Cara Mempercepat Koneksi Internet Wifi Paling Efektif (100% Berhasil)

Hallo semuanya ! Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan tips bagaimana tutorial mempercepat koneksi internet khususnya dikala mengakses internet memakai sambungan Wifi. Memiliki saluran internet yang cepat tentu menjadi kebutuhan semua orang dikala ini, seolah-olah untuk membuka media sosial, sekedar browsing, mengirim email, mendownload, streaming video dan lain sebagainya.


Mengakses internet sekarang bisa dilakukan dimana saja terlebih lagi wifi umum yang bisa di saluran oleh siapa saja sekarang sudah semakin banyak dan salah satunya yaitu wifi id. Rata-rata kecepatan download wifi di Indonesia itu cukuplah cepat walaupun terkadang ada penurunan kecepatan yang disebabkan oleh banyak faktor.


Beberapa waktu yang lalu, saya mengalami permasalahaan yang sangat membingungkan lantaran koneksi internet yang diterima oleh laptop milik saya sangatlah lambat dan berbanding terbalik dengan kecepatan saluran yang didapatkan oleh laptop teman saya. Dan pada dikala itu saya sangat gundah lantaran kita konek ke Wifi yang sama, akan tetapi internet yang saya dapatkan sangat lambat dan tidak secepat milik teman saya.



Gambar : Internet menghubungkan dunia


Saya sudah mencoba aneka macam tutorial dan tidak ada yang berhasil, hingga pada hasilnya saya menemukan beberapa tutorial yang sangat efektif dalam meningkatkan kecepatan internet wifi pada laptop yang saya miliki. Dan bahu-membahu tutorial ini cukuplah sederhana lantaran kita hanya perlu melaksanakan beberapa settingan saja.


Berikut yaitu beberapa tutorial yang saya lakukan untuk menambah kecepatan internet hingga 100% pada laptop / komputer dikala terhubung ke Wifi :


1). Melakukan Settingan Pada Bandwidth 


Pada umumnya kebanyakan settingan default untuk bandwidth yaitu sebesar 20%. Untuk mempercepat internet kita perlu menyesuaikan settingan Bandwidth. Caranya sebagai berikut :



  • Buka acara RUN dengan tutorial menekan “Tombol Windows + Tombol R” secara bersamaan.

  • Kemudian akan muncul Popup untuk acara RUN, ketikan saja “gpedit.msc” kemudian tekan OK/Enter.




  • Langkah selanjutnya , double click pada “Computer Configuration” > Administrative Templates > Network > Qos Packet Scheduler





  • Selanjutnya Double Click pada “Limit Reservable Bandwidth”.





  • Checklist “Enable” seolah-olah gambar dibawah ini dan kemudian pada pecahan “Bandwidth Limit” ubah dari 20 menjadi 0.





  • Terakhir klik tombol OK.



2). Mengganti Alamat DNS


Mengganti alamat DNS pada sebuah komputer ternyata bisa meningkatkan kecepatan saluran internet jadi semakin cepat dari sebelumnya. DNS merupakan akronim dari (Domain Name System) dan kita harus mengganti DNS ini memakai Open DNS atau juga bisa memakai DNS Google. Berikut yaitu tutorial mengganti DNS pada komputer ke Open DNS :



  • Perhatikan pada icon Network / Sinyal. kemudian klik kanan pada icon tersebut.





  • Kemudian klik > “Open Network and Sharing Center”





  • Klik link pada pecahan “Connection”.





  • Sekarang sajian Wireless Network Connection Status sudah terbuka, selanjutnya klik tombol > “Properties”.





  • Step berikutnya yaitu klik satu kali ke pecahan “Internet Protocol Version 4 (TCP/ IPv4)”, dan kemudian klik > “Properties”.





  • Pada tab General, pastikan kalian sudah mencentang / checklist pecahan “Use the following DNS server addresses”. Kemudian ubah DNS server sebelumnya memakai DNS server berikut ini :


             Prefered DNS Server: 208.67.222.222

             Alternate DNS Server: 208.67.220.220







  • Terakhir klik tombol “OK”.

  • Kemudian Restart komputer kalian.



3). Mengaktifkan DNS Cache


Mengaktifkan DNS cache pada komputer merupakan langkah gampang yang bisa dilakukan untuk mempercepat koneksi internet dikala browsing. Caranya sangatlah gampang :



  • Buka Notepad

  • Pastekan arahan berikut ini kedalam notepad



[HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\Dnscache\Parameters]
“CacheHashTableBucketSize”=dword:00000001
“CacheHashTableSize”=dword:00000180
“MaxCacheEntryTtlLimit”=dword:0000fa00
“MaxSOACacheEntryTtlLimit”=dword:0000012d



  • Simpan notepad tersebut dengan nama “dnscache.reg

  • Untuk mengaktifkan DNS Cache cukup double click pada file notepad tersebut setiap kalia ingin browsing / berinternetan.








Sumber https://www.informasiajib.info/


Belum ada Komentar untuk "Cara Mempercepat Koneksi Internet Wifi Paling Efektif (100% Berhasil)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel