Keindahan Danau Biru Sawahlunto, Sumatera Barat

Tanpa editan, Danau Biru atau Tamosu ini benar-benar berwarna biru yang sangat indah, sehingga Danau ini bagaikan nirwana alam baru di Sumatera Barat. Danau yang terletak di Parambahan, Kecamatan Talawi ini menjadi primadona di Sosial Media Ranah Minang. Gayung bersambut, Dinas Pariwisata Sawahlunto pun tengah berbagi tempat tersebut menjadi objek wisata unggulan di Kota Kuali. Sawahlunto belakangan sangat populer dengan aneka macam objek wisata sejarah yang dikelola sangat baik oleh Pemerintah dan Dinas Pariwisata, dan dengan dikelolanya Danau Biru maka objek wisata di Sawahlunto akan semakin kaya dengan komplemen kategori wisata alam yang memang tidak banyak terdapat di Kota Kecil ini.











Danau Biru Tamuso (@danu_nasution)











Keindahan danau Biru Sawahlunto (@van__tony)

Untuk mencapai lokasi pengunjung harus mencapai Taman Satwa Kandi terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan perjalanan menyusuri tanah bebatuan di area tambang, jarak Taman Satwa Kandi ke danau sekitar 6 km. Disarankan untuk memakai sepeda motor khusus atau sepeda motor maupun mobil yang cukup tangguh untuk melewati medan ini, alasannya ialah jalan berbatu yang cukup tajam akan menjadi tantangan tersendiri ketika merayap menuju lokasi danau.











Danau Biru Sawahlunto (padangmedia.com)

Danau ini merupakan danau yang tidak sengaja terbentuk, bahkan orang Sawahlunto sendiri memperlihatkan “antah dari ma se tiba aia nyo” atau entah dari mana tiba air nya. Danau ini merupakan suatu cekungan bekas galian tambang kerikil bara yang usang kelamaan menjadi danau kecil yang indah. Ya, Sawahlunto sebelumnya sangat mengandalkan kerikil bara sebagai sumber utama perekonomian, seiring dengan semakin  sedikitnya kerikil bara, bekas-bekas nya pun disulap menjadi objek wisata yang menarik.












Danau Biru (@ded_arian)

Danau Biru Sawahlunto menyajikan pemandangan yang unik, Danau yang biru dengan berpadu dengan pepohonan hijau di tebing tebing kerikil menciptakan tempat ini bagaikan oasis di tengah gurun. Anda juga akan terpuaskan dengan foto-foto anggun yang siap di share ke sosmed. Fenomena yang cukup unik alasannya ialah hampir semua danau bekas tambang air nya selalu berwarna biru atau hijau yang anggun dan terang, seperti hanlnya Danau Kaolin di Belitung atau Danau Pengaron di Kalimantan Selatan.











Danau Biru (@govanaadventure)

Beberapa danau bekas tambang di Indonesia sangatlah mempesona, Danau-danau tersebut memang anggun namun terkadang menyisakan cerita miris dimana lahan bekas tambang tidak direhabilitasi dan hanya menyisakan tumpukan bekas tambang, ondeh mandeh. ketika ini banyak bekas tambang yang menjadi objek wisata, mari kita jaga dengan tidak membuang sampah sembarangan, jangan menambah jelek keadaannya yang bahu-membahu sudah rusak akibat aktifitas tambang. Apa salahnya membawa kembali sampah anda yang tidak sampai satu kantong plastik menengah dan membuangnya ke tempat sampah yang terjangkau oleh truk sampah.
Sumber http://www.ondehmandeh.com/


Belum ada Komentar untuk "Keindahan Danau Biru Sawahlunto, Sumatera Barat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel