18 Daerah Wisata Di Kerinci Yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Kerinci – Kabupaten Kerinci yakni salah satu kabupaten di Provinsi Jambi, Indonesia. Kerinci ditetapkan sebagai Kabupaten sejak awal berdirinya Provinsi Jambi dengan pusat pemerintahan di Sungai Penuh. Pada tahun 2011, pusat pemerintahan berpindah ke Siulak. Kabupaten Kerinci mempunyai luas 3.355,27 km² terdiri atas 12 kecamatan. Nama kerinci berasal dari bahasa tamil yaitu kurinji, yang merupakan nama bunga yang tumbuh di kawasan pegunungan india selatan.

Keindahan bumi sakti alam kerinci memang menarik banyak para wisatawan domestik maupun mancanegara. Daerah yang berjarak 418 km dari kota Jambi ini, mempunyai julukan ‘sekepal tanah dari surga’. Rasanya pantas kata itu disematkan kepada Kerinci lantaran keindahan alamnya. Tak heran, Kerinci kerap dijadikan tempat syuting kegiatan wisata di Televisi dan menjadi lokasi syuting film. Selain keindahan alam, Kerinci juga kaya akan budaya.


Baca ini : Tempat Wisata di Jambi yang Wajib Dikunjungi


Suku Kerinci mempunyai banyak tarian tradisional ibarat Tarian Asyeik Naik Mahligai, Mandi Taman, Ngayun Luci, tari Rangguk, Sike Rebana, dan Iyo-iyo. Anda akan butuh banyak transleter jikalau berkunjung ke desa-desa di Kerinci, lantaran bahasa tiap desa berbeda-beda. Ada lebih dari 130 dialek bahasa yang berbeda di tiap-tiap desa di kawasan Kerinci. Tapi jangan khawatir, lantaran masyarakat Kerinci mampu berbahasa Indonesia dengan lancar.


Tempat Wisata di Kerinci yang Wajib Dikunjungi
Di Kerinci berbagai tempat-tempat wisata yang menarik. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini yakni sejumlah tempat wisata di Kerinci paling menarik dan patut Anda kunjungi tatkala berada di Kerinci.


Tempat Wisata Pendakian Gunung Kerinci












Gunung Kerinci

Gunung Kerinci merupakan salah satu icon jambi. Julukan sebagai Atapnya Sumatera karna merupakan Gunung tertinggi di sumatera menjadikan nama jambi dikenal oleh banyak masyarakat Indonesia. Gunung kerinci mempunyai ketinggian 3.805 meter dpl yang terletak di Kayu Aro.


Keindahan gunung ini menjadikannya salah satu tujuan pendaki lokal maupun pendaki wisatawan asing. Jika anda mempunyai jiwa berpetualang maka sangat cocok untuk mencoba mendaki gunung ini. Namun anda harus mempunyai persiapan yang baik, alasannya beratnya medan untuk hingga ke medan ini menjadi tantangan sendiri untuk menguji adrenalin pentualangan anda.


Tempat Wisata Danau Gunung Tujuh











Danau Gunung Tujuh

Jika NTT mempunyai pesona Danau Kalimutu yang berada di ketinggian. Maka Kerinci juga mempunyai danau yang tak kalah indahnya, yaitu danau Gunung Tujuh. Danau ini berada di puncak Gunung Tujuh dan menjadi salah satu danau kaldera tertinggi di Asia Tenggara dengan luas sekira 960 hektar, panjang 4,5 km, serta lebar 3 km. Ketinggian danau tersebut sekira 1,950 meter di atas permukaan laut. Lokasinya berada di Desa Pelompek, Kecamatan Ayu Aro, Kabupaten Kerinci, Jambi.


Mungkin Anda sudah menebak kenapa danau ini dinamai danau gungung tujuh. Benar, dinamai Danau Gunung Tujuh lantaran dikelilingi tujuh puncak gunung di sekitarnya. Gunung-gunung tersebut, yaitu: Gunung Hulu Tebo (2.525 meter), Gunung Hulu Sangir (2.330 m), Gunung Madura Besi (2.418 m), Gunung Lumut yang ditumbuhi berbagai jenis lumut (2.350 m), Gunung Selasih (2.230 m), Gunung Jar Panggang (2.469 m), dan Gunung Tujuh (2.735 m).


Tempat Wisata Perkebunan Kayu Manis











Perkebunan Kayu Manis

Selain penghasil teh kerinci juga merupakan penghasil Kayu Manis yang telah diekspor di beberapa Negara di dunia. Sejak zaman penjajahan belanda masyarakat setempat telah menanam kayu manis di kawasan ini. Jika anda berencana melihat tumbuhan rempah yang sering kita gunakan untuk memasak maka anda mampu berkunjung di bukit talang kemuning yang terdapat perkebunan Kayu Manis disana.


Tempat Wisata Danau Kaco Kerinci











Danau Kaco

Danau Kaco sebutan warga kerinci yang berarti kaca, mempunyai air yang bening dan kebiruan. Terletak di ketinggian 1.289 meter diatas permukaan maritim menjadikan danau ini salah satu objek wisata yang paling diburu oleh para wisatawan. Keelokan danau nan biru dan bening memanjakan mata pengunjung untuk melihat Ikan Semah yang jumlahnya ribuan berlalu lalang mengitari kedalaman danau. Ukuran Danau Kaco memang tak begitu besar hanya sekitar 30 x 30 Meter, namun keindahannya memaksa para wisatawan untuk betah berlama-lama menikmati keindahannya.


Ada satu hal yang sekarang masih menjadi misteri Danau Kaco yaitu kedalamannya. Sebab peneliti sudah mencoba untuk mengetahui dasar danau tersebut, namun cadangan oksigen selalu keburu habis sebelum peneliti mencapai dasar. Sehingga sekarang tak ada yang tau niscaya berapa kedalaman Danau Kaco nan manis ini. Danau Kaco ini terletak di Sei Penuh, Desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya. Yang apabila dari pusat kota Sungai Penuh mampu ditempuh dengan waktu 45 menit memakai motor. Selanjutnya untuk mencapai lokasi Danau Kaco pengunjung diharuskan berjalan kaki sejauh 4-5 jam menyusuri hutan.


Area ini sangatlah rawan, sehingga jikalau akan berkunjung disarankan memakai guide sebagai penunjuk jalan, semoga anda tidak kesasar. Selain itu jikalau anda mempunyai planning untuk pulang hari maka sebaiknya perjalan dimulai sepagi mungkin, jikalau tidak anda mampu kemalaman di dalam hutan sewaktu jalan pulang. Dan apabila anda berencana menginap maka disarankan untuk mempersiapkan segalanya termasuk kuliner serta tenda, semoga anda tak kelaparan dan kedinginan pada malam harinya.

Tempat Wisata Danau Kerinci











Danau Kerinci

Tempat Wisata kerinci yang wajib dikunjungi selanjutnya yaitu Danau Kerinci. Terletak di kaki Gunung Raja, Kecamatan Danau Kerinci menjadikan banyak wisatwan berkunjung disini. Danau yang sangat luas dengan luas 4200 Ha dengan kedalaman 110 M berada diketinggian 783 M dpl dengan diameter keliling danau sepanjang 70 km menjadikannya danau yang terluas kedua sehabis Danau Toba. Pemandangan yang sangat manis menjadikan tempat ini wajib dikunjungi.


Berjajarnya perahu-perahu masyarakat di atas danau menjadi pemandangan manis tersendiri. Sebab danau ini selain menjadi mata pencaharian sebagian nelayan masyarakat disini juga dipakai untuk memenuhi kebutuhan air minum warga. Selain itu jikalau anda berencana mengunjungi danau ini maka anda mampu membawa pancing, untunk memancing di danau ini. Kemudian mampu berenang dan berkemah bersama keluarga.


Tempat Wisata Danau Lingkat Kerinci











Danau Lingkat

Danau Lingkat merupakan sebuah Danau yang masih alami. Danau ini terletak di pinggiran hutan Taman Nasional Kerinci Seblat yang berdekatan dengan Desa Lempur Mudik. Luasnya mencapai kurang lebih sekitar 12 ha dan berada pada ketinggian 1.100 m dpl. Hal yang menarik pada obyek wisata danau ini, yakni masih mampu didengar suara binatang, seperti, Siamang dan yang lainnya ketika matahari mulai bersinar.


Menjelajahi danau dengan rakit dan melihat batu yang unik berwarna-warni didasar danau yang mampu dilihat dari permukaan air. Orang menyebutnya Batu Belang. Danau yang airnya berwarna hijau pekat tersebut mampu ditempuh dengan sepeda motor maupun mobil. Dari Desa Lempur perjalanan hanya butuh waktu sekitar 10 menit, atau sekitar 1 jam dari Kota Sungai Penuh.


Danau ini selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal setiap hari raya dan hari-hari libur. Keindahan alam Danau Lingkat sungguh menawan dan mengundang decak kagum bagi yang melihatnya. Disamping airnya yang berwarna hijau, di sekitar lokasi ini pun, sangat banyak ditemukan jajaran pepohonan yang daunnya terdapat “Kantong Semar”, yang sekarang banyak diburu para pengusaha maupun pelancong untuk dijual keluar negeri.


Tempat Wisata Air Terjun Talang Kemulun











Air Terjun Talang

Air Terjun Talang Kemulun merupakan destinasi wisata yang terletak di kawasan Tanaman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) yang masih terjaga kealamiannya. Terletak di dalam hutan yang lebat dan jalan yang semak berlukar, menjadikan Air Terjun Talang Kemulun belum terlalu popular dari Wisata lainnya yang terdapat dikerinci.


Namun keindahan riam Talang Kemulun ini sangat manis dan terdiri dari 12 tingkat. Untuk mampu hingga dilokasi ini maka anda harus menempuh jarak 21 Km dari Kota Sungai Penuh Dan 30 Km dari Desa Sanggaran Agung.


Tempat Wisata Air Terjun Telun Berasap











Air Terjun Telun

Jika anda dari Gunung Kerinci maka tak ada salahnya untuk mampir ke Air Terjun Telun Berasap yang manis ini. Letaknya yang erat dengan kawasan Gunung Kerinci menjadikan para pendaki mampu menikmati indahnya riam ini. Nama Telun berasap berasal dari proses jatuhnya aliran air dengan debit yang tinggi, sehingga membuat kabut air disekelilingnya.


Berada di kawasan TNKS aliran riam berasal dari sungai yang berhulu di Dana Gunung 7. Keindahan akan riam yang sekilas berbentuk asap menambah keeksotisan Air Terjun Ini. Banyak yang memperlihatkan dibalik riam ini terdapat Goa yang hingga sekarang belum ada yang berhasil memasukinya disebabkan derasnya debit air.


Air Terjun Telun Berasap menjadi pilihan wisata wajib yang patut dikunjungi. Jika anda ingin mengunjunginya maka jarak yang ditempuh dari sungai penuh sekitar 60 Km menuju Desa Telun Berasap yang mampu ditempuh dengan memakai mobil. Dari pintu masuk jarak ditempuh sekitar 300 meter dengan jalan kaki menuruni anak tangga yang licin, sehingga pengunjung wajib berhati-hati melewatinya.

Tempat Wisata Air Terjun Pancuran Rayo











Air Terjun Pancuran Rayo

Air Terjun Pancuran Rayo merupakan riam baru yang terletak di Desa Koto Tuo, kecamatan Keliling Danau. Sama ibarat riam lainnya, riam ini mempunyai keindahan yang tersembunyi di dalam rimbunnya hutan belantara. Tak banyak yang mengetahuinya, sampai-sampai namanya tak tertera di papan penunjuk jalan yang dibentuk oleh Dinas Perhubungan. Air Terjun Pancuran Rayo ini menjadi salah satu wisata yang wajib anda kunjungi apabila ke kerinci.


Jika anda ingin berkunjung maka mampu menuju Desa Koto Tuo. Pintu masuk riam di sebelah kanan jalan, jaraknya 15-20 menit dari sei penuh. Setelah memasuki gang jalan kecil maka nantinya anda akan bertemu dengan papan sepanjang 30 cm yang bertulis “Lorong Air Terjun”. Jika anda membawa kendaraan maka mampu dititip dengan biaya penitipan Rp.5.000 kemudian untuk mampu mencapai air terjunnya anda diharuskan berjalan untuk mampu mencapai lokasinya.


Tempat Wisata Air Panas Semurup Kerinci











Air Panas Semerup

Air panas Semerup merupakan kejutan alam dari bumi kerinci. Bagaimana tidak ditengah udara masbodoh yang menyelimuti tanah kerinci, ada sebuah titik panas yang terlahir simpulan kegiatan Vulkanik. Leatknya di Desa Baru, Kecamatan Air Hangat. Untuk hingga disini mampu ditempuh memakai kendaraan beroda dua dan beroda empat dengan jarak tempuh sekitar 11 Km dari Sungai Penuh. Air Panas Semerup menjadi salah satu wisata yang wajib dikunjungi apabila anda berkunjung kesini.


Jika anda berencana menginap maka tersedia hotel di sungai penuh dengan tarif hotel sekelas melati Rp.100.000/malam, sedangkan jikalau ingin hotel dengan akomodasi tidak mengecewakan baik maka mampu menginap di hotel Kerinci dengan harga sewa Rp.220.000/ malam. Apabila anda berkunjung ke Air panas ini maka anda harus memperhatikan bahwa tidak semua air panas ini mampu dipakai untuk mandi, hal ini disebabkan suhu panas yang mencapai 85 derajat sehingga sangat berbahaya bagi akktivitas manusia.

Tempat Wisata Masjid Agung Podok Tinggi











Masjid Agung Pondok

Masjid Agung Pondok Tinggi ini. Terletak di Kota Sungai Penuh menjadikan Masjid ini bangunan yang manis dan bersejarah. Mesjid ini merupakan salah satu mesjid kuno dengan arsitektur nusantara, beratap tumpang, dan berkonstruksi kayu. Sehingga jikalau anda ingin tau akan kekokohannya yang hingga ketika ini masih terjaga maka anda mampu mengunjungi mesjid ini.

Tempat Wisata Kawasan Wisata Aroma Peko











Kawasan Area Wisata Pekko

Kawasan Area Wisata Pekko terletak di dalam perkebunan teh kayu aro. Bentuk danau yang tak terlalu besar ini menjadi pemandangan manis tersediri bagi para wisatawan. Sekali mendayung dua tiga pulau terlampau jikalau kata pepatah. Sembari menikmati keindahan kebun teh kita juga mampu menikmati keindahan danau di kawasan Area Wisata Pekko ini.


Tempat Wisata Goa Kasah Kerinci











Goa Kasah

Goa Kasah merupakan habitat kelelawar dari berbagai jenis burung. Gua ini terletak pada ketinggian 1.400 mdpl dengan ukuran ruang utama gua yakni 15m X 8m dan tinggi 15 m, kegiatan yang mampu dilakukan ibarat photo hunting, camping dan pengamatan satwa. Dengan menempuh perjalanan lebih kurang 2 3 jam dari pinggir rawa bento.


Gua Kasah ini dikenal oleh masyarakat setempat sebagai gua peninggalan sejarah. Bukti dari sejarah tersebut pada adegan dinding gua terdiri dari batu alam dengan motif hiasan /ukiran yang berbentuk piramid dan beberapa obsidian. Goa kasah merupakan goa yang ada di Kabupaten Kerinci, yang hingga ketika ini masih menyimpan sejuta misteri, yakni Goa Kasah, yang berada di kawasan Desa Renah Kasah, Kecamatan Kayu Aro.


Tempat Wisata Perkebunan Teh Kayu Aro











Perkebunan Teh Kayu Aro

Salah satu perkebunan teh terindah dan terluas di Indonesia yakni kebun teh Kayu Aro. Lokasi tepatnya di kaki sebelah selatan Gunung Kerinci, Gunung teritinggi di sumatera (3.805 meter dari permukaan laut). Mata kami ibarat tak ingin berkedip ketika melintasi perkebunan teh Kajoe Aro yang dibuka sejak tahun 1925 M. Bagi penikmat agrowisata, ini merupakan spot wisata terbaik dan Teh Kayu Aro yakni teh Ekspor yang terbaik di Indonesia.


Tempat Wisata Taman Nasional Kerici Seblat 











Taman Nasional Kerinci Seblat

Taman Nasional Kerinci Seblat Merupakan Taman Nasional terbesar di Sumatera. Taman nasional ini juga mempunyai beragam tumbuhan dan fauna. Sekitar 4.000 spesies tumbuhan tumbuh di wilayah taman nasional termasuk bunga terbesar di dunia Rafflesia arnoldi, dan bunga tertinggi di dunia, Titan Arum. Fauna di wilayah taman nasional terdiri antara lain Harimau Sumatera, Badak Sumatera, Gajah Sumatera, Macan Dahan, Tapir Melayu, Beruang Madu, dan sekitar 370 spesies burung.


Diterimanya Warisan Hutan Hujan Tropis Sumatera ke daftar Situs Warisan Dunia oleh UNESCO, membuat Taman Nasional Kerinci Seblat juga diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Bersama dengan Taman Nasional Gunung Leuser dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan.


Tempat Wisata Bukit Khayangan











Bukit Khayangan

Bukit Khayangan ibarat Negeri Diatas Awan, itu julukan yang tepat disematkan kepada Bukit Khayangan. Bukit yang merupakan rangkaian dari bukit barisan yang mengelilingi sebagian wilayah kerinci. Tampak manis ketika berada diatasnya, jikalau cuaca terang maka pengunjung mampu melihat sebagian wilayah kerinci dari atas dengan indah, dan apabila cuaca mendung serta berkabut maka pemandangan mirip pengunjung sedang berapa di Negeri Diatas Awan.


Bukit Khayangan mampu menjadi pilihan wisata anda. Bukit yang terletak di Desa Renah Kayu Embun, tidak terlalu jauh dari desa Sei Penuh. Puncak bukit khayangan mempunyai tinggi kurang lebih 1.500 meter dpl yang mampu ditempuh dengan waktu 1,5 jam dari kota sei penuh.


Baca ini : Tempat Wisata di Belitung yang Wajib Dikunjungi


Demikian mengenai 18 Tempat Wisata di Kerinci yang Wajib Dikunjungi nah semoga ini mampu bermanfaat untuk kalian semua, jikalau anda ingin bertanya wacana artikel ini, anda mampu berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.
Sumber http://www.anekawisataseru.net/


Belum ada Komentar untuk "18 Daerah Wisata Di Kerinci Yang Wajib Dikunjungi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel