Masakan Manuk Masak Bahandang Kalimantan Tengah

Masakan Manuk Masak Bahandang Kalimantan Tengah – Dalam kehidupan sehari-hari bahwasanya berbagai jenis makanan atau sajian yang biasa di hidangkan. Salah satu sajian makanan tersebut contohnya yang disajikan pada acara-acara khusus atau kegiatan tertentu contohnya pernikahan, ulang tahun dan lain sebagainya. Kali ini kita bukan hendak berguru sajian resepsi komitmen nikah namun kita akan mencoba sebuah makanan yang biasa disajikan pada kegiatan kematian. 

Nama makanan yang akan kita coba ini yaitu “Manuk Masak Bahandang”. Masakan ini yaitu salah satu makanan khas daerah yang berasal dari Kalimantan Tengah dan disajikan khusus dalam kegiatan kematian. Meski disajikan pada kegiatan seakan-akan itu namun bukan berarti makanan ini tidak layak untuk di coba lho, namanya juga makanan niscaya akan mengundang selera makan. 


Masakan daerah ini yaitu sebuah makanan yang terbuat dari materi dasar daging ayam. Hampir seakan-akan dengan “ingkung” yang disajikan sebagian masyarakat jawa pada kegiatan kenduri, bedanya Masakan Manuk Masak Bahandang ini dibalut dengan bumbu yang berbeda.


Jika anda bukan berasal dari Kalimantan Tengah dan belum pernah mengenal jenis makanan ini maka anda sanggup berguru memasak sendiri makanan ini dengan panduan dari Resep Manuk Masak Bahandang yang akan segera di berikan. Pada resep ini anda akan dipandu mulai dari menyiapkan bahan, bumbu sampai dengan proses memasaknya. Mau ikutan?


Bahan dan Bumbu Manuk Masak Bahandang Kalteng


Pertama-tama untuk menciptakan sajian ini kita tentu akan menyiapkan alat, materi serta aneka macam bumbu yang dibutuhkan. Untuk alat, yang akan kita gunakan yaitu alat masak seakan-akan biasa yang kita pakai. Lalu bagaimana dengan materi dan bumbunya? Jangan khawatir, daftar materi dan bumbu sudah disiapkan, anda tinggal mencarinya sesuai daftar tersbut. Berikut dibawah ini merupakan bahan-bahan dan bumbu yang harus disiapkan.



Bahan-bahan

– ½ ekor ayam

– 1 butir jeruk nipis, ambil airnya

– Minyak untuk menggoreng

– 2 mata asam jawa

– 2 sdm kecap manis

– 1 sdm irisan gula merah

– 200 ml santan dari ¼ butir kelapa

– 2 batang daun bawang, potong-potong

Setelah bahan-bahan yang dibutuhkan di atas masih ada materi bumbu halus yang harus kita siapkan. Bahan-bahan untuk bumbu halus tersebut yaitu sebagai berikut.



Bumbu Halus

– 6 siung bawang merah

– 4 siung bawang putih

– 2 cm kencur

– 3 cm jahe

– 2 cm kunyit

– 1 ½ sdt garam

– 3 buah cabe merah besar, iris serong



Tutorial Membuat Masakan Manuk Masak Bahandang



Sudah disiapkan materi dan bumbunya? Kalau sudah ya silahkan langsung dimasak saja, nunggu apa lagi? Hems…tentu bagi anda yang belum pernah menciptakan makanan ini perlu panduannya. Tenang, untuk menciptakan makanan khas Kalimantan ini silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut ini:



  1. Potong-potong ayam, lumuri dengan air jeruk nipis.

  2. Goreng ayam dalam minyak panas sampai kekuningan, angkat.

  3. Panaskan sedikit minyak sisa menggoreng ayam, tumis bumbu halus sampai harum dan matang.

  4. Masukkan ayam, cabe merah, asam, kecap manis, dan gula merah.

  5. Aduk rata dan beri santan.

  6. Masak sampai ayam empuk dan santan mulai habis.

  7. Masukkan daun bawang, aduk sampai daun bawang layu. 

  8. Angkat 





Masakan


Cukup praktis bukan, tinggal menyiapkan materi dan bumbu yang dibutuhkan, goreng ayamnya, tumis bumbunya dan masukkan ayam yang telah digoreng, angkat. Anda niscaya sanggup dengan praktis mengikuti panduan memasak ini di rumah masing-masing.


Jika anda sudah mencoba Masakan Manuk Masak Bahandang ini maka tidak ada salahnya jikalau anda mencoba juga beberapa sajian makanan lain dari daerah Kal-Teng ini. Bisa anda pilih sajian yang anda suka di kepingan simpulan tabrakan pena ini.


Jangan lupa, anda sanggup mencatat alamat website ini untuk aksesori referensi resep makanan dan juga untuk mencari aneka macam inspirasi sajian yang akan disajikan untuk keluarga. Itu saja, silahkan dicoba!


Belum ada Komentar untuk "Masakan Manuk Masak Bahandang Kalimantan Tengah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel