Cara Menciptakan Masakan Ringan Elok Tradisional Gemblong

Pernah menyantap Kue Tradisional Gemblong bukan, tahu bagaimana tutorial menciptakan kudapan manis khas tersebut? Kali ini kita akan nostalgia dengan sebuah menu kudapan manis tradisional yang mantap, legit, gurih yaitu kudapan manis gemblong. Kue yang terbuat dari tepung beras ketan ini rasanya lezat dan cocok untuk menu pendamping teh atau kopi. Anda ingin sanggup menciptakan sendiri kudapan manis tersebut?


Jenis kudapan manis khas daerah yang satu ini memang sudah sedikit ditinggal, bukan alasannya rasanya yang tidak lezat namun lebih alasannya gaya hidup yang mulai berubah. Jika anda pernah menyantap kudapan manis ini niscaya anda setuju bahwa kudapan manis ini rasanya tidak kalah dengan kudapan manis jaman sekarang. Masalahnya yakni kini orang lebih suka menciptakan kudapan manis modern yang terlihat lebih wah.


Tidak ada salahnya sebetulnya menyajikan kudapan manis ini di waktu-waktu tertentu, niscaya akan menjadi sebuah menu yang akan sangat dinikmati oleh anggota keluarga, apalagi alasannya jarang disajikan. Meski dengan rasa enak, gurih elok namun kudapan manis ini simpel untuk dibuat, bahan-bahannya pun tidak sulit untuk disiapkan. Anda yang ingin menyiapkan sendiri menu ini sanggup mengikuti panduan pada Resep Kue Gemblong yang akan diberikan di bawah ini.





Bahan Kue Gemblong



Jika anda ingin menciptakan kudapan manis tradisional ini maka pertama anda harus memiliki tepung ketan baik itu ketan hitam atau ketan putih biasa alasannya materi dasar kudapan manis tersebut yakni tepung ketan. Bagaimana dengan bahan-bahan lain, apakah banyak, apakah sulit untuk dicari?


Dari pada anda hanya bertanya-tanya saja lebih baik anda mulai siapkan semua materi yang dibutuhkan sesuai daftar berikut. Supaya mudah, pada daftar sudah disertakan takarannya sekaligus. Bisa anda siapkan sesuai daftarnya. Bahannya terdiri dari dua jenis yaitu materi dasar dan juga materi lapisan luar, selengkapnya di bawah ini.


Bahan dasar
– 150 gram tepung ketan hitam.


– 150 gram tepung ketan putih.

– 1 sendok teh garam.

– 150 gram kelapa parut memanjang.

– 1 sdt air jeruk nipis.

– 200 ml santan hangat dari ½ butir kelapa parut.

– Minyak goreng untuk menggoreng.


Bahan lapisan gula

– 75 gram gula pasir

– 2 sdm air.



Cara Membuat Kue Tradisional Gemblong


Ah, tidak usah takut, meski anda belum terbiasa menciptakan jenis kudapan manis daerah ini niscaya anda sanggup dengan simpel membuatnya apalagi sudah disediakan panduannya. Untuk menciptakan gemblong tersebut anda sanggup mengikuti langkah-langkah di bawah ini. 




  1. Campur tepung, garam kelapa parut, aduk rata.

  2. Tambahkan air jeruk nipis dan santan, aduk rata sampai sanggup dibentuk.

  3. Ambil 1 sdm adonan, dengan proteksi 1 lembar plastik, pulung campuran sampai berbentuk oval lakukan sampai campuran habis, sisihkan.

  4. Panaskan minyak hangat-hangat kuku,goreng campuran sampai matang dan mengapung, angkat dan tiriskan.

  5. Jerang gula dan air diatas api sedang sampai kental dan berbuih, masukkan gemblong goreng, aduk rata sampai permukaan tertutup gula sampai rata.

  6. Diamkan sampai gula mengeras angkat dan sajikan.




tahu



Jelas bukan panduan di atas. Nah, sekedar catatan saja, kalau tidak mau menggunakan tepung ketan hitam, ketan hitam sanggup diganti dengan tepung ketan putih semua. Semoga sehabis bersusah payah dan letih menciptakan kudapan manis tersebut rasa letih anda sanggup terobati dengan rasa gurih dan manisnya gemblong yang baru saja anda buat. Jangan lupa, anda sanggup mencoba beberapa kudapan manis khas lainnya di episode tanggapan goresan pena ini. Semoga Cara Membuat Kue Tradisional Gemblong bermanfaat bagi anda semua. Terima kasih!

Belum ada Komentar untuk "Cara Menciptakan Masakan Ringan Elok Tradisional Gemblong"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel