Cara Merawat Baju Batik Yang Benar


    Cara merawat baju batik – Bagi anda yang memiliki baju batik asli buatan Indonesia ada tips untuk merawatnya semoga warna dan materi tidak mudah luntur.Baju batk yang cantik sangat di sayangkan jikalau luntur.Tak hanya orang Indonesia saja penggemar batik pun orang luar negeri ikut serta mencintai batik sebagai warisan nenek moyang yang di buat semenjak dulu oleh bangsa Indonesia hampir saja diklaim negara lain jikalau tidak terus dilestarikan.





    Memakai busana batik bukan merupakan style yang jadul bahkan salah satu fashion yang antik yang memiliki nilai budaya yang tinggi.Meskipun batik telah menjadi isu terkini di banyak sekali kalangan, tak banyak orang yang tahu bagaimana merawat pakaian dari materi batik semoga tidak luntur dan tahan lama.Nah kami temukan tips untuk anda bagaimana merawat baju batik dalam jangka waktu panjang.


Cara Merawat Baju Batik Yang Benar



1.Pisahkan warna ketika mencuci baju


    Warna cantiknya batik akan pudar bila di rendam dengan warna yang lainnya.Untuk itu pisahkan saja baju yang berbahan batik.Hal ini disebabkan warna dari tinta batik akan mudah luntur ketika pertama pencucian.Akibat dari penyatuan dalam cucian yaitu warna dari pakaian akan luntur, ketika final dicuci pun tidak akan bagus menyerupai awal membeli.


2.Hindari menyikat baju batik


    Baju batik bila kotor sebaiknya jangan di sikat bergairah cukup mengucek saja.Akan tetapi apabila pakaian batik anda sangat kotor atau bahkan terkena noda yang sulit di bersihkan,anda dapat merendamnya selama 15 menit tanpa mencampurkan warna menyerupai point pertama.Serat kain batik pada umumnya mudah rusak, untuk itu anda harus berhati-hati ketika mengucek dan membilas batik kesayangan anda. 


3.Hindari merendam terlalu lama


   Cukup 15 menit saja yang di butuhkan untuk merendam baju batik.Pemakaian deterjen yang terlalu banyak juga tidak diperbolehkan, anda gunakan deterjen satu sedok makan saja, selain menghemat biaya. Warna dari batik tidak akan cepat luntur.


4.Jemur dengan kondisi terbalik


    Mengapa demikian ? Jika anda menjemur kain batik tanpa membalikannya, kemungkinan besar warna akan cepat luntur.Sinar matahari yang cukup menyengat bisa melunturkan keindahan warna pakaian batik anda.Biarkan saja episode dalam pakaian batik yang terkena sinar matahari itu kondisi terbalik.Selain itu juga untuk menghindari kelunturan dalam jangka panjang dan pakaian batik cepat kering.


5.Hindari ketika menyetrika dalam kondisi terlalu panas


    Ketika hendak menyetrika baju sebaiknya anda mengatur suhu setrikaan yang tidak terlalu panas.Dengan hal ini berkhasiat untuk menjaga kualitas batik anda.



    Nah itulah diantara Cara Merawat Baju Batik yang benar.Selamat mencoba dan semoga dapat bermanfaat.


Belum ada Komentar untuk "Cara Merawat Baju Batik Yang Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel