Cara Menciptakan Resep Bubur Tinutuan Manado

Resep bubur merupakan salah satu masakan Istimewa yang bisa kita hidangkan di waktu-waktu spesial. Salah satu sajian bubur yang banyak dikenal yaitu bubur tinutuan Manado kawasan Sulawesi Utara. Melalui update ini kita akan coba menciptakan sajian tersebut.


Seperti kita tahu, Manado merupakan salah satu lokasi yang juga mempunyai kekayaan masakan yang cukup menarik. Salah satunya yaitu jenis makanan khas Manado yang masuk dalam kategori bubur yaitu “bubur tinutuan”. Masakan ini menjadi salah satu rekomendasi karena yaitu keunikan rasa yang ada dan kelezatan masakan tersebut. Biasanya, beberapa yang juga akan berkaitan dengan duduk dilema ini yaitu:


1) Resep bubur manado

2) Bubur manado

3) Bubur

4) Resep tinutuan

5) Menu gence ruan dari kaltim

6) Menu Istimewa pindang daging masrani


Sekedar citra saja, sekilas masakan ini tidak berbeda dengan jenis masakan dari kawasan lain. Sama dengan bubur lain, tinutuan juga terbuat dari materi beras. Yang sedikit berbeda, bubur ini memakai pelengkap materi dasar lain mirip labu kuning dan juga ubi merah. Selain itu, yang menciptakan panganan ini menarik bubur ini juga memakai jagung manis, bayam dan juga melinjo jadi sudah cukup beragam. 


Tentu saja, kita tidak hanya akan berbicara mengenai hal tersebut tetapi pada dasarnya yaitu kita akan mencoba resep masakan bubur tinutuan tersebut. Makara kita akan berguru untuk menyajikan sendiri sajian tersebut di rumah biar kalau kita ingin menyantapnya tidak perlu jauh-jauh. Mau ikutan berguru memasak masakan tersebut?



Bahan Bubur Tinutuan Manado


Seperti bubur lain, tinutuan terbuat dari materi dasar beras yang dihaluskan, untuk bahan-bahan lain yang dipakai untuk masakan ini yaitu:



  • 200 gram beras, cuci bersih

  • 1 ½ liter air

  • 2 lembar daun salam

  • 2 batang serai

  • 600 ml santan dari ½ butir kelapa

  • 1 ½ sdm garam

  • 200 gram labu kuning, potong-potong

  • 200 gram ubi merah, potong-potong

  • 2 buah jagung manis, iris bulirnya

  • 150 gram bayam

  • 75 gram daun melinjo

  • 5 tangkai kemangi, ambil daunnya



Tidak berbeda jauh dengan bubur lain ya, namun sanggup kita lihat bahwa bubur manado ini memakai materi yang cukup bermacam-macam sehingga rasanya sudah tentu akan lebih menarik.


Tutorial Membuat Bubur Tinutuan Manado


Membuat Bubur Tinutuan Manado tidak sulit mirip menu-menu bubur lainnya. Jika teman netter ingin mencobanya mari ikuti panduan yang ada. Langkah-langkah menciptakan resep Manado ini yaitu:


  1. Masak beras dengan daun salam dan serai sampai beras hancur. 

  2. Tambahkan santan dan garam, aduk rata. Biarkan sampai mendidih lagi.

  3. Masukkan labu kuning dan ubi merah, aduk. Biarkan sampai labu dan ubi matang. 

  4. Masukkan jagung manis, bayam, dan daun melinjo, aduk rata.

  5. Kecilkan apinya, lanjutkan memasak sampai bubur kental. 

  6. Tambahkan daun kemangi, aduk sebentar, angkat.

  7. Sajikan untuk 6 orang


Resep


Bagaimana? Cara Membuat Resep Bubur Tinutuan Manado tersebut bisa kita coba gotong royong di dapur kita. Dengan mencoba resep baru ini kita mempunyai teladan masakan lain yang Istimewa yang bisa disajikan pada waktu-waktu tertentu sesuai selera.


Belum ada Komentar untuk "Cara Menciptakan Resep Bubur Tinutuan Manado"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel