10 Binatang Yang Paling Beracun Dan Berbisa Di Dunia

10 Hewan yang Paling Beracun dan Berbisa di Dunia – Hampir setiap binatang di dunia ini mempunyai kekuatan alami yang sanggup melindungi dirinya dari serangan insan ataupun binatang lainnya. Kekuatan tersebut sanggup berupa gigi taring yang runcing, tenaga yang berpengaruh ataupun mengeluarkan racun dan sanggup dari organ tubuhnya.


Banyak diantara kita yang beranggapan bahwa racun sama dengan bisa. Meskipun mempunyai kesamaan, namun intinya “racun” dan “bisa” yakni dua hal yang berbeda. Racun (Poisonous) yakni zat yang sanggup mengiritasi atau mematikan dengan cara menyerap atau menelannya, sedangkan sanggup (Venomous) yakni racun yang dimiliki oleh hewan-hewan menyerupai Lebah, Ular dan Kalajengking dengan cara menyuntikannya kedalam tubuh insan atau binatang lainnya baik melalui gigitan maupun sengatan ekornya. Kaprikornus kalau ditarik kesimpulannya, maka yang dimaksud dengan binatang Beracun yakni binatang yang memberikan racunnya ketika mereka disentuh atau dimakan sedangkan Hewan berbisa yakni binatang yang memberikan racunnya ketika binatang tersebut menggigit atau menyengat.


Daftar 10 Hewan yang Paling Beracun dan Berbisa di Dunia


Baik Hewan yang beracun maupun Hewan yang berbisa, kedua-duanya merupakan Hewan yang berbahaya bagi Manusia. Dalam hitungan beberapa menit bahkan hitungan detik, racun ataupun sanggup binatang tersebut sanggup mematikan nyawa manusia. Oleh sebab itu, kita perlu hati-hati kalau menemui hewan-hewan tersebut. Berikut ini yakni 10 Hewan yang Paling Beracun dan Berbisa di Dunia ini :


1. Ubur-ubur Kotak (Box Jellyfish)


Hewan


Ubur-ubur Kotak atau Box Jelly fish ini merupakan Hewan yang paling berbisa di Dunia dikarenakan telah mematikan lebih dari 5000 nyawa insan semenjak tahun 1954. Racun dari sanggup Ubur-ubur Kotak ini menyerang Jantung, sistem saraf dan sel-sel kulit. Korban yang terkena sengatan Ubur-ubur kotak ini akan mengalami Syok dan serangan jantung sehingga meninggal dunia sebelum mencapai tepi laut.


Panjang Tentakel yaitu organ Tubuh Ubur-ubur Kotak yang memanjang dan fleksibel sanggup mencapai sampai 3 meter dan mempunyai sekitar 5000 sel penyengat yang mematikan. Ubur-ubur Kotak biasanya sanggup ditemukan di perairan Indo-Pasific dan Australia.


2. Ular Sendok Raja (King Cobra)


Hewan


Ular Sendok Raja atau King Cobra merupakan Ular yang paling mematikan di dunia ini. Satu gigitan Ular Sendok Raja sanggup mematikan seorang cukup umur sehat didalam jangka waktu 15 menit ataupun sanggup mematikan seekor Gajah Afrika yang besar dalam jangka waktu 3 jam. Satu kali gigitan Ular King Cobra ini sanggup menyuntik racun sebanyak 5 kali lipat dari ular jenis lainnya.


Ular Sendok Raja juga merupakan Ular berbisa terpanjang di Dunia dengan kepanjangannya sampai 5,6 meter dan sanggup menegakan badannya hingga1,8 meter.  Dikatakan Raja sebab Ular King Cobra juga memangsa jenis ular lainnya. Ular King Cobra atau Ular Sendok Raja ini banyak ditemukan di tempat perhutanan Asia Tenggara dan Asia Selatan.


 3. Marbled Cone Snail


Hewan


Marbled Cone Snail yakni keluarga Siput yang sangat berbahaya, satu kali tetes sanggup Marble Cone Snail sanggup membunuh sampai 20 orang. Namun sampai ketika ini, hanya tercatat 30 kasus maut yang dikarenakan oleh sengatan Marbled Cone Snail. Bisa yang dikeluarkan oleh Marbled Cone Snail intinya hanya untuk menangkap mangsa.


Racun Marbled Cone Snail akan mengakibatkan kesulitan dalam bernafas dan gagal jantung. Hingga ketika ini, belum ada obat penawar untuk racun Marble Cone Snail.


4. Blue Ringed Octopus (Gurita Berbintik Biru)


Hewan


Blue Ringed Octopus merupakan jenis Gurita yang berbahaya sebab sanggup melumpuhkan insan dengan bisanya. Satu gigitan kecil Blue Ringed Octopus yang tidak menyakitkan ini sanggup mengakibatkan kesulitan pernafasan, muntah, mual dan mati rasa. Hingga ketika ini, belum obat penawar racun Blue Ringed Octopus. Bisa Blue Ringed Octopus dipergunakan untuk melumpuhkan mangsanya menyerupai udang dan kepiting.


Blue Ringed Octopus sanggup ditemukan di Samudera Pasifik, mulai dari Australia sampai Jepang.


5. Ikan Lepu Batu (Stonefish)


Hewan


Ikan Lepu Batu atau Stonefish merupakan Ikan yang paling berbisa di dunia ini. Seperti namanya, Ikan ini berbentuk menyerupai Batu atau karang yang biasanya kita temukan di maritim sehingga sangat sulit untuk melihatnya. Sengatan Ikan Karang sanggup mengakibatkan rasa sakit yang luar biasa serta kelumpuhan. Jika tidak segera diobati akan mengakibatkan maut ataupun amputasi serpihan tubuh yang terkena sengatan.


Stonefish yang juga disebut dengan Ikan Karang ini banyak ditemukan di perairan tropikal Samudera Pasifik dan Samudera India.


6. Kalajengking Deathstalker


Hewan


Kalajengking Deathstalker merupakan jenis kalajengking yang paling berbahaya di dunia. Sengatannya sanggup mengakibatkan rasa sakit yang luar biasa, kejang dan demam tinggi serta koma. Pada umumnya sengatan Kalajengking Deathstalker tidak menjadikan maut bagi orang cukup umur yang sehat. Namun akan sangat berbahaya bagi mereka yang menderita alergi, penyakit jantung maupun anak kecil dan orang tua.


Kalajengking Deathstalker atau Deathstalker Scorpion sanggup ditemukan di Afrika Utara dan Timur Tengah.


7. Ular Inland Taipan


Hewan


Inland Taipan merupakan Ular yang paling berbisa di Dunia ini, bisanya 200 kali lebih banyak dari ular sendok dan sanggup membunuh insan dalam waktu 40 -50 menit kalau tidak dirawat segera. Ular Inland Taipan banyak ditemukan di Benua Australia, terutama dibagian Timur Australia. Meskipun mempunyai Bisa yang sangat berbahaya, namun Ular Inland Taipan jarang menjadikan maut Manusia. Hal ini dikarena Ular Inland Taipan cenderung menghindar dari Manusia.


8. Laba-laba Brazilian Wandering


Hewan


Menurut akreditasi Buku Rekor Dunia Guinness pada tahun 2007, Brazilian Wandering merupakan Laba-laba yang paling mematikan di dunia dikarenakan telah mengakibatkan banyak maut manusia. Cukup dengan Racun sebanyak 0.006mg dari laba-laba Brazilian Wandering ini sanggup membunuh seekor Tikus. Laba-laba sangat berbahaya sebab banyak dijumpai di tempat keramaian penduduk, di mobil, lemari baju maupun di sepatu. Gigitan Laba-labaBrazilian Wandering akan menjadikan rasa sakit, peradangan dan kehilangan kendali pada otot. Jika tidak dirawat segera akan menjadikan kematian. Untungnya, terdapat obat penawar terhadap racun laba-laba jenis ini.


Laba-laba Brazilian Wandering ini banyak ditemukan di tempat perhutanan Amazon dan Brasil.


9. Katak Panah Beracun (Poison Dart Frog)


Hewan


Katak Panah Beracun atau Poison Dart Frog merupakan Katak yang mempunyai corak warna yang cerah dan terang. Dikatakan Katak Panah sebab racun katak ini sering dipakai sebagai racun yang dioleskan pada ujung anak panah oleh pribumi Indian. Racun seekor Katak Panah Beracun (Poison Dart Frog) sanggup membunuh 10 orang cukup umur yang sehat atau sekitar 20.000 ekor tikus. Racun Katak Panah ini terdapat pada kulitnya sehingga sanggup membunuh binatang lain ketika mereka disentuh atau dimakan. Katak Poison Dart Frog dipercayai sebagai Hewan Vertebrate yang paling beracun di Dunia ini.


Katak Panah Beracun ini sanggup ditemukan di wilayah benua Amerika Tengah dan Amerika Selatan.


10. Ikan Buntal (Puffer Fish)


Hewan


Ikan Buntal atau Puffer Fish merupakan Hewan Vertebrata paling beracun kedua di Dunia sesudah Katak Panah Beracun (Poison Dart Frog). Ginjal, hati dan kulitnya mengandung racun Tetrodotoxin yang sangat berbahaya bagi yang memakannya. Hanya dengan racun 1 Ekor Ikan Buntal sudah sanggup membunuh 30 orang cukup umur yang sehat. Keracunan Ikan Buntal sanggup mengakibatkan mati rasa di bibir dan lidah, muntal, mual, sulit bernafas, pening, jantung berdetak dengan cepat, lumpuh dan kematian. Kebanyakan mereka yang keracunan Ikan Buntal akan meninggal dunia dalam waktu 4 sampai 24 jam. Namun di Jepang dan Korea, daging beberapa spesis Ikan Buntal dijadikan sebagai masakan tetapi harus disiapkan oleh juru masak yang berlisensi dan berpengalaman sehingga mereka mengetahui serpihan mana yang sanggup dimakan dan serpihan manapula yang tidak sanggup dimakan.


Menurut statistik yang dipublikasikan oleh Jepang, terdapat rata-rata 6 kasus maut dalam setahun yang dikarenakan oleh keracunan Ikan Buntal.


Sumber acuan : Diolah dari banyak sekali sumber.


Belum ada Komentar untuk "10 Binatang Yang Paling Beracun Dan Berbisa Di Dunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel