Resep Gulai Kemba’Ang, Masakan Tradisional Bengkulu

Masakan tradisional Bengkulu yang akan kita coba kali ini ialah resep gulai kemba’ang. Gulai yang orisinil dari daerah Bengkulu ini merupakan sajian gulai dengan materi utama iga sapi. Kaprikornus bagi yang suka dengan makanan seolah-olah ini mari kita coba memasaknya dengan panduan tips trick memasak yang akan dijelaskan disini. Masakan ini rasanya sangat enak dan nikmat, maka dari itu saya mengajak anda semua untuk ikut mencoba memasaknya di rumah.


Di keluarga saya, olahan dengan materi dasar iga sapi seolah-olah ini menjadi makanan kesukaan. Bahkan suami saya begitu lahap ketika menyantap sajian ini. Tentu saja hal pertama yang menjadi alasan ialah karena rasanya yang mantap. Rasa dari gulai ini memang begitu kental dan khas bumbu yang digunakan. Daging pada iga sapi terasa begitu lembut dan bumbunya begitu meresap. Makanya, saya sering menyajikan gulai dengan resep gulai kemba’ang tersebut.


Bahn dan juga bumbu masak yang dipakai tidak begitu sulit untuk disiapkan. Bahan utama hanya terdiri dari iga sapi dan adonan banyak sekali bumbu rempah. Untuk bumbu halusnya juga menggnakan bumbu rempah khas Indonesia seolah-olah contohnya bawang, lengkuas, kunyit dan juga jahe. Untuk memasak makanan ini juga tidak sulit. Pertama kita tinggal siapkan materi dan bumbunya, kemudian iga direbus terlebih dahulu. Setelah itu bumbu halus ditumis dan materi dimasukkan kemudian dimasak sampai matang. Pokoknya tidak sulit, bahkan untuk yang sedang mencar ilmu memasak sekalipun.


Bahan dan bumbu Gulai Kemba’ang


Seperti yang sudah saya sebutkan, materi utama gulai Istimewa ini ialah iga sapi. Bahan lain tentunya berupa materi bumbu rempah yang akan menciptakan makanan daerah ini menjadi istimewa. Bahan-bahan tersebut ialah sebagai berikut:


Bahan dasar


  • 500 gram iga sapi, dipotong-potong

  • 2 lembar daun salam

  • 400 ml santan dari 1/2 butir kelapa

  • 1 ikat (200 gram) daun pakis, disiangi

  • 5 lembar (100 gram) daun talas, direbus, diiris kasar

  • 2 sendok teh garam

  • 3 buah asam kandis

  • 3/4 sendok teh gula pasir

  • 100 gram kelapa parut, disangrai, dihaluskan

  • 2 sendok makan minyak untuk menumis


Bahan bumbu halus


  • 8 butir bawang merah

  • 4 siung bawang putih

  • 4 buah cabe merah

  • 2 cm lengkuas

  • 2 cm kunyit

  • 2 cm jahe

  • 3/4 sendok teh ketumbar



Dalam menciptakan makanan ini kita juga memakai kelapa parut yang sudah disangrai. Selain itu ada juga daun talas yang direbus, asam kandis dan juga santan. Secara umum materi dan bumbu tidak sulit untuk disiapkan. Kaprikornus kalau ingin mencar ilmu memasaknya tidak perlu takut. Terlebih lagi kalau memakai panduan yang ada pada resep gulai kemba’ang yang di bahas disini. 












Masakan
Masakan Gulai Kemba’ang


Setelah siap dengan semua materi dan bumbu maka kita sanggup memasaknya memakai langkah-langkah yang akan diterangkan di episode bawah. Yang terpenting, dalam menciptakan makanan ini sebaiknya diperhatikan benar penggunaan materi iga sapi-nya. Pastikan iga sapi yang dimasak benar-benar masih segar dan kualitasnya baik.



Tutorial Membuat Gulai Kemba’ang


Gulai yang merupakan makanan Istimewa Bengkulu ini bisa kita buat dengan tips trick yang tidak sulit alias mudah. Tutorial menciptakan gulai kemba’ang ini ialah seolah-olah dijelaskan di bawah ini:




  1. Rebus iga sapi dengan 800 ml air sampai empuk. Saring 600 ml air kaldunya. Didihkan lagi

  2. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus dan daun salam sampai harum. Tuang ke rebusan iga.

  3. Tuang santan. Masak sampai mendidih dan matang.

  4. Masukkan daun pakis, daun talas, garam, asam kandis, gula pasir, dan kelapa sangrai. 

  5. Masak sampai matang. 

  6. Angkat dan hidangkan untuk 5 porsi





Tidak sulit bukan untuk menciptakan makanan ini? Resep Gulai Kemba’ang yang merupakan Masakan Tradisional Bengkulu ini memang banyak sekali digemari dan sudah banyak juga yang mencoba sajian khas daerah Bengkulu tersebut. Supaya tidak ketinggalan maka silahkan sobat ikut mencoba sajian khas ini bersama-sama.


Belum ada Komentar untuk "Resep Gulai Kemba’Ang, Masakan Tradisional Bengkulu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel