Belajar Menciptakan Cenil, Jajanan Pasar Yang Enak

Kue khas daerah, itulah yang akan kita coba kali ini. Ya, kali ini kita akan berguru menciptakan jajan pasar yakni camilan manis cenil. Jajanan camilan manis cenil ini yakni salah satu camilan manis tradisional yang sudah sangat terkenal, rasanya lezat dan tentunya khas sekali. Meski termasuk masakan tradisional namun dari segi rasa camilan manis yang satu ini tetap mampu di berkelahi dengan camilan manis modern, tidak percaya, anda mampu berguru membuatnya sendiri untuk membuktikannya.


Tak jelaskan sedikit mengenai camilan manis cenil ini ya, cenil ini yakni salah satu jajanan tradisional yang terbuat dari pati singkong. Cenil ini banyak dikenal di berbagai tempat di Indonesia, meski begitu jenis jajanan ini tidak mampu dijumpai di sembarang tempat, biasanya camilan manis ini dijual di pasar-pasar tradisional. Kue ini biasanya disajikan dengan taburan parutan kelapa dan juga gula, kenyal gurih dan manis, anda harus mencobanya sendiri deh. 


Untuk asalnya, saya sendiri sedikit tidak terperinci mengenai asal tempat camilan manis cenil. Dari beberapa sumber disebutkan bahwa asal camilan manis cenil yakni dari tempat jawa barat dan jawa timur, tapi sudahlah tak usah di bahas lebih lanjut. Yang terpenting dari pembahasan ini yakni kita akan menciptakan satu camilan manis khas tempat yang lezat yakni jajanan pasar cenil. Untuk menciptakan jajan pasar ini tidak sulit, bahan-bahan yang diharapkan juga tidak banyak. Jika anda berminat anda mampu berguru dengan panduan yang akan diberikan disini.


Bahan – Bahan Jajanan Kue Cenil


Di atas sudah dijelaskan bahwa jajanan ini dibuat dengan materi dasar pati singkong, nah kini alasannya yakni yakni yakni kita akan berguru membuatnya maka kita akan menyiapkan semua materi yang dibutuhkan. Tidak banyak dan mudah untuk disiapkan, bagi yang ingin ikutan mampu eksklusif menyiapkan bahan-bahan tersebut sesuai daftar di bawah ini.



  • 275 gram tepung sagu. 

  • 100 ml air mendidih (nambahin sampe 200 ml). 

  • ½ butir kelapa agak muda, parut. 

  • ¼ sendok teh garam. 

  • 100 gram gula pasir yang halus butirannya. 

  • Pewarna merah dan hijau. 


Sedikit bukan bahan-bahan yang harus kita siapkan. Karena sedikit niscaya anda tidak akan sulit untuk mendapatkannya. Sekarang kalau anda sudah siap kita akan lanjutkan Resep Jananan Pasar Cenil ini ke langkah selanjutnya yakni proses pembuatan. Caranya mampu anda pelajari dari uraian di bawah ini.


Cara Membuat Cenil, Jajanan Pasar yang Enak


Sudah, tidak usah ragu-ragu, untuk menciptakan camilan manis cenil ini anda tidak akan kesulitan kok, kalau takut salah anda mampu mempelajari langkah-langkahnya terlebih dahulu baru sesudah itu mencobanya sendiri. Yakin tidak sulit, kalau sudah siap dengan materi yang diharapkan anda mampu mulai dengan mengikuti langkah berikut.



  1. 1 sdm tepung sagu cairkan dengan 2 sdm air hambar terus tuang ke air mendidih

  2. Angkat dari api dan aduk sampai kental

  3. Masukkan sisa tepung dan aduk dengan tangan sampai mampu dibentuk

  4. Bagi gabungan jadi 3 bagian, diberi pewarna merah

  5. Panaskan 2 ltr air sambil bentuk adonan

  6. Rebus gabungan dan angkat bila sudah mengapung kemudian tiriskan

  7. Gulingkan diatas kelapa parut, tata diatas piring saji dan tabur dengan gula


Bagaimana, cukup mudah bukan untuk menciptakan jajan cenil sendiri? Sekarang anda sudah mempunyai satu ide camilan manis tempat yang mampu anda sajikan untuk keluarga tercinta di rumah. Sesekali disajikan niscaya akan menjadi kejutan yang ditunggu oleh keluarga. Eh iya, kalau anda menciptakan cenil, kelapa dan garam dicampur, bungkus dengan daun pisang dan kukus selama 10 menit semoga tidak cepat basi. 


kali


Jajanan ini mampu anda sajikan saat-saat tertentu contohnya ketika tamat pekan sebagai menu kejutan bagi keluarga. Lumayan bukan, kalau disajikan camilan manis modern terus mungkin akan bosan maka dari itu mampu di selingi dengan jajanan tradisional. 

Belum ada Komentar untuk "Belajar Menciptakan Cenil, Jajanan Pasar Yang Enak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel