Menghilangkan Bekas Gosong Alat Masak

Cara Praktis Menghilangkan Bekas Gosong pada Alat Masak – pengalaman terburuk dikala belajar memasak yakni menyaksikan kuliner kita hangus terbakar alias gosong. Karena gosong kerugian kita bukan hanya pada kuliner yang tidak jadi namun juga kerusakan alat masak yang digunakan. Bisa saja, alat masak yang dipakai jadi jelek, atau bahkan tidak sanggup digunakan.


Untuk menghindari kasus alat masak gosong ini tentu dalam memasak kita harus berhati-hati. Lalu bagaimana jikalau sudah terlanjur gosong dan meninggalkan bekas pada alat masak yang kita gunakan? Tenang, masih ada solusi untuk mengatasi hal itu, terutama jikalau alat masak kita tidak rusak. Ada beberapa tutorial yang sanggup dipakai untuk menghilangkan bekas gosong pada alat masak tersebut.


Penyebab Gosong pada Masakan dan Alat Masak


Penyebab terjadi gosong dikala memasak sebenarnya hanya terjadi lantaran keteledoran kita. Biasanya gosong disebabkan lantaran kita tidak fokus dikala memasak. Untuk menghindari semoga masak tidak gosong tutorial yang sanggup kita lakukan sebenarnya sederhana yaitu:
1. Saat sedang masak, jangan ditinggal
2. Perhatikan besar api yang digunakan
3. Ukur usang masak


Yang pertama, yang paling sering menimbulkan gosong yakni lantaran dikala memasak kita juga sibuk dengan urusan lain sehingga kuliner harus ditinggal-tinggal, hal inilah yang menciptakan gosong. Karena itu jikalau anda tidak ingin kuliner anda gosong dan meninggalkan noda pada alat masak maka jangan tinggal kuliner yang sedang dimasak.


Selain itu perhatikan juga api yang digunakan, kecilkan api jikalau memang anda harus meninggalkan kuliner yang sedang dimasak tersebut, namun tetap usahakan jangan meninggalkan kompor dalam keadaan hidup meski apinya kecil. Agar terhindari dari gosong maka perhatikan juga usang memasak. Misalnya, untuk mengukus kuliner yang sedang dibentuk anda harus menghabiskan berapa lama?


Beberapa penyebab kuliner gosong di atas sanggup anda hindari semoga anda tidak perlu repot menerima kasus dengan alat masak yang bernoda hitam lantaran gosong. Apabila sudah terlanjur dan anda mempunyai alat masak dengan noda gosong maka anda sanggup memakai tips menghilangkan noda gosong pada alat masak yang akan diberikan di adegan bawah.




Cara Menghilangkan Bekas Gosong Alat Masak



Anda yang mempunyai alat masak yang kondisinya tidak karuan lantaran bekas gosong sanggup mengatasinya dengan beberapa teknik berikut. Anda tahu “baking soda” bukan, nah untuk menghilangkan noda gosong tersebut anda sanggup memakai baking soda sebagai bahan pembersih untuk mengangkat noda gosong yang melekat.


Lalu bagaimana tutorial memakai baking soda untuk menghilangkan noda pada perabotan masak tersebut? Ada beberapa teknik penerapan yang sanggup dilakukan memakai bahan ini. Semua teknik memakai baking soda tersebut disesuaikan dengan tingkat keparahan noda yang menempel. Anda sanggup menerapkannya pada aneka macam alat masak menyerupai gosong pada panci, wajan (penggorengan) gosong dan lain sebagainya. Untuk langkah-langkahnya silahkan perhatikan uraian berikut!


Langkah pertama


Campurkan baking soda dan air hingga menjadi pasta kental kemudian oleskan pada adegan kerak atau gosong kemudian biarkan beberapa jam atau seharian, masukan campuran air dan cuka dengan perbandingan 3:1 kemudian panaskan selama kurang lebih sepuluh menit dan biarkan selama seharian kemudian bilas hingga bersih.


Langkah kedua

Rendam panci atau wajan yang lengket sesudah memasak dengan air soda (air yang diberi baking soda) selama beberapa jam tergantung dari banyak dan tebalnya kerak, kemudian cuci hingga bersih.


Langkah ketiga

Isi wajan dengan air dan beri cuka secukupnya 3:1 (beri cuka lebih banyak jikalau kerak gosong cukup luas) kemudian masak hingga mendidih, angkat kemudian tambahkan baking soda dan biarkan hingga terbentuk gelembung soda, biarkan beberapa menit kemudian gosok hingga bersih.


Jika kerak gosong sesudah memasak tidak terlalu tebal, taburkan baking soda kemudian gosok hingga higienis kemudian bilas dengan memakai air panas.


Cara

Image credit: creative common (runran)


Bisa kita lihat bahwa menghilangkan bekas gosong alat masak memakai baking soda ternyata simpel dan tidak begitu sulit. Tentu anda sanggup mencobanya sendiri di rumah. Meski simpel namun semoga saja, mudah-mudahan anda tidak akan pernah mencoba tips ini lantaran tidak ada satupun alat masak atau perkakas dapur anda yang gosong. 



Belum ada Komentar untuk "Menghilangkan Bekas Gosong Alat Masak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel