Cara Menciptakan Tempe Mendoan Crispy Dan Resep Bumbu Tempe Purwokerto

Tempe mendoan ialah salah satu resep tempe goreng tepung tradisional yang berasal dari daerah Purwokerto Banyumas. Dinamakan mendoan alasannya ialah adalah memang tempe yang dimasak ini biasanya dimasak setengah matang atau orang daerah Banyumas menyebutnya mendo. Selain mendo atau setengah matang, sesungguhnya kita juga mampu menciptakan resep tempe mendoan crispy. Tutorial menciptakan tempe mendoan crispy hampir sama dengan yang versi setengah matang, cuma biasanya digoreng lebih kering sehingga rasa dan teksturnya lebih crispy dan garing. Bumbu tempe mendoan Purwokerto Banyumas yang digunakan untuk menciptakan kedua versi tersebut hampir sama. Paling hanya berbeda sedikit atau mampu juga disamakan. Tergantung selera saja sebenarnya. Selain gethuk goreng, soto sokaraja, keripik tempe dan makanan khas Purwokerto lainnya, tempe medoan ini juga wajib untuk dicoba ketika sobat teman berkunjung atau melewati daerah Banyumas tersebut.


Selain memakai bahan dasar tempe yang di lumuri dengan bumbu tempe mendoan spesial, sesungguhnya ada juga versi mendoan yang mampu kita cicipi di daerah Jawa tengah tersebut. Ya, selain resep tempe mendoan yang memang sudah cukup banyak dikenal masyarakat, sesungguhnya kita juga mampu menciptakan tahu mendoan. Sama mirip tempe goreng tepung nya, tahu yang digoreng ini juga dilumuri dengan bumbu mendoan yang diberi dengan rajangan daun bawang atau daun kucai. Mau mendo setengah matang atau crispy tergantung selera masing masing. Tutorial menciptakan tempe mendoan atau tahu mendoan juga sama persis kok. Bumbu yang digunakan juga sangat sederhana dan gampang tutorial memasaknya. Kaprikornus jikalau sudah bosan dengan tempe kita mampu menciptakan tahu mendoan dengan gampang di rumah degan memakai resep mendoan yang akan kita berikan di bawah.


Seperti juga resep cemilan tradisional lainnya, bahan dan tutorial menciptakan tempe mendoan ini sesungguhnya sangat mudah, sederhana dan sangat praktis. Tetapi walaupun begitu, tetap saja untuk menciptakan resep tempe mendoan seenak dan selezat resep orisinil dari Purwokerto harus memperhatikan beberapa hal. Pertama tentu saja tutorial menciptakan bumbu tempe mendoan nya harus pas dosis bahan dan garam yang digunakan. Kedua untuk menerima rasa khas orisinil tempe, bahan utama yang digunakan sebaiknya memakai tempe mendoan yang orisinil yang dibungkus dengan daun pisang. Biasanya sih satu bungkus berisi 3 sampai 4 tempe mendoan. Ketebalan tempe ini pas sekali jikalau dibalut dan dilumuri dengan tepung bumbu mendoan. Tips resep mendoan dan tutorial menciptakan tempe mendoan orisinil mampu dilihat dibawah ya.


Tips Tutorial Membuat Tempe Mendoan Sederhana Tetapi Enak dan Selezat Asli Purwokerto


Minyak goreng sebaiknya baru atau masih mengagumkan dan agak banyak dan memakai wajan dengan diameter agak besar.

Tempe yang digunakan sebaiknya tempe daun mendoan supaya pas tingkat ketebalannya. Tetapi jikalau tidak ada mampu juga memakai tempe persegi panjang asal pas ketebalannya ketika mengirisnya.

Adonan tepung bumbu mendoan jangan terlalu encer atau terlalu kental ya. Cukup saja sehingga nanti gurih dan renyahnya pas.

Tepung terigu yang digunakan untuk menciptakan gabungan resep mendoan pilih yang kadar proteinnya rendah atau sedang atau yang biasa digunakan untuk menciptakan gorengan. Jangan memakai tepung protein tinggi alasannya ialah adalah nanti agak keras dan alot jikalau tempenya sudah dingin.

Supaya lebih renyah dan crispy, selain tepung terigu mampu juga ditambahkan sedikit tepung tapioka, tepung maizena atau mampu juga memakai sedikit tepung beras.

Daun bawang atau daun kucai sebaiknya tidak di rajang atau diiris terlalu besar.


Pada umumnya, resep tempe mendoan memang biasanya hanya digunakan untuk cemilan ketika pagi, sore atau sekedar sobat nonton televisi. Bersama dengan cabe rawit lalapan atau sambal kecap, cemilan ini memang enak dan enak sekali. Tetapi jikalau mau, resep tempe goreng tepung ini enak juga lho untuk dijadikan sebagai lauk bersama dengan nasi putih dan resep sayur lodeh yang legit. Tetapi memang yang digunakan sebagai lauk bukan tempe yang mendo atau setengah matang. Tetapi resep tempe mendoan crispy atau yang matang dan kering. Soalnya jikalau yang mendo hanya enak disantap ketika kondisinya masih panas atau hangat sehingga masih empuk dan lezat. Kalau sudah hambar yang mendo memang sangat lembek dan kurang enak. Beda dengan yang kering crispy dan matang. Biasanya masih mampu bertahan agak usang dan tetap enak walaupun kondisinya sudah agak dingin.


Bahan Resep Tempe Mendoan Purwokerto


Tempe mendoan satu bungkus yang berisi kurang lebih 4 potong tempe.

Tepung terigu protein sedang atau rendah kurang lebih sebanyak 4 sendok makan munjung ya. Bisa ditambahkan atau dikurangi sesuai dengan kekentalan yang diinginkan.

Daun bawang atau daun kucai segar secukupnya. Cuci higienis kemudian rajang dan iris iris kecil.

Tepung tapioka sedikit saja supaya lebih gurih atau kurang lebih sebanyak 0.5 sendok kecil saja.

Air hambar secukupnya untuk gabungan adonannya.

Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng tempe mendoan nya.





Bumbu Tempe Mendoan



  • Bahan utamma bumbu resep mendoan ialah bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 3 siung saja.

  • Kencur sedikit saja atau kurang lebih sepanjang 1 cm saja.

  • Ketumbar kurang lebih sebanyak 0.5 sendok kecil saja.

  • Garam dapur beryodium secukupnya atau kurang lebih sebanyak setengah sendk kecil saja.

  • Kaldu debu instan rasa ayam sedikit saja jikalau suka. Bisa dihilangkan jikalau tidak suka.


Cara Membuat Tempe Mendoan Asli Purwokerto Banyumas




  • Pertama haluskan dan uleg bumbu tempe mendoan yang sudah dipersiapkan sampai halus dan rata.

  • Ambil wadah kemudian masukkan bumbu mendoan diatas.

  • Masukkan tepung terigu dan tepung tapiokanya kemudian aduk sampai rata.

  • Tuang air hambar kemudian aduk-aduk sampai rata dan didapat tingkat kekentalan sedang.

  • Tuang irisan daun bawang atau daun kucainya kemudian aduk sampai rata.

  • Panaskan kompor dengan minyak cukup banyak dan tunggu sampai panas.

  • Sambil menunggu minyak panas, celupkan dan biarkan tempe yang akan di goreng didalam gabungan tepung mendoan.

  • Masukkan tempe yang sudah dibalut tepung kedalam minyak goreng secukupnya.

  • Masak sebentar atau sampai pecahan bawah tempenya agak kering kemudian balik dan segera angkat jikalau sudah berubah warna dan agak matang.

  • Tiriskan sebentar atau mampu juga diletakkan di atas tisu supaya minyaknya cepet meresap.

  • Kalau gabungan tepung mendoannya masih tersisa mampu digoreng juga dengan tutorial sedikit disendok kemudian dituangkan pelan pelan supaya membentuk remah remah crispy.


Resep tutorial menciptakan sambal kecap mendoan




  • Buah cabe rawit merah dan hijau secukupnya atau kurang lebih sebanyak 6 sampai 8 pcs.

  • Garam dapur beryodium sedikit saja sesuai selera.

  • Kecap bagus secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 2 sendok makan.

  • Cara membuatnya pertama iris buah cabe merah dan hijau kemudian campurkan dengan kecap bagus dan sedikit garamm dapur beryodiumnya.


Bagaimana, ternyata tutorial menciptakan tempe mendoan orisinil Purwokerto tidak terlalu sulit bukan. Hasilnya tidak kalah enak dan enak bukan jikalau dibandingkan dengan resep tempe mendoan yang banyak di jual di daerah aslinya.


Belum ada Komentar untuk "Cara Menciptakan Tempe Mendoan Crispy Dan Resep Bumbu Tempe Purwokerto"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel