Resep Wajik, Kuliner Ringan Elok Jajan Pasar Tradisional

Supaya tak kehilangan cita rasa, mari mencoba Resep Wajik, Kue Jajan Pasar Tradisional yang sudah usang kita kenal kelezatannya. Kue yang populer dengan rasa legit ini biasa dijumpai dalam acara-acara syukuran contohnya saja pernikahan, kenduri dan lain sebagainya. Kue khas nusantara ini dibentuk dengan memakai materi dasar beras ketan dengan adonan gula merah dan santan.


Tekstur dari kuliner ringan elok ini sedikit kenyal, tidak begitu lembut seakan-akan roti namun ada kesan bulir-bulir yang gurih dan lezat. Kue ini mempunyai warna coklat anyir tanah yang cenderung gelap berasal dari warna gula merah yang digunakannya.


Apakah anda ingin mencoba membuat Kue Wajik sendiri di rumah? Tidak perlu khawatir, kuliner ringan elok ini termasuk cukup praktis dibuat, bahan-bahan yang dipakai pun cenderung praktis di dapat. Untuk anda yang suka dengan rasa elok kuliner ringan elok ini cocok sekali untuk menu kala kalem di rumah bersama keluarga.


Bahan-Bahan Kue Wajik
Seperti yang sudah di singgung di kepingan awal, kuliner khas kawasan ini terbuat dari beras ketan sebagai materi utamanya. Selain itu tentu ada bahan-bahan lain yang dibutuhkan. Untuk materi tersebut mampu disiapkan sesuai dengan daftar yang ada di bawah ini.



  • 600 gram beras ketan

  • 200 ml air mendidih

  • 250 gram gula merah, disisir halus

  • 600 ml santan dari 1 1/4 butir kelapa

  • 2 lembar daun pandan

  • 1/2 sendok teh garam 



Cara Membuat Kue Wajik
Inti dari proses pembuatan kuliner ringan elok ini sebenarnya hanya memasak ketan dan mengaduknya dengan adonan gula dan santan. Agar lebih jelas, yang ingin menciptakan sendiri jajanan pasar ini mampu mengikuti langkah yang dijelaskan dalam resep kue di bawah ini.


1. Kukus beras ketan selama 20 menit. Angkat kemudian siram dengan air mendidih, diamkan hingga terserap.
2. Kukus ketan selama 30 menit.
3. Sementara itu masak gula, santan, garam, dan daun pandan sambil diaduk hingga kental.
4. Masukkan ketan kemudian aduk hingga terserap dan berminyak.
5. Tuang ke atas daun pisang kemudian ratakan.
6. Setelah dingin, dipotong-potong dan sajikan untuk 15 potong.


Tidak sulit ya, pastinya anda mampu membuatnya sendiri di rumah. Rasa kuliner ringan elok ini cukup yummy dan menggugah selera, kita mampu menyajikannya sebagai selingan untuk jajanan yang biasa kita siapkan untuk keluarga tercinta.



Kue


Kalau sudah mencoba menciptakan sendiri kuliner ringan elok tradisional ini dengan panduan Resep Wajik, Kue Jajan Pasar Tradisional di atas silahkan coba juga beberapa menu tradisional lain yang juga tak kalah mantap. Ada kuliner ringan elok – kuliner ringan elok yang mampu dipilih sesuai selera.



Belum ada Komentar untuk "Resep Wajik, Kuliner Ringan Elok Jajan Pasar Tradisional"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel