Cara Menciptakan Sayur Asam Sunti Segar

Cara Membuat Sayur Asam Sunti Yang Segar. Selain sayur lodeh kita juga akan mencoba membuat sayur asam sunti khas Aceh sebagai salah satu hidangan kejutan. Sayur sunti merupakan sayur asam dari Aceh yang berdasarkan saya tidak perlu lagi diragukan kesegarannya. Untuk membuktikannya mari ikuti kreasi dalam menciptakan masakan ini.


Buah Nangka Untuk Sayur Asam Sunti, Di Indonesia buah yang satu ini memang banyak dimanfaatkan sebagai materi masakan. Masakan tersebut sudah banyak yang kesohor bahkan sampai manca negara seperti misalnya sayur gudeg jogja. Lalu kenapa buah nangka ini dipilih dan apa bahu-membahu kandungan di dalam buah ini? Jangan lupa, sebelum lebih jauh mencar ilmu mengenai jenis masakan ini lebih baik kita lihat juga beberapa resep lainnya yaitu:


1) Resep masakan tumis udang pedas

2) Resep Marbatak Aceh

3) Resep Pancah Daging


Buah nangka selain digemari karena yakni rasanya yang bagus juga disukai karena yakni memberikan banyak manfaat. Buah ini kalau dikonsumsi berdasarkan beberapa sumber bisa menyehatkan perut dan usus. Selain itu buah ini juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan perlindungan terhadap kanker.


Buah ini juga dikenal bisa menurunkan tekanan darah serta membantu penglihatan karena yakni mengandung vitamin A. Lebih jauh lagi, buah nangka dianggap sebagai buah pembangkit energi karena yakni kandungan gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa. Makan buah ini menciptakan merasa di revitalisasi seketika.


Bahan Sayur Asam Sunti


Dua tahap yang harus dilakukan untuk memasak sajian ini yakni menyiapkan materi dan mengikuti langkah-langkah membuatnya. Sebelum kita berbicara mengenai bagaimana proses dalam mengolah masakan sayur ini lebih baik kita siapkan terlebih dahulu banyak sekali materi yang kita butuhkan. Bahan-bahan sayur ini selengkapnya seperti pada daftar berikut


  • 200 gram nangka muda, dipotong-potong

  • 4 lonjor kacang panjang, dipotong-potong

  • 1 ikat (200) gram daun ubi jalar, dipetiki

  • 15 gram daun melinjo, dipotong-potong

  • 1.200 ml santan dari 1/2 butir kelapa

  • 7 butir bawang merah, diiris tipis

  • 4 siung bawang putih, diiris tipis

  • 1 lembar daun salam

  • 2 cm lengkuas, dimemarkan

  • 2 1/4 sendok teh garam

  • 1/2 sendok makan gula pasir

  • 3 buah cabe hijau besar, dipotong serong 1/2 cm, dibuang bijinya

  • 3 buah cabe rawit merah, diiris serong

  • 7 buah asam sunti

  • 2 buah belimbing sayur, dibelah dua memanjang



Banyak ya, pada daftar di atas sudah lengkap di dalamnya berikut materi dasar dan juga banyak sekali materi bumbu yang diharapkan untuk memasak sayur ini. Kalau tidak ada kesulitan dalam menyiapkan banyak sekali materi di atas maka kita pelajari terlebih dahulu bagaimana proses memasaknya.


Cara Membuat Sayur Asam Sunti


Apakah resep sayur asam sunti ini sulit di buat? Kita akan mengetahui jawabannya dengan memperhatikan banyak sekali langkah dan proses memasak yang akan di jelaskan di bawah ini. Berikut panduan langkah demi langkah untuk menciptakan sayur asam Istimewa tersebut.


  1. Pertama-tama rebus santan, bawang merah, bawang putih, daun salam, lengkuas, garam, dan gula pasir sampai mendidih.

  2. Masukkan nangka muda. Masak sampai matang. 

  3. Setelah itu tambahkan kacang panjang, daun ubi jalar, daun melinjo, cabe hijau besar, cabe rawit merah, asam sunti, dan belimbing sayur. 

  4. Masak sampai matang, angkat dan sajikan untuk 6 porsi











Foto: Sayur Asam Sunti/indonesiacampurcampur


Karena saya sedikit sibuk menyiapkan banyak sekali sajian untuk minggu depan maka saya cukupkan sampai disini pembahasan mengenai Cara Membuat Sayur Asam Sunti Yang Segar ini. Semoga sayur ini bisa memperlengkap koleksi masakan aceh yang bisa disajikan.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menciptakan Sayur Asam Sunti Segar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel