Dahsyatnya Penderasan Turbo Asahan, Sumatera Utara

#atparadise | Air Terjun Turbo (Turunan Bolon) atau juga disebut Campuran Bolon, sebelumnya belum ada penamaan yang terang untuk Air Terjun ini, hingga para petualang, penduduk sekitar serta media sosial mengangkat namanya hingga menjadi salah satu tujuan wisata alam yang bikin ingin tau di Sumatera Utara. Namun bila disebut dengan nama Turbo, rasanya sangat pantas alasannya ialah ialah ialah yakni teladas ini keluar dari jepitan tebing kerikil yang mempunyai debit yang sangat deras.  Air terjun ini merupakan satu dari puluhan teladas mengagumkan di Sumatera Utara.


Lihat: 24 Air Terjun Indah Sumatera Utara











Air Terjun Turbo ( yudhagrey )

Lokasi dan Tutorial Menuju


Air terjun yang tersembunyi ini terletak di Desa Tomuan Holbung, Kecamatan Bandar Pasir Mandoge, Kabupaten Asahan, sekitar 6 jam perjalanan dari Medan dan 3 jam dari Pematang Siantar via Tanah Jawa Simalungun-Mandoge (Jika tiba dari Medan). Jangan khawatir tersesat, teladas ini sudah sangat populer, bahkan di daerah Tanah Jawa (17 km sebelum Turunan Bolon) anda sudah mampu mendapati spanduk Air Terjun ini.


Untuk mencapai daerah parkir di Desa, pengunjung akan melewati Perkebunan Karet dan Sawit warga setempat, medannya cukup berat, jalan tanah berbatu akan menjadi tantngan bagi kendaraan anda, harap berhati-hati terutama saat hari hujan. Sangat dianjurkan menggunakan kendaraan yang prima kalau kendaraan khusus seakan-akan trail, 17 km lo… hehehe.











Air Terjun Turunan Bolon ( anggizs_ )

Dari daerah parkir usaha menelusuri perbukitan yang masih sangat alami, diharapkan waktu sekitar 30 menit plus menyebrangi anutan sungai yang cukup deras untuk mencapai destinasi. Cukup melelahkan, begitu pengakuan beberapa petualang yang telah menyatroni nirwana tersembunyi ini, namun semuanya terbayar dengan megahnya Air Terjun yang super ini.


Pesona dan Daya Tarik


Di lokasi anda akan menyaksikan derasnya deburan air yang seakan akan jatuh dengan gerakan slow motion dari ketinggian sekitar 30 meter. Percikan air dan hembusan angin yang ditimbulkan cukup menciptakan anda menyipitkan mata bila memandangnya dari dekat. Debit yang sangat kuat ini jatuh dari tebing kerikil yang eksotis, hempasannya menciptakan genangan air dibawah menjadi bergelombang kolam ombak pantai.











Air Terjun Turbo (Campuran Bolon) ( zulham_agustra )

Air terjun yang terletak di daerah yang masih asri ini, terdapat beberapa tebing yang mengagumkan dihiasi dengan pepohonan yang hijua. Aliran sungainya juga cukup deras apalagi bila hujan. Air dari sungai dan teladas ini jernih (jika tidak hujan) dan dingin, dijamin akan menciptakan siapapun yang berkunjung terpesona.


Aktifitas (Something to See and Do)











Pesona Air Terjun Turbo ( ariosgorou )

Setelah melewati trekking di alam lalu menaklukkan anutan sungai yang melelahkan, bayarlah kepenatan dengan kemegahan teladas Turbo, abadikan momen dengan mengambil gambar dan video yang tentunya langka dan jarang ditemui. Pengunjung juga mampu menikmati dinginnya air yang tergenang di depan Air Terjun, namun harap hati-hati dengan kerikil yang licin dan arus airnya.


Harga Tiket dan Info Lainnya


Untuk menjelajahi nirwana alam ini pengunjung dikenakan biaya parkir 5.000 dan retribusi 4.000. Pastikan anda menggunakan kendaraan yang tangguh dan jangan lupa bawa mantel alasannya ialah ialah ialah yakni perjalanan menuju desanya cukup jauh.


Gunakanlah kamera yang anti air (waterproof) alasannya ialah ialah ialah yakni percikan air yang ditimbulkan teladas mampu merasuk ke celah-celah kecil, akan sangat beresiko bila anda menggunakan kamera biasa bila dipakai untuk berfoto pada jarak bersahabat dengan air terjun.
Sumber http://www.ondehmandeh.com/


Belum ada Komentar untuk "Dahsyatnya Penderasan Turbo Asahan, Sumatera Utara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel