari tempat ini.


Ada kuliner yang mempunyai cita rasa kental yang tidak terdapat di tempat lain dan tentunya ada juga beberapa resep yang mungkin saja sudah sering kita nikmati. Pokoknya berikut ini ialah beberapa alternatif pilihan bagi kita yang suka berwisata kuliner di rumah sendiri. Mau coba memasak kuliner tersebut, berikut daftar resep kuliner selengkapnya.



  1. Resep Seruit lampung

  2. Resep kuliner gulai balak

  3. Resep Tempoyak

  4. Resep Geguduh 

  5. Resep Gulai Taboh

  6. Resep Kemplang

  7. Resep Panggang

  8. Resep Gabing

  9. Resep Umbu

  10. Resep Sambal Asam Kembang


Kita mampu eksklusif saja melihat berbagai resep kuliner di atas, tentunya jikalau kita memang ingin berguru menyajikan sendiri berbagai kuliner yummy di atas. Ingat, kekayaan kuliner memang sangat beragam dan kalau kita pecinta kuliner pastinya akan ingin tau bila belum pernah mencoba berbagai kuliner di atas. 



B. Daftar Makanan Khas Lampung



Di atas sudah lebih dulu diberikan beberapa pola resep yang mampu kita sajikan sendiri di rumah. Nah, mungkin saja, dari sekian banyak kuliner di atas kita ingin tahu lebih jauh sebelum mencobanya. Maka dari itu berikut ini akan di bahas sekilas mengenai beberapa kuliner tersebut.


Katanya tak kenal maka tak sayang, maka dari itu kan asyik juga jikalau kita tahu lebih banyak mengenai jenis kuliner yang akan kita coba. Jika kita singgah di Lampung maka kita nanti mampu ikut mencari berbagai kuliner di atas, mencobanya dan menikmati kekayaan kuliner tersebut. Supaya tidak ingin tau dengan berbagai jenis kuliner di atas berikut klarifikasi ringkas dari makanan khas lampung tersebut.



Makanan Seruit 

Makan seruit disebut dengan istilah nyeruit, yang artinya ialah agenda makan yang dilakukan secara bekerjsama dengan sajian sebagaimana tersebut di atas, ialah sambol seruit, ikan gabus bakar, lalapan berupa ketimun, labu siam rebus, daun-daunan segar, terong lurik muda yang bulat-bulat, dengan nasi putih yang masih panas. 


Makanan Tempoyak

Tempoyak ialah kuliner khas lampung yang merupakan hasil fermentasi dari buah durian. Karena hasil fermentasi, maka rasa tempoyak ini sedikit asam-asam. Menurut masyarakat, tempoyak ini lebih yummy kalau dimakan dicampur dengan seruit. 


Makanan Geguduh 

Geguduh ialah penganan khas Lampung yang terbuat dari pisang yang dihaluskan dan dicampur dengan terigu, dimasak dengan tips trick digoreng, penganan isi mempunyai citarasa manis karna memakai jenis pisang tertentu.


Makanan Gulai Taboh

Gulai Taboh, ialah kuliner khas Lampung yang juga mampu diartikan sebagai gulai santan. Gulai ini biasanya berisi khattak atau kacang kacangan seakan-akan kacang/khattak gelinyor, kacang merah/khattak ngisi, kacang panjang/khattak kejung, khattak tuwoh, rebung, kentang dan lain lain.


Makanan Kemplang

Kemplang ialah kerupuk khas dari lampung, sumatera selatan dan sekitarnya, jadi kalo dibilang kuliner khas lampung saya rasa gak juga alasannya yaitu ialah tempat lain juga ada. Kerupuk ini cukup istimewa alasannya yaitu ialah tidak digoreng dengan minyak melainkan di panggang sehingga tidak mengandung minyak goreng, ini indah sekali buat yang mengurangi goreng-gorengan.


Makanan Panggang

Panggang ini ialah ikan “terserah jenisnya” yang di asap sampai matang, bukan kuliner yang di bakar atau di panggang eksklusif di atas api. Bumbu yang dipakai ialah bumbu dapur sederhana ialah garam, cabe, bawang putih dan lain sebagainya.


Meskipun “panggang” seakan-akan dengan kuliner nusantara lainnya, tapi kuliner ini berbeda, alasannya yaitu ialah ikan yang telah matang akan berbau asap yang menambah selera makan, dan juga panggang ini juga mampu di kembangkan menjadi kuliner lainnya seakan-akan sayur panggang dan sayur panggang bening



Makanan Gabing

Gabing ialah kuliner khas lampung yang terbuat dari batang kelapa muda. wah niscaya banyak nih para pembaca yang belum makan atau belum pernah dengar. Ya batang kelapa muda tersebut di potong dengan ukuran sedang sehabis itu di sayur dengan kuah santan, rasa yang di berikan oleh batang kelapa ini ialah rasa manis dan gurih apa bila di gigit, rasa yang di timbulkan ialah rasa unik dan menarik.


Makanan Umbu

Umbu ialah suatu lalapan yang orisinil dari lampung. Lalap ini bukan berbentuk dedaunan hijau, umbu ialah lalap yang terbuat dari rotan muda yang di rebus sampai lunak . mungkin tebakan kalian kuliner ini rasanya seakan-akan dengan gabing? tetapi kenyataannya kuliner ini jauh berbeda dengan gabing, umbu lebih cenderung berasa pahit seakan-akan pare, tetapi pahit umbu ini mampu membangkitkan selera makan loh.


Makanan Sambal Asam Kembang

Dari judulnya kalian niscaya berfikir bahwa ini sambal yang di beri asam jawa atau yang lainnya . sebetulnya sambal ini berbeda dengan sambal asam yang lainnya. sambal ini ialah sambal terasi khas lampung yang diberi buah kemang yang masih muda, buah kemang ialah buah sebangsa dengan buah mangga. tanaman ini kini sudah jarang di temukan




Nah itulah tadi sedikit uraian perihal berbagai kuliner yang berasal dari tempat Lampung. Semoga gosip tentang Makanan Khas Lampung ini mampu menjadi wangsit dan sumber inspirasi untuk berbagai kuliner yang mampu kita coba. Lain waktu akan kita sambung lagi dengan beberapa pembahasan lain yang tak kalah menarik dengan menikmati kuliner enak. 


Belum ada Komentar untuk "Aneka Resep Kuliner Khas Lampung Paling Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel