Fenomena Danau Kaco Kerinci, Jambi

Seumatera populer dengan kekayaan alamnya, Gunung yang menjulang dihiasi hutan yang hijau, serta danau dan pantai yang mempesona. Di Sumatera mungkin Danau Maninjau dan Danau Toba yang paling banyak diketahui, namun ada satu danau yang pesonanya lebih luar biasa dari kedua danau tersebut.











Danau Kaco (velyzz)

Danau Kaco/Kaca merupakan danau yang terlentak di Kabupaten Kerinci, Jambi, tepatnya di Desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya. Danau ini berada di tempat Taman Nasional Kerinci Seblat. Danau Kaco bisa dicapai dari Sungai Penuh, dimana jarak antara Jambi ke Sungai Penuh sendiri sekitar 500 km, dengan waktu tempuh 10-11 jam. Sedangkan dari Sungai Penuh Desa Lempur membutuhkan waktu 45 Menit dengan kendaraan roda empat atau pun roda dua.











Danau Kaco (soloraya.com)

Untuk mencapai danau dari desa pengunjung harus melakukan trekking menelusuri hutan selama 3 sampai 5 jam. Perjalanan yang cukup berat, namun keindahan alam dan kesejukan udara bisa mengurangi rasa penat yang terasa. Sebuah riam di tengah perjalanan juga menjadi tempat istirahat sempurna untuk mengumpulkan tenaga kembali.











Danau Kaco (tenakkroto.blogspot.com)

Danau Kaco merupakan danau yang sangat amazing, airnya jernih berwarna biru kristal yang sangat terang. Fenomena yang timbul dari danau ini adalah, ketika bulan purnama dan langit cerah, danau ini akan memancarkan cahaya yang terperinci dari dalam danau, bahkan beberapa pendaki mengatakan, jikalau berkemah ketika purnama di sekitar lokasi, kita tidak perlu menyalakan api untuk penerangan, bahkan cahayan seperi lampu sorot yang mengarah ke langit.











Danau Kaco (vickiandriansyah)

Menurut legenda yang dipercaya masyarakat, di dasar danau terdapat intan-intan dan permata yang disimpan oleh Raja Gagak, batu mulia tersebut didapat dari persembahan pangeran-pangeran yang ingin melamar putri sang raja yang bernama Putri Nepal Melintang. Karena ketamakan sang raja, semua benda mulia tersebut diterima dan raja sendiri karenanya bingung menentukan pangeran yang mana.











Jernihnya Danau Kaco (littlenomadid.com)

Tidak sampai di legenda saja, di dunia nyata, Danau Kaco merupakan satu dari beberapa nirwana alam  menjadi salah satu alasan kenapa Taman Nasional Kerinci Seblat menjasi Situs Warisan Dunia Unesco.
Sumber http://www.ondehmandeh.com/


Belum ada Komentar untuk "Fenomena Danau Kaco Kerinci, Jambi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel