Cara Melihat Daftar Nisn Di Aplikasi Verval Pd Kemenag

Cara Melihat Daftar NISN di Aplikasi VerVal PD Kemenag – Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) menjadi salah satu kelengkapan data administrtatif yang harus dimiliki oleh para penerima latih di sekolah maupun madrasah.


Nomor yang ada di dalam NISN, dibuat secara khusus dan unik. Sehingga tidak akan sama antara penerima latih satu dengan penerima latih yang lainnya.


Selain itu, Nomor di dalam NISN tidak bisa sembarangan diubah. Apabila memang sudah benar tidak bisa diganti dengan seenak hati.


Cara

NISN ini berlaku seumur hidup, dan menjadi identitas resmi penerima latih yang terus mempunyai kegunaan untuk proses pendidikan penerima latih mulai dari jenjang pendidikan dasar hingga dengan nanti masuk ke Perguruan Tinggi.


Lalu bagaimana tutorial mendapat NISN?


Hal tersebut, sudah pernah saya ulas pada artikel sebelumny a yang berjudul tutorial mengajukan NISN dengan Aplikasi VerVal PD Kemenag.


Aplikasi VerVal PD Kemenag ini yakni sebuah aplikasi khusus yang digunakan untuk melakukan Verifikasi dan Validasi data penerima latih di suatu madrasah.


Apakah data seorang penerima latih sudah benar-benar valid atau belum. Jika sudah bisa dikunci, namun apabila ada data yang belum valid anda bisa melakukan proses edit data penerima didik.


Mengenai hal ini, saya juga sudah mengulasnya secara lengkap dan terperinci pada artikel yang berjudul “Cara Mengedit data NISN Siswa melalui Aplikasi VerVal PD Kemenag”. Silahkan dibaca saja jikalau anda belum mengetahui mekanismenya.


Sesudah beberapa minggu ini saya tidak sempat membuka website VerVal PD Kemenag, tadi malam saya coba buka aplikasi tersebut.


Saya coba membuka tab Menu referensi, saya isikan nama Madrasah dan kecamatan Madrasah di mana saya berada. Setelah itu ternyata eksklusif terbuka sebuah laman rujukan gres yang berisi data siswa. Berdasarkan pengamatan saya, ada data siswa yang tidak sama dengan apa yang saya Verval beberapa minggu kemudian itu (data tidak valid)


Selain itu, di Menu Referensi tersebut, juga memunculkan daftar nama para penerima latih yang datanya sudah valid dan mempunyai NISN, alasannya yaitu yakni data mereka sudah di Verval. Data mereka yang sudah valid akan muncul di bagian paling bawah. (lihatlah gambar di atas)


Dengan adanya pilihan laman ini, menurut saya semakin mempermudah sekolah dalam melihat data penerima latih yang sudah valid dan belum valid.


Operator madrasah, tidak perlu susah payah menampilkan satu per satu data siswa untuk melakukan pengecekan. Laman Menu Referensi ini bisa menampilkan data sebanyak 250 siswa dalam satu laman. Sehingga madrasah yang siswanya di bawah 251 bisa dilihat hanya dalam satu laman. Mudah kan?


Saya sendiri tidak mengetahui kapan kapan Menu Referensi gres ini muncul. Yang terperinci menurut saya ini yakni sebuah pembaruan sistem yang bertujuan mempermudah Verval PD.


Lalu bagaimanakah Cara Melihat Daftar NISN di Aplikasi VerVal PD Kemenag?


Sebenarnya, pada pembahasan di atas saya sudah sedikit membahasnya. Namun supaya lebih terperinci saya akan menuliskan langkah-langkahnya:



  • Bukalah website Aplikasi Verval PD Kemenag

  • Silahkan Login sebagai Operator Madrasah

  • Pada dashbor aplikasi VerVal PD Kemenag, Klik Menu Referensi

  • Isi nama Madrasah anda

  • Isi Nama Kecamatan di mana Madrasah anda berada

  • Selesai, maka secara otomais data penerima latih yang berada di madrasah anda akan muncul semuanya. 

  • Oh ya, jangan lupa komputer harus terkoneksi dengan internet ya


Demikianlah warta mengenai Cara Melihat Daftar NISN di Aplikasi VerVal PD Kemenag yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.
Sumber http://www.harianmadrasah.com/


Belum ada Komentar untuk "Cara Melihat Daftar Nisn Di Aplikasi Verval Pd Kemenag"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel