Efek Samping Makan Permen Karet Bagi Kesehatan

      Anda suka dengan permen karet? Jika ya anda perlu tau dan kenali apa pengaruh sampingnya jikalau kita mengunyah permen karet tersebut.Selain Untuk mengurangi stress, permen karet dipercaya sebagai pengganti rokok bagi para perokok dan Konon kebiasaan mengunyah permen karet mencegah otak menjadi lemot seolah-olah yang dilansir detik.forum. Lalu apa efek samping mengunyah permen karet bagi kesehatan ?



(c) Pixabay

1. Mengurangi makan buah


    Banyak orang percaya bahwa mengunyah permen karet bisa mengurangi rasa lapar dan porsi makan. Namun baru-baru ini sebuah studi yang dipublikasikan jurnal Eating Behaviors menawarkan meskipun makan permen karet tak menambah kalori yang dikonsumsi seseorang, tapi kebiasaan ini juga mengurangi asupan kuliner sehat (buah), terutama permen karet rasa mint. Rasa mint pada permen karet menyebabkan buah dan sayuran terasa pahit.Selain itu orang yang terbiasa mengunyah permen karet cenderung menyukai junk food.


2. Memicu nyeri pada rahang


    Mengunyah permen karet juga bisa menyebabkan munculnya tanda-tanda temporomandibular joint (TMJ), atau nyeri pada rahang final otot dan sendi yang menghubungkan rahang bawah dengan tengkorak terlalu sering digunakan.Parahnya kondisi ini sanggup menyebar hingga ke kepala dan leher sehingga menyebabkan sakit kepala, nyeri di telinga atau sakit gigi dari waktu ke waktu. Daripada mengunyah permen karet, ganti saja dengan apel yang tak hanya ringan untuk dikunyah tapi juga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.


3. Menyebabkan gangguan usus


   “Mengunyah permen karet bisa menyebabkan gangguan usus, terutama irritable bowel syndrome (IBS) lantaran yakni ialah kelebihan udara sanggup tertelan sehingga berkontribusi pada nyeri perut dan kembung yang menjadi salah satu tanda-tanda IBS,” jelas Dr Patrick Takahashi, kepala divisi gastroenterologi di St Vincent Medical Center LA.Lagipula pemanis buatan seolah-olah sorbitol dan mannitol yang terkandung dalam permen karet juga bisa menyebabkan diare pada orang-orang sehat sekalipun.


4. Merusak gigi


     Menghindari pemanis buatan tak melulu lantaran yakni ialah menyebabkan diabetes atau gangguan kesehatan lain, tapi Dr Don Atkins, dokter gigi dari Long Beach, California memperingatkan jikalau kebanyakan mengonsumsi pemanis buatan, seolah-olah yang terkandung pada permen karet, juga menciptakan gigi bermandikan gula dan menyebabkan kerusakan gigi.


5. Melepaskan merkuri ke dalam tubuh


      Ini berlaku untuk orang-orang berkawat gigi yang gemar makan permen karet. Perlu diketahui jikalau tambalan pada kawat gigi terbuat dari kombinasi antara perak, merkuri dan timah. Gawatnya, mengunyah permen karet bisa melepaskan merkuri dari tambalan itu ke dalam tubuh.


    Padahal kadar merkuri yang tinggi dalam tubuh bisa menyebabkan gangguan neurologis seolah-olah penyakit kronis dan gangguan mental. Beruntung berdasarkan Takahashi, jikalau merkurinya tak banyak maka ini takkan berbahaya bagi tubuh.

Belum ada Komentar untuk "Efek Samping Makan Permen Karet Bagi Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel