Lawan Kamera Iphone, Google Pakai Kecerdasan Buatan

GoogleFoto: Ars Technica

CalonPedia Jakarta – Google punya tutorial keren untuk melawan kamera iPhone yang mumpuni. Bukan mengungguli lewat hardware, raksasa pencarian internet itu menggunakan kecerdasan buatan (AI).


Saat merilis Pixel 2 beberapa hari lalu, Google mengklaim ponselnya itu punya kamera terbaik dikala ini. Klaim tersebut turut diperkuat dengan hasil benchmark dari DoXMark dengan nilai 98, tertinggi dikala ini.


Rahasianya, perusahaan yang bermarkas di Mountain View, California, Amerika Serikat itu berhasil meningkatkan formula yang memadukan teknik HDR dan fotografi komputasional untuk menghasilkan jepretan yang lebih baik.


Selain itu, Google menerapkan penggabungan optical image stabilisation (OIS) dan electronic image stabilisation (EIS) untuk pengambilan foto maupun video. Tutorial ini masih jarang diterapkan di smartphone yang ada di pasaran.


Tapi paling menarik, Pixel 2 punya kemampuan bokeh hanya menggunakan satu kamera. Padahal kebanyakan ponsel lain, termasuk iPhone, menggunakan dua kamera untuk menghasilkan hal tersebut.


“Karena sistem dua pixel sensor dan HDR+, kami bisa menerima banyak gambar dari satu kamera dari setiap jepretan. Makara jikalau digabungkan dengan sejumlah perhitungan yang gila, kita bisa menerima peta kedalaman dalam sebuah scene,” terperinci Brian Rakowski, Vice President Manager Google seolah-olah dikutip dari Guardian.


“Kami bisa melaksanakan dengan satu kamera, yang berarti kami bisa melakukannya di kamera belakang dan di kamera selfie. Sebagian besar ponsel membutuhkan dua kamera untuk melaksanakan itu, tapi kami bisa melakukannya sangat baik dengan satu kamera,” imbuhnya.











GoogleFoto: istimewa




Informasi kedalaman yang ditangkap kamera Pixel 2 dipakai untuk mengindentifikasi apa yang ada di depan untuk melaksanakan blur secara artifisial di latar belakang. Sehingga hasil potret mode di Pixel 2 diklaim sama seolah-olah kamera DSLR.


Tapi keunggulan kamera Pixel 2 tidak hanya itu. Google menggunakan informasi kedalaman dari kamera untuk pengalaman augmented-reality. Ada juga fitur Lens untuk mendeteksi informasi sebuah benda, seolah-olah landmark atau cover buku.


Pengguna dua ponsel Pixel ini juga masih menerima kuota Google Photos tak terbatas untuk foto tak terkompres, sama seolah-olah Pixel generasi pertama.


“Pengguna Pixel rata-rata menympan foto dan video sebesar 23 GB setiap tahunnya, di sini pentingnya penyimpanan gratis. Jika menggunakan iCloud, maka dalam tiga bulan jatah penyimpanan gratisnya sudah habis,” ujar Mario Queiroz, VP product management Google dikala peluncuran Pixel 2 dan 2 XL.


Melihat semuanya tadi, Google telah berhasil menyaingin kamera iPhone dengan tutorial yang keren.





Belum ada Komentar untuk "Lawan Kamera Iphone, Google Pakai Kecerdasan Buatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel