Resep Dan Tips Trick Menciptakan Kuliner Gulai Ikan Mas Tanpa Santan Yang Enak, Istimewa Dan Sedap

Lezat dan nikmat itulah hidangan gulai ikan mas tanpa santan.


Hidangan ini cocok sekali dijadikan hidangan utama untuk santapan keluarga. Nah, biar anda sanggup menyajikan hidangan ini dirumah dengan mudah, maka kita simak resep berikut ini.


Jumlah Porsi


2 Porsi


Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Masakan Gulai Ikan Mas Tanpa Santan yang Enak, Spesial dan Sedap





Bahan Utama Ikan Mas:


2 ekor ikan mas

1 buah tomat merah, iris tipis

500 ml air

5 butir belimbing wuluh, potong-potong

2 sendok makan goreng


Bumbu Ikan yang Dihaluskan:


1/2 ruas kunyit

3 butir bawang merah

5 butir cabe rawit

2 butir bawang putih

1 ruas jahe


Bumbu Ikan yang Lainnya:


1 sendok teh garam

5 lembar daun jeruk purut

3 lembar daun salam

1/4 sendok teh kaldu bubuk

2 sendok teh gula pasir


Cara Membuat Masakan Gulai Ikan Mas Tanpa Santan yang Enak, Spesial dan Sedap



Cara Membersihkan Ikan Mas Sebelum Dimasak Dibumbui:



  1. Langkah pertama yang sanggup dilakukan terlebih dahulu untuk langkah kali ini yaitu dengan membersihkan materi utama dan bahan-bahan lainnya. Untuk membersihkan bahan-bahan tersebut anda sanggup mencucinya dengan memakai air bersih. Hanya saja, untuk membersihkan ikan nila ada beberapa potongan ikan yang harus dibersihkan. Nah, untuk mengetahui lebih dalam bagaimana membersihkan ikan nila, kita simak dilangkah selanjutnya.

  2. Untuk membersihkan ikan nila, yang pertama kita lakukan dengan membersihkan sisik ikan sampai bersih. Untuk melakukannya, anda sanggup memakai sendok atau pisau dengan arah menyisik beralwanan dari arah sisik yakni dari potongan ekor ikan kearah kepala.

  3. Setelah sisik ikan dibersihkan, selanjutnya lakukan dengan membersihkan insang ikan. Caranya, silahkan buka sedikit potongan kepala ikan dan ambil insang ikan dengan memakai tangan kemudian buang insang ikan.

  4. Kemudian, bersihkan pula isi perut ikan. Caranya, belah perut ikan dan ambil isi perutnya, kemudian keluarkan dan bersihkan potongan dalamnya sampai higienis sampai dipastikan tidak ada kotoran yang masih tersisa dibagian dalamnya.

  5. Apabila semua bagain ikan sudah dibersihkan secara merata, kini kita potong ikan menjadi tiga bagian, yakni potongan ekor, tengah dan dibagian kepala.

  6. Setelah selesai, angkat ikan dari daerah cucian dan berikan lumuran garam beserta dengan air jeruk nipis guna menghilangkan amis kedaluwarsa yang masih menempel pada ikan. Setelah itu, diamkan sementara biar bumbu ini meresap kedalamnya dengan sempurna.



Cara Membuat Bumbu Gula Iian Mas Tanpa Santan:



  1. Pertama, kita siapkan wajan diatas kompor yang menyala, dan tuangkan minyak kedalam wajan tersebut kemudian tunggu sampai minyak panas secara merata.

  2. Setelah minyak panas, silahkan masukkan bumbu halus dan tumis bumbu sampai tercium amis harum yang sedap dan nikmat, sesudah itu masukkan daun jeruk dan daun salam. Lalu aduk-aduk sampai bumbu layu dan matang.

  3. Setelah tumisan bumbu layu, masukkan air, gula, kaldu bubuk dan garam. Lalu aduk-aduk merata sampai kuah tumisan mendidih secara merata.

  4. Jika kuah sudah mendidih, selanjutnya masukan ikan nila yang sudah dipersiapkan kedalamnya. Aduk-aduk merata dan cicipi bumbu sampai terasa pas secara merata.

  5. Setelah itu, masukkan potonagn tomat kedalamnya, aduk-aduk sebentar sampai tomat menjadi lebih layu.


Jika hidangan ini sudah matang, anda sanggup mengangkatnya dari rebusan dan sajikan kedalam mangkuk saji. Untuk mempercantik penampilannya, anda sanggup menambahkan potongan cabe dan taburan bawang goreng diatasnya. Hidangan ini akan terasa lebih nikmat dan lebih enak jikalau disajikan selagi masih hangat. Demikian resep dan tutorial menciptakan hidangan gulai ikan mas tanpa santan yang enak dan sedap.


Belum ada Komentar untuk "Resep Dan Tips Trick Menciptakan Kuliner Gulai Ikan Mas Tanpa Santan Yang Enak, Istimewa Dan Sedap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel