24 Air Terjun Paling Indah Dan Sektakuler Di Sumatera Utara Part 1

Wisata adventure dan wisata alam mampu jadi merupakan wisata paling menarik, paling seru dan tentu saja murah meriah. Salah satu destinasi wisata petualangan alam yang paling favorit di Indonesia yakni menyatroni nirwana alam berwujud “waterfall”. Di Sumatera Utara selain keindahan Danau Toba yang telah menjadi ikon wisata Sumatera Utara, terdapat puluhan riam yang tersebar di seluruh penjuru. Berikut yakni daftar Air terjun terindah di Sumatera Utara yang berhasil dirangkum oleh OndehMandeh;


Air Terjun Sigala-gala











Sigala-gala (@aroyhand)

Air Terjun Sigala-gala terletak di Mandailing Natal, di tengah hutan Taman Batang Gadis. Untuk mencapainnya diperlukan waktu sekitar 10 jam dari Medan menaiki bus dan trekking setengah jam.


Air Terjun Bah Biak











Bah Biak (atmosferwisata.xyz)

Terletak di Kecamatan Sidamanik, Simalungun, Pematang Siantar. Untuk menjangkaunya pengunjung harus menyusuri kebun teh Bah Butong, riam berjarak sekitar 1 km dari Kebun Teh.


Air Terjun Namu Belanga











Namu Belanga (mithavq.wordpress.com)

Dengan pemandangan pohon renta yang berlumutyang bersandar di himpitan tebing, serta flora yang tumbuh di sepanjang tebing, menciptakan pemandangan sekitar tampak hijau. Air tejun ini lebih mirip pemandian, alasannya yaitu yaitu yaitu yakni dibawah riam terdapat hamparan air biru yang jernih yang tidak dalam.


Air Terjun Satu Hati











Air Terjun Satu Hati (medanpunyablog.wordpress.com)

Air Terjun Satu Hati berlokasi di Sibolangit. Untuk menjangkaunya pengunjung harus menuruni tebing yang cukup tinggi dan curam. Perjalanan menuju riam menghabiskan waktu sekitar 20 menit dengan berjalan kaki dengan melewati perkebunan kopi penduduk dan hutan.


Air Terjun Lae Pendaroh











Air Terjun Lae Pendaroh (jelajah-acsu.blogspot.com)

Lae Pendaroh artinya yakni air berdarah, riam yang terletak di tepi jalan yang menghubungkan Sidikalang dan Brastagi di Kabupaten Dairi ini memang terkadang berwarna kemerahan.


Air Terjun Jambuara











Mamabu (tourkingadventure.blogspot.com)

Dikenal juga dengan nama Mamabu, terletak di Desa Aek Komangin, Kecamatan Hatonduan, Kabupaten Simalungun, sekitar 1 jam dari Siantar. Untuk mencapai Air Terjun pengunjung harus melewati medan yang cukup berat serta area kebut Sawit.


Air Terjun Sikulikap











Sikulikap (@ajdaulay)

Salah satu yang terindah di Sumatera Utara, Air Terjun Sikulikap berada di Desa Doulu, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Di lokasi juga terdapat semacam gazebo yang mampu dipakai wisatawan untuk beristirahat.


Air Terjun Efrata











Efrata (aryanto Wijaya)

Dikenal dengan Sampuran Efrata, riam ini mempunyai ketinggian 26 m dan lebar 10 m. Airnya berasal dari pegunungan Bukit Barisan dan mengalir melalui sungai Lau Renun ke arah Kabupaten Dairi.


Air Terjun Panompuan











Panompuan (@yogipujakesuma)

Air Terjun ini terletak di Desa Panompuan Angkola Timur, Tapanuli Selatan. Air terjun ini sangat alami dan belum terlalu terjamah, airnya cuek dan terkadang arus sungainya cukup deras.


Air Terjun Siborpa











Siborpa (@exploretabagsel)

 Berada di Desa Tanjungbaru, sekitar 30 kilometer dari Sipirok, Tapanuli Selatan. Butuh usaha ekstra untuk mencapainya, medan berat dan berbatu jadi hambatan menuju Desa Tanjungbaru. Ojek menjadi satu-satunya angkutan umum yang tersedia, ditambah dengan trekking ke lokasi.


Air Terjun Hadabuan Naisogop











Hadabuan Naisogop (unknown)

Merupakan nirwana alam yang gres ditemukan  di Dusun Urat, Kecamatan Sianjur Mula-mula, Samosir. Dinas Pariwisata Samosir pun telah berafiliasi dengan warga lokal untuk membuka jalan dan menyebarkan objek ini.


Air Terjun Binanga











Air Terjun Binanga (maringetrip.com)

 Air terjun manis yang tidak terlalu besar di Desa Marancar Godang, Kecamatan Marancar, Kabupaten Tapanuli Selatan. Untuk mencapai lokasi, pengunjung harus trekking sekitar satu jam, tidak mengecewakan melelahkan.


Air Terjun Sigura-gura











Sigura-gura (Putra Rama)

Merupakan Air Terjun tertinggi di Indonesia, dengan ketinggian 250 m. Air terjun ini merupakan pecahan dari anutan Sungai Asahan yang berasal dari Danau terbesar di Asia Tenggara, yup, Danau Toba. Air Terjun ini terletak di Kabupaten Toba Samosir, 250 km dari Medan.


Sayangnya riam sesungguhnya sudah tidak ada alasannya yaitu yaitu yaitu yakni alirannya dialihkan ke PLTA, sementara saudaranya (foto diatas) yakni Air Terjun Ponot, dengan ketinggian yang sama.


MENUJU HALAMAN SELANJUTNYA…

Terima kasih banyak kepada My Trip My Adventure Sumatera Utara (@mtma_sumut) yang telah memperlihatkan banyak informasi. Ayo Majukan Indonesia dengan Sadar Wisata.
Sumber http://www.ondehmandeh.com/


Belum ada Komentar untuk "24 Air Terjun Paling Indah Dan Sektakuler Di Sumatera Utara Part 1"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel