Mengintip Proses Produksi Infinix Hot S3

bukaanProses pembuatan ponsel Infinix (Foto: Muhamad Imron Rosyadi/CalonPedia)

CalonPedia Jakarta – Produsen ponsel asal Hong Kong, Infinix, menetapkan untuk berani buka-bukaan mengenai proses pembuatan salah satu ponsel andalannya, yaitu Hot S3, yang produksinya dijalankan eksklusif di Indonesia.


Infinix gres saja menunjuk PT Adi Reka Mandiri (ARM) sebagai vendor lokal yang akan merakit salah satu smartphone andalannya, yaitu Hot S3 X573. Untuk itu, produsen ponsel asal Hong Kong ini membuka kesempatan bagi para media dan influencer dalam mengunjungi pabrik milik ARM.











bukaanPabrik ponsel Infinix berlokasi di Cikarang (Foto: Muhamad Imron Rosyadi/CalonPedia)




Khusus untuk jadwal tersebut, pihak ARM meliburkan dua dari empat lini produksi yang sudah bisa beroperasi. Rencananya, akan ada delapan lini yang bisa berjalan ke depannya. Selain itu, laju produksi pun disesuaikan supaya bisa didokumentasikan dengan baik.


Di dalam pabrik yang bertempat di Cikarang itu, CalonPedia berkesempatan untuk melihat secara eksklusif proses pembuatan Hot S3. Demi alasan keamanan, setiap pengunjung harus mengenakan pakaian khusus dan dihentikan menyentuh apa pun tanpa mengenakan sarung tangan yang telah disediakan.










Baca juga: Smartphone Infinix Kini Diproduksi di Indonesia



Pada proses produksi awal, pemasangan setiap bagian, mulai dari kamera, speaker, hingga tombol-tombol di bodi ponsel tersebut dilakukan eksklusif oleh tangan manusia. Sejumlah tes terhadap audio dan fungsi lain Hot S3 pun juga dikerjakan oleh para pekerja yang berjumlah sekitar 40 orang tiap lini produksi.


Meski begitu, bukan berarti pembuatan Hot S3 tidak menggunakan mesin sama sekali. Masih terdapat sejumlah mesin sederhana untuk membantu para pekerja seolah-olah dalam mencetak serta menyelidiki label IMEI.











bukaanDeretan tes dilakukan untuk menguji ketahanan ponsel (Foto: Muhamad Imron Rosyadi/CalonPedia)




Lalu, pasca semua pecahan akibat dipasang, maka ponsel tersebut akan ‘berhadapan’ dengan mesin yang lebih canggih. Laboratorium Office of Quality Assurance (OQA) yaitu ruangan yang menyimpan sejumlah mesin tersebut.


Di dalam ruangan tersebut, Hot S3 akan melewati vibration test. Dalam tes ini, ponsel tersebut akan diguncangkan oleh mesin dengan cukup kencang selama kurang lebih satu jam.










Baca juga: Infinix Ikutan Bikin Ponsel Mirip iPhone X



Setelahnya, ponsel tersebut akan diisi dayanya terus menerus sekitar tujuh jam lamanya, sembari menjalankan aneka macam aplikasi. Kemudian, Hot S3 akan ‘dipanggang’ selama kurang lebih 98 jam.


Deretan tes tersebut dilakukan untuk menguji ketahanan Hot S3 dalam menghadapi aneka macam situasi, seolah-olah guncangan dan panas sekaligus performa dari ponsel itu sendiri. Setelah semua ujian akibat dilewati, serta memastikan semua fungsi berjalan baim, barulah Hot S3 masuk ke proses pengemasan yang dilakukan oleh tangan manusia.


Dengan sumber daya yang dimilikinya ketika ini, ARM bisa memproduksi 700 unit Hot S3 per shift tiap harinya. Satu shift sendiri berkisar selama 7,5 jam sehari, dengan tiap pekerja bekerja selama 22 hari per bulan.











bukaanPemasangan setiap pecahan ponsel dilakukan eksklusif oleh tangan insan (Foto: Muhamad Imron Rosyadi/CalonPedia)




Berdasarkan keterangan dari Indramawan, RD Manager ARM, pabrik dari perusahaan manufaktur tersebut bisa menjalani dua hingga tiga shift dalam sehari, dengan menyesuaikan kebutuhan Infinix.


Selain Infinix, ARM juga bertanggung jawab dalam memproduksi ponsel dari vendor lain, seolah-olah LG, BlackBerry, Smartfren, hingga Leagoo. Lalu, mereka juga berkolaborasi dengan perusahaan teknologi lain seolah-olah ZTE dan TCL.


Diperkirakan, jikalau keseluruhan delapan lini produksi bisa beroperasi nanti, ARM akan bisa membuat sekitar 528 ribu unit produk tiap bulannya. Angka tersebut berdasarkan perhitungan jikalau ARM menjalankan dua shift setiap harinya.





Belum ada Komentar untuk "Mengintip Proses Produksi Infinix Hot S3"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel