19 Kawasan Wisata Di Brebes Yang Paling Diminati Pengunjung

Tempat Wisata di Brebes – Brebes merupakan sebuah kabupaten yang terdapat di jawa Tengah dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Cirebon Jawa Barat. Karena lokasinya yang berdekatan dengan Jawa Barat ada beberapa orang yang memakai bahasa Sunda sebagai bahasa sehari hari disamping Bahasa Jawa tentunya. Bahasa Jawa di Brebes mempunyai dialek yang khas dimana biasanya orang menyebutnya dengan bahasa ngapak.

Memang ini yaitu salah satu kekayaan budaya kita yang mesti kita lestarikan bersama. Menurut beberapa sumber, Brebes menjadi kabupaten yang mempunyai jumlah penduduk terbanyak di Provinsi Jawa Tengah dan menjadi kabupaten terluas ke dua setelah Kabupaten Cilacap. Kabupaten yang berada diperbatasan wilayah provinsi Jawa Tengah dan Jawa Barat ini populer dengan bahasa ngapaknya.


Baca ini : Tempat Wisata di Kendal yang Wajib Dikunjungi


Tempat Wisata di Brebes yang Paling Diminati Pengunjung
Nah Adapun beberapa tempat wisata di Brebes yang sudah cukup populer dan bisa menjadi tujuan anda untuk berlibur diantaranya.


1. Tempat Wisata Curug Putri Brebes











Curug Putri Brebes

Tempat wisata alam yang ada di Brebes yang tak kalah indahya dengan tempat lainnya. Salah satu wisata alam yang ada di Brebes yaitu Curug Putri. Curug Putri mempunyai pemandangan yang mengagumkan yaitu sebuah penderasan setinggi 35 meter dimana di sekitar penderasan terdapat tebing yang seperti terdapat tabrakan dipermukaannya.


Curug Putri bisa ditempuh selama 30 menit perjalanan dengan kendaraan dari pertigaan Kalisalak Desa Benda ruas jalan utama Tegal-Purwokerto. Sesampainya di Desa Mendala, perjalanan dilanjutkan menuju Dukuh Padanama. Alamat Curug Putri sendiri ada di Dukuh Padanama, Desa Mandala, Kec. Sirampog, Kab. Brebes


2. Tempat Wisata Kebun Teh Kaligua Brebes 











Kebun Teh Kaligua

Kaligua merupakan sebuah tempat wisata agro dataran tinggi yang terletak di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Tepatnya di wilayah Brebes adegan selatan. Agrowisata Kaligua dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara IX (Persero) Jawa Tengah dan merupakan diversifikasi perjuangan untuk meningkatkan optimalisasi aset perusahaan dengan daya dukung potensi alam yang indah.


Hasil pengolahan perkebunan teh Kaligua yaitu berupa produk hilir teh hitam (black tea) dengan brand “Kaligua” dalam kemasan teh celup dan serbuk. Di sini merupakan obyek wisata yang sangat cocok buat anda yang hobby melihat pemandangan. Di sini anda bakalan mendapati pemandangan landscape yang indah, dipadukan dengan udara yang sejuk. Wisatawan yang berkunjung bisa menikmati hangatnya teh hitam Kaligua di lokasi atau membelinya untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.


3. Tempat Wisata Pemandian Air Panas Tirta Husada Brebes











Pemandian Air Panas Tirta Husada

Pemandian Air Panas Tirta Husada yaitu objek wisata yang terletak di desa Kedungoleng adegan Barat tepatnya di pedukuhan Cipanas. Pemandian Air Panas Tirta Husada sebagai salah satu tempat wisata pemandian air panas alami yang dipercaya banyak orang bisa dimanfaatkan untuk terapi banyak sekali macam penyakit seperti penyakit kulit, rematik, pegal-pegal, linu dan lain-lain dengan berendam.


Selain itu juga sering di jadikan tempat rekreasi bersama keluarga yang cukup nyaman. Obyek wisata ini dilengkapi dengan kemudahan kolam renang anak, kamar mandi dan kamar mandi VIP, bahkan juga ada Cafe dan family karaoke. Tiket masuk ke sini yaitu sekitar Rp. 6.000,-


4. Tempat Wisata Kolam Renang Ciblon Waterboom Brebes











Ciblon Waterboom

Ciblon Waterboom yaitu sebuah waterboom unggulan di Kabupaten Brebes. Wisata keluarga di Brebes ini sangat cocok untuk didatangi bersama keluarga terutama dikala liburan tiba. Sarana yang dimiliki Ciblon Waterboom berupa permainan baskom tumpah dengan kedalaman kolam setengah meter.


Selain itu, ada lintasan kolam biasa dengan kedalaman antara 1,5 hingga 1,8 meter juga ada Slider (slorotan) yang mempunyai ketinggian hingga 12 meter dan kedalaman kolam hingga 50 hingga 60 meter. Dilengkapi juga dengan kemudahan sauna, fitnes, senam aerobik, cafe. Selain itu terdapat gazebo untuk para pengunjung, kamar ganti dan lahan parkir yang cukup luas.


Lokasi Ciblon Waterboom ini sendiri ada di Jalan Yos Sudarso, Kota Brebes.


5. Tempat Wisata Waduk Penjalin Brebes











Waduk Penjalin Brebes

Brebes juga mempunyai destinasi wisata waduk lain yaitu Waduk Penjalin. Waduk Penjalin mempunyai luas sekitar 1,5 km persegi yang dibentuk pada masa Pemerintahan Belanda atau sekitar tahun 1930. Waduk Penjalin terletak di Desa Winduaji, Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes.


Saat ini belum banyak wisatawan dari luar tempat yang berkunjung ke tempat wisata murah di Brebes ini. Pengunjung paling banyak masih dari warga sekitar waduk.


6. Tempat Wisata Waduk Malahayu Banjarharjo Brebes











Waduk Malahayu

Waduk Malahayu merupakan sebuah bendungan peningggalan penjajahan Belanda yang terletak di Daerah kabupaten brebes ,banjarharjo tepatnya di desa yang bernama desa malahayu ,waduk ini sangat mengagumkan sekali,cuman yang perlu disayangkan kini perawatan yang kurang maksimal ,sehingga pesona keindahan waduk malahayu aga memudar.


Lokasi tempat wisata ini ada di desa Malahayu, Kec. Banjarharjo, kab. Brebes. Selain sebagai tempat rekreasi, waduk Malahayu ini juga difungsikan sebagai pengontrol banjir dan irigasi. Di sini kamu selain bisa melihat pemandangan waduk, anda akan dimanjakan dengan panorama pegunungan dan hamparan hutan jati. Buat anda yang hobby berkemah, di sini juga disediakan tempat untuk berkemah. Tiket masuk untuk berwisata ke waduk ini yaitu Rp. 5.000.


7. Tempat Wisata Pantai Randusanga Brebes











Pantai Randusanga

Pantai Randusanga merupakan sebuah pantai yang terletak di Randusanga kulon, Brebes, atau 7 km dari tempat jalan raya pantura. Pemandangan pantai ini cukup indah. Di tempat pantai ini dimanfaatkan untuk membudiyakan rumput bahari dan ikan bandeng. Di pantai ini anda bisa menikmati pemandangan pantai yang berpasir putih dengan ombak yang tidak terlalu besar. .


Selain itu, Di sini juga terdapat kuliner khas yaitu rujak uleg, bisa dicoba tuh. Fasilitas yang ada disini yaitu mainan anak, panggung gembira, arena balap motor (grass track), camping ground, kafe dan rumah makan khas ikan bahari bakar serta kios-kios yang menjual oleh-oleh khas Brebes berupa telur asin dan bawang merah. Tiket masuk kepantai ini cuma Rp. 10.000.


8. Tempat Wisata Candi Pangkuan Brebes











Candi Pangkuan Brebes

Selain populer dengan wisata alamnya, Kabupaten Brebes juga terdapat wisata sejarahnya yaitu Candi Pangkuan. Candi Pangkuan ini terdapat di Desa Cilibur, kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes. Candi Pangkuan pertama kali ditemukan oleh warga sekitar tahun 1965.


Sampai kini belum terang wacana sejarah Candi Pangkuan ini alasannya tidak ada prasasti atau catatan sejarah yang menjelaskan eksistensi caandi ini. Menurut warga sekitar candi ini merupakan peninggalan masyarakat terdahulu yang dipakai sebagai tempat pemujaan.


9. Tempat Wisata Desa Wisata Ciseureuh Brebes











Desa Ciseureuh

Tempat Wisata Desa Cisereuh ini letaknya di kaki gunung Kumbang, tepatnya di pedukuhan Jalawastu, desa Ciseureuh, Kec. Ketanggungan, Kab. Brebes. Di desa ini masih sangat kental sekali dengan budaya dan tradisi lokal daripara leluhur yang masih masyarakat sini jaga.


Di sini anda bisa melihat tradisi unik yang sudah mendarah daging dengan masyarakat orisinil sini. Beberapa hal unik lainnya yaitu seluruh rumahnya beratap seng dan berdinding kayu, seluruh rumah di tempat ini dihentikan beratap genting dan dihentikan berdinding tembok, dihentikan memakai semen juga keramik. Selain itu, penduduk di sini juga pantang menanam bawang merah.


10. Tempat Wisata Ranto Canyon Brebes











Ranto Canyon

Ranto Canyon merupakan destinasi wisata baru yang berada di Brebes tepatnya di desa Tembongraja, kecamatan Salem. Ranto canyon merupakan sebuah tempat dimana terdapat penderasan dan sungai yang cukup mengagumkan dan di batasi oleh tebing yang eksotis.


Ranto canyon terletak di sebelah barat desa tembongraja, yang merupakan aliran sungai cigunung berada di tengah hutan dan masih jarang dikunjungi oleh masyarakat. Tempat ini hampir sama seperti green canyon yang sudah populer sebelumnya. Ranto canyon tidak kalah dengan green canyon alasannya tempat ini mempunyai beberapa titik yang bagus untuk dikunjungi dan untuk menikmati keindahan alam yang masih murni.


11. Tempat Wisata Agrowisata Besaran Brebes 











Agrowisata Besaran

Agrowisata Besaran yang masuk dalam jajaran tempat wisata di Brebes ini merupakan ekspansi perjuangan oleh PG Jatibarang. Lokasi agrowisata sendiri yaitu di bekas rumah dinas administratur atau sering di sebut dengan Mbesaran.


Oleh alasannya itu agrowisata yang dibentuk ini dinamai Agrowisata Mbesaran. Dengan biaya masuk yang cukup murah, hanya 3000 rupiah anda dan keluarga bisa bersenang-senang menikmati kemudahan seperti kereta wisata, kolam terapi ikan, flying fox, kolam renang dan bahtera ontel.


12. Tempat Wisata Pemandian Air Panas Cipanas Buaran Brebes











Cipanas Buaran

Nah Satu lagi Wisata Brebes berupa pemandian air panas yaitu Pemandian Air Panas Cipanas Buaran. Pemandian ini berada di Desa Pengebatan Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes.


Pemandangan di pemandian Cipanas Buaran ini cukup mengagumkan alasannya lokasinya di sekitar perbukitan yang terdapat pepohonan pinus disekitarnya. Udara di sekitar pemandian juga sangat sejik sehingga menambah suasana pegunungan yang khas.


13. Tempat Wisata Wisata Telaga Ranjeng Brebes











Tempat Wisata Telaga Ranjeng Brebes

Tempat Wisata Telaga Ranjeng Brebes sangat nyaman, udaranya segar, serta banyak ditemukan pohon-pohon rindang yang bisa dipakai untuk berteduh menghindari teriknya sinar matahari. Air yang tersedia di telaga juga masih jernih alasannya tidak boleh ada satu pun bahtera yang diperkenankan berlayar ke tengah telaga. Karena itulah kenapa keasrian dan kejernihan air selalu terjaga.


Selain itu, Telaga Ranjeng mempunyai panorama hutan pinus dan perkebunan teh yang letaknya tidak begitu jauh. Keadaan seperti ini niscaya bisa menciptakan anda takjub. Apalagi kalau tiap hari anda selalu melakukan rutinitas yang monoton dan dikejar-kejar deadline. Pergilah ke Telaga Ranjeng alasannya berdasarkan cerita banyak orang, mereka yang sedang gundah biasanya memerlukan tempat yang cocok untuk menenangkan diri.


Lokasi : Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes/


14. Tempat Wisata Kalibaya Park Brebes











Kalibaya Park

Pesona dan eksotisme alam Salem tampaknya tak pernah habis untuk di eksplore. Salah satu obyek wisata baru yang hadir yaitu Wana wisata Kalibaya Park, yang berada diatas Puncak Malio atau Gunung Lio.


Wana Wisata Kalibaya Park menyajikan pesona alam puncak gunung dengan viev Waduk Malahayu, dengan kemudahan permainan Outbound, Gardu pandang (Panyawangan), menara pantau , ATV Komodo track serta padang Savana. Tempat wisata yang dikelola oleh Lembaga Masyara kat Desa Hutan, Pemerintah Desa (Pemdes) Pasir Panjang, dan Karang Taruna.


15. Tempat Wisata Curug Awu Brebes











Curug Awu Brebes

Curug awu merupakan salah tempat wisata alam yang cukup menarik untuk di kunjungi di tempat Brebes. Curug Awu selain sebagai tempat wisata juga meningkatkan pendapatan orisinil tempat dan bisa mensejahterahkan masyarakat sekitar alasannya berkat Curug Awu maka banyak orang yang berbondong-bondong untuk mengunjungi tempat ini.


Keindahan alam dan kesejukan udara di tempat Curug Awu menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung Curug Awu. Curug Awu terletak di wilayah Dukuh Gronggongan Desa Wanareja, Kecamatan Sirampog , Kabupaten Brebes. Berada di tempat hutan lindung petak 20 dan 21. Lokasi Curug berada sekitar 3 kilometer ke arah utara Dukuh Gronggongan. Curug Awu mempunyai ketinggian 100 meter.


16. Tempat Wisata Hutan Mangrove Kaliwlingi Brebes











Hutan Mangrove Kaliwlingi Brebes

Hutan mangrove sebagai tujuan wisata dari Desa Wisata Pandansari Kaliwlingi Brebes. Kawasan hutan mangrove itu sengaja di buat untuk mencegah pengikisan yang makin meluas di pesisir pantai Brebes.


Hutan Mangrove tersebut juga difungsikan menjadi tempat biota bahari seperti kerang, kepiting, ataupun ikan. Sebagai penunjang tempat wisata ini, tracking atau tempat berjalan menyusuri rimbunnya mangrove serta burung bangau yang kerap berada di rimbunan ranting atas pohon mangrove, mulai dibuat.


17. Tempat Wisata Bukit Panenjoan Brebes











Bukit Panenjoan

Bukit Panenjoan Berada di Dusun Babakan Desa Wanoja, Bukit Panenjoan yaitu tempat strategis berada tak jauh dari jalan raya desa Windusakti-Capar. Sekitar 50 meter di pinggir jalan untuk melihat sunrise dan wilayah kecamatan Salem secara keseluruhan. Untuk melihat sunrise di sini, tidak perlu menunggu dari subuh atau pagi-pagi.


Bukit Panenjoan juga mempunyai sejumlah fasilitas, beberapa di antaranya; kursi duduk untuk bersantai sembari menikmati pemandagan alam, warung makan, dan gardu pandang. Nah, gardu pandang inilah yang biasanya menjadi spot andalan di obyek wisata Bukit Panjenoan. Para wisatawan rela antri demi menerima foto yang cantik.


18. Tempat Wisata Puncak Gunung Lio Brebes











Gunung Lio

Gunung Lio yang berada di perbatasan Salem dan Banjarharjo, bisa dikembangkan sebagai Bumi Perkemahan, sehingga bisa meningkatkan daya tarik Salem namun tidak mengurangi fungsinya sebagai tempat penyangga suplai air bagi kabupaten Brebes.


Setiap hari libur Puncak ini selalu di padati oleh wisatawan dari banyak sekali daerah. Selain menikmati hawa sejuk dan pemandangan yang luar biasa eksotis kita juga bisa mengenal keanekaragaman hayati yg ada di Sekitar Gunung Lio.


Puncak ini bisa di tempuh dari arah Banjarharjo dgn melewati Bandungsari dan juga di tempuh dari Desa Pasirpanjang Salem. Namun jikalau dari arah Bumiayu dan Majenang bisa mengikuti petunjuk jalan arah Tanjung Kersana Brebes.


19. Tempat Wisata Curug Panyusuhan Brebes











Curug Panyusuhan

Curug panyusuhan terletak di hulu sungai ci gunung yng berada tida jauh dari desa tembong raja dan windusakti. di curug tersebut terdapat sekitar 7 curug yng indah. tapi hanya bisa di tempuh dengan berjalan kaki sekitar satu setengah jam dari desa Tembongraja Kec. Salem.


Baca ini : Tempat Wisata di Solo yang Wajib Dikunjungi


Demikian mengenai 19 Tempat Wisata di Brebes yang Paling Diminati Pengunjung nah supaya ini bisa bermanfaat untuk kalian semua, jikalau anda ingin bertanya wacana artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.
Sumber http://www.anekawisataseru.net/


Belum ada Komentar untuk "19 Kawasan Wisata Di Brebes Yang Paling Diminati Pengunjung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel