Kenapa S25 Tidak Bisa Dicetak ?


FNCjUrlxWpTUEAIfkEBTAAOQAsAAAAABAAEAAABobAnDAnWRAIOULBMBwyHoqENCdVLBhOQnW

Kenapa S25 Tidak Bisa Dicetak ? – Saat fitur Cetak S25 di Simpatika dibuka, tidak sedikit Kepala Madrasah dan Operator Madrasah pribadi mengajukan Keaktifan Kolektif. Namun ternyata tidak semuanya berjalan mulus. Beberapa madrasah harus menerima hambatan munculnya kotak peringatan berwarna merah di atas tombol Ajukan Verval. Bunyi ukiran pena dalam kotak merah tersebut yaitu ‘Alokasi JTM’ dengan keterangan ‘Cek kembali untuk memastikan data Anda benar’.


Adanya kotak peringatan berwarna merah dengan ukiran pena ‘Alokasi JTM’ tersebut tak urung membuat tombol Ajuan Verval (untuk mencetak S25a) tidak sanggup diklik. Dan S25a pun tidak sanggup dicetak.


Ketika kotak peringatan berwarna merah tersebut diklik muncul kotak notifikasi yang yang lebih besar yang memuat keterangan ‘Validasi Alokasi Jam Mengajar Madrasah/Sekolah Anda. Daftar Mata Pelajaran Kelebihan Alokasi Jam. Jumlah Rombel Anda melebihi jumlah siswa. Untuk melakukan proses selanjutnya, maka pastikan Jumlah Jam mengajar harus SESUAI dengan jumlah Jam Alokasi,.


Peringatan seakan-akan ini sebenarnya sudah pernah muncul pada periode Verval Simpatika semester yang kemarin. Namun kemunculannya kali ini tampaknya membawa pesan ‘kendala’ yang lebih kompleks.


Terus bagaimana solusi kalau tidak sanggup cetak S25 alasannya yaitu adanya kotak Alokasi Jam berwarna merah.


Yang pasti kotak peringatan tersebut muncul alasannya yaitu adanya kesalahan dalam pengisian data pada Simpatika. Oleh alasannya yaitu itu perlu dilakukan pengecekan kesalahan apakah yang telah dideteksi oleh sistem Simpatika tersebut.


Untuk membantu melakukan pengecekan, Simpatika Pati mencoba memberikan sedikit panduan, berdasarkan beberapa kali pengalaman penulis menemui hambatan tersebut.


Pengecekan yang harus dilakukan antara lain:


Kasus Pertama



Di dalam kotak notifikasi kesalahan ‘Validasi Alokasi Jam Mengajar Madrasah/Sekolah Anda’ muncul tabel ‘Daftar Mata Pelajaran Kelebihan Alokasi Jam’. Dalam tabel tersebut tertulis data kelas yang kelebihan jam.


Solusi yang sanggup dilakukan yaitu kembali ke modul Jadwal Mengajar Mingguan (login ke Layanan Simpatika Madrasah). Menunya terdapat di Sekolah >> Jadwal >> Lihat Jadwal Mingguan >> Pilih kelas/rombel sebagaimana yang disebutkan dalam notifikasi kesalahan ‘Validasi Alokasi Jam Mengajar Madrasah/Sekolah Anda’.


Lakukan adaptasi sehingga jam mengajar tidak melebihi alokasi yang ditentukan.


Kasus seakan-akan ini, di periode ini, tampaknya mulaijarang terjadi


Kasus Kedua



Di dalam kotak notifikasi kesalahan ‘Validasi Alokasi Jam Mengajar Madrasah/Sekolah Anda’ muncul keterangan, “Jumlah Rombel Anda melebihi jumlah siswa” seakan-akan gambar di bawah.


Hal ini terjadi alasannya yaitu sistem mendeteksi jumlah rombel lebih banyak dibanding jumlah siswa di madrasah tersebut. Jumlah siswa yang melebihi rombel ini sanggup saja terjadi dikarenakan salah satu diantara berikut:



  • Siswa belum diupload

  • Siswa sudah diupload tetapi belum dimasukkan ke dalam rombelnya ma

    sing-masing


Untuk memastikan problem ini, cobalah klik tombol “Data Guru” di pecahan ‘Rekap Data Madrasah/Sekolah’ pada sajian Keaktifan Kepala Madrasah, hingga muncul kotak “Rekap Data Guru Madrasah/Sekolah Anda”.

Perhatikan kolom ‘Rombel Ampu (R)’; ‘Siswa Ampu (S)’; dan ‘Rasio R:S’. Jika Siswa Ampu dan Rasio masih kososng dan strip berarti data siswa belum diunggah atau sudah diunggah tetapi belum dimasukkan ke dalam rombel masing-masing.


Solusi untuk permasalahan ini yaitu memperbaiki data siswa yang meliputi mengupload siswa dan memasukkan siswa ke dalam rombel. Untuk bagaimana cara mengelola siswa ini silakan baca artikel infomadrasah sebelumnya, 6 Pengelolaan Siswa di Simpatika.


Kasus Ketiga



Mungkin kedua problem di atas sudah dicek dan ternyata beres semua. Atau sudah diperbaiki, namun masih saja muncul peringatan kotak Alokasi Jam berwarna merah di atas tombol Ajukan Verval (Cetak S25). Akibatnya pun masih sama, Kepala Madrasah tidak sanggup mencetak S25a.


Solusi?


Bisa jadi pada problem ketiga ini diakibatkan oleh ‘cache browser’ komputer. Karena itu solusi yang sanggup dicoba antara lain:



  • Bersihkan cache (tembolok), riwayat, dan data browser yang digunakan.

  • Gunakan browser lain. Jika sebelumnya memakai Google Chrome cobalah dengan memakai Firefox, Opera, atau browser lain.

  • Gunakan mode penyamaran pada browser dengan mengaktifkan “Jendela Browser Pribadi”; “Jendela penyamaran” atau “Mode Incognito”

  • Gunakan komputer atau laptop lain.


Sumber :


Semoga artikel kami ini wacana sanggup memberikan info yang bermanfaat bagi anda semuanya.


Sekian dulu dari kami, kurang dan lebihnya mohon maaf. Jangan lupa untuk ikuti kami terus LIKE di Fans Page Facebook kami dan SUBSCRIBE Channel Youtube Kami INFO MADRASAH, berikan komentar kalian kalau ini membantu dan Share kalau info ini penting dan mempunyai kegunaan bagi orang banyak. Terimakasih.

Baca juga :


  • Format Form Pendataan EMIS (LENGKAP) RA, MI, MTs, MA, Semester Ganjil 2016/2017

  • Jangan Pernah REMEHKAN Data EMIS !!!

  • MENGATASI MASALAH EMIS “KESALAHAN: DATA AKTIFITAS BELAJAR BELUM DIISI”

  • Masalah Aplikasi Dekstop EMIS 2015-2016 dan Solusinya Part 1

  • Masalah Aplikasi Dekstop EMIS 2015-2016 dan Solusinya Part 2

  • Download Aplikasi Dekstop Pendataan EMIS Semester Genap 2015/2016 (RA, MI, MTs, dan MA)


 
Sumber http://www.info-madrasah.com/


Belum ada Komentar untuk "Kenapa S25 Tidak Bisa Dicetak ?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel