Resep Gulai Masin Ikan Tongkol, Sajian Khas Padang

Resep Gulai Masin Ikan Tongkol – Salah satu hidangan khas Padang yang saya sukai selain sate padang ialah gulai masin ikan tongkol yang akan kita bahas kini ini. Menu gulai tongkol ini jadi variasi makanan yang sering menemani keluarga di rumah. Untuk sahabat yang belum pernah mencicipinya kali ini kita akan bahas “cara menciptakan gulai masin ikan tongkol” tersebut agar sahabat mampu mencobanya di dapur masing-masing.


Seperti kita ketahui, ikan tongkol merupakan jenis ikan maritim yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Selain alasannya ialah adalah rasanya yang enak ikan ini banyak dikonsumsi alasannya ialah adalah mengandung energi sebesar 117 kilo kalori, protein 23,2 gram, dengan kandungan lemak sebesar. 2,7 gram. Tidak ada salahnya jikalau materi ikan ini menjadi salah satu materi makanan yang cukup menarik untuk kita hidangkan bagi keluarga tercinta.


Dengan adanya resep gulai ikan tongkol ini maka kita akan mempunyai lebih banyak variasi makanan gulai yang mampu disajikan. Dengan begitu kita tidak perlu khawatir jikalau keluarga kita bosan dengan banyak sekali hidangan atau hidangan yang dihidangkan. Misalnya saja sesekali kita mampu menciptakan hidangan kejutan dengan menghidangkan makanan khas Padang tersebut. Yang jelas hidangan ini akan menjadi pelengkap banyak sekali hidangan yang sudah ada contohnya saja:



  1. Telur dadar khas padang

  2. Menu gulai banak

  3. Resep sate padang

  4. Gulai masin ikan tenggiri

  5. Resep makanan gulai masin ikan tongkol

  6. Sedap gurih si gulai masin

  7. Resep gulai tengiri

  8. Gulai ikan tenggiri

  9. Aneka gulai ikan

  10. Resep ikan gulai kuning

  11. Gulai ikan masin nanas


Pokoknya dijamin kita tidak akan kehabisan pandangan baru untuk hidangan apa yang akan kita masak hari ini dan juga hidangan apa yang akan kita hidangkan besok. Baiklah, kini langsung saja kita bersiap-siap untuk mencoba resep baru tersebut dengan panduan yang ada.


Bahan Gulai Masin Ikan Tongkol


Pertama akan kita siapkan bahan-bahan untuk menciptakan gulai ikan tongkol khas ini ialah ikan tongkol dan beberapa materi lain. bahan-bahan selengkapnya yaitu:


Bahan Dasar


  • 1 kg ikan tongkol

  • 2 buah jeruk nipis, ambil airnya

  • 750 cc santan dari 1 ½ butir kelapa

  • 10 buah cabai merah, belah dua, buang bijinya

  • 8 buah bawang merah, iris tipis

  • 3 siung bawang putih, iris

  • 2 batang serai, memarkan

  • 2 lembar daun salam

  • 2 lembar daun jeruk purut

  • 10 buah belimbing sayur (bisa diganti dengan tomat hijau)

  • 30 lembar daun ruku-ruku (bisa diganti dengan daun kemangi)


Bahan Bumbu halus


  • 2 cm jahe

  • 3 cm kunyit

  • 2 cm lengkuas (memarkan)

  • Garam secukupnya



Mempelajari hidangan baru tentu saja akan diawali dengan mempelajari banyak sekali materi dan bumbu yang akan kita masak. Untuk makanan gulai masin ikan tongkol ini materi dan bumbunya seperti terdapat dalam daftar di atas. Kalau sudah tidak ada yang galau kita mampu mulai mempelajari proses memasaknya.




Tips Trick Membuat Gulai Masin Ikan Tongkol


Memang akan sedkit berbeda rasanya jikalau kita menyantap hidangan khas ini dari dapur sendiri namun jikalau kita memang belum sempat mengunjungi tempat asal makanan ini tidak ada salahnya juga kita mencoba menciptakan hidangan ini dengan panduan yang akan saya sertakan. Yang ingin ikut mencoba yuk langsung kita simak tutorial menciptakan gulai masin ikan tongkol berikut:


  1. Pertama-tama siangi ikan, kemudian potong-potong berdasarkan selera. 

  2. Lumuri dengan air jeruk nipis dan garam, diamkan sementara.

  3. Setelah itu, campur jadi satu seluruh bumbu didalam panci, kecuali belimbing sayur dan daun ruku-ruku, masak sampai santan mendidih 

  4. Aduk-aduk agar santan tidak pecah

  5. Masukan potongan ikan dan belimbing sayur. 

  6. Tunggu sampai mendidih lagi, baru masukan daun ruku-ruku.

  7. Kecilkan api, masak terus sampai santannya agak berminyak.

  8. Angkat dan sajikan.




Dengan Resep Gulai Masin Ikan Tongkol ini maka makin kaya saja resep makanan Padang yang mampu kita olah selain gulai paku, gulai tunjang, dan juga gulai banak yang sudah kita coba bersama-sama. Jangan lupa, jikalau masih ada waktu sempatkan juga untuk melihat beberapa hidangan pilihan lain yang ada.


Belum ada Komentar untuk "Resep Gulai Masin Ikan Tongkol, Sajian Khas Padang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel