Pantai Ora : Surga Tersembunyi di Maluku Tengah

Sebagai negara dengan garis pantai terpanjang kedua di dunia, Indonesia adalah rumah bagi banyak pantai yang indah, dan telah memenangkan berbagai penghargaan untuk itu. Salah satu pantai ini adalah Pantai Ora, tersembunyi di pantai utara Pulau Seram. Tujuan wisata yang eksotis dan sangat terpencil, Pantai Ora sempurna untuk wisata lingkungan dan berbulan madu. Sederet pondok-pondok kayu berjejer di pantai berpasir putih yang menghadap ke perairan jernih dari Teluk Sawai, dan dengan latar belakang tebing kapur dan gunung yang megah, tertutup rimbun, taman tropis. Pulau Seram terkenal karena kehidupan burung yang melimpah. Dari 117 spesies yang ditemukan di pulau itu, 14 di antaranya adalah endemik Seram.


Seram adalah pulau terbesar di provinsi Maluku, berukuran sekitar 16.000 kilometer persegi, namun rumah bagi populasi hanya sekitar 170.000. Itu terletak tepat di utara yang lebih kecil dan lebih historis dikenal pulau Ambon. Provinsi Maluku terletak di antara pulau-pulau Sulawesi dan Papua yang lebih besar. Lokasi geografis Seram di tengah-tengah beberapa lempeng tektonik. Sebuah pegunungan memanjang di pulau, gunung tertinggi, Gunung Binaya, memuncak pada lebih dari 3.000 meter. Pulau ini tertutup terutama di hutan hujan tropis yang lebat, berbatasan di satu sisi oleh tebing yang menjulang dan lainnya dengan pantai berpasir putih, dan akhirnya dikelilingi oleh laut biru jernih.




Aktifitas


Sebagaimana pulau bergunung-gunung dan berhutan lebat, Seram menawarkan banyak kesempatan bagi pecinta alam luar untuk pergi trekking, hiking, dan sejenisnya. Bagi mereka yang memiliki kesabaran, dan mata yang baik, melihat berapa banyak kehidupan burung Seram yang unik bisa Anda lihat!


Laut sekitarnya jernih, dan tampilan luar biasa terumbu karang berwarna-warni, dengan banyak ikan dan makhluk laut lainnya hidup di dalamnya; banyak yang terlihat bahkan sebelum Anda menenggelamkan diri di bawah permukaan kaca. Teluk Sawai, menghadap Pantai Ora, adalah tempat yang paling populer di pulau untuk menyelam dan snorkeling, untuk melihat lebih dekat di kebun bawah air yang megah dan penghuninya. Tidak ada toko-toko perlengkapan menyelam di pulau Seram, sehingga pengunjung disarankan untuk membawa perlengkapan sendiri, atau menyewa dari Ambon sebelum memulai perjalanan ke Seram.


Tips


-Pastikan untuk membawa cukup uang dari Ambon, karena tidak ada ATM atau Bank di pulau.


-Karena hanya ada satu restoran di Pantai Ora pengunjung disarankan untuk membawa makanan mereka sendiri atau makanan ringan juga.


-Jika Anda berencana untuk pergi menyelam atau snorkeling, peralatan harus disewa sementara di Ambon.


-Snorkeling harus dilakukan di perairan yang lebih dalam, karena meskipun perairan dangkal sama-sama memiliki terumbu karang yang berlimpah, berenang di perairan ini dapat merusak terumbu karang.


Penginapan


Ora Beach Resort adalah sebuah resor milik keluarga di bagian terpencil dari Pulau Seram, dan hanya dapat diakses dengan perairan. Resort ini terletak antara Teluk Sawai, tebing terjal, puncak hutan dan desa Salesman. Resort terdiri dari 5 bungalow, 6 kamar standar dan restoran.


Mencapai Lokasi


Langkah pertama adalah untuk mencari penerbangan ke Pattimura Airport Ambon dengan penerbangan yang tersedia dari Jakarta, Surabaya, Makassar, dan kota-kota lain di seluruh Indonesia.


Dari bandara, menyewa mobil dan meneruskan ke Pelabuhan Tulehu, yang akan membawa Anda sekitar 30 menit. Dari sana, dilanjutkan naik Ferry ke Masohi, di Pulau Seram dan perjalanan akan memakan waktu antara 1,5-2 jam, tergantung pada jenis kapal yang Anda pilih. Setelah itu, 2 jam dengan mobil di sepanjang jalan hutan yang curam dan berkelok-kelok sampai Anda tiba di desa nelayan kecil Salesman. Akhirnya perjalanan akan lagi naik perahu dari desa ke Ora Beach Resort yang hanya akan memakan waktu sekitar 10 menit.


Belum ada Komentar untuk "Pantai Ora : Surga Tersembunyi di Maluku Tengah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel