Menlu Ri Minta Klarifikasi Dubes As Atas Penolakan Terhadap Panglima Tni

Amerika Serikat melalui duta besarnya di Jakarta mengungkapkan seruan maafnya kepada Indonesia sehabis insiden penolakan terhadap Panglima Tentara Nasional Indonesia Jenderal Gatot Nurmantyo ke Amerika Serikat, pada Sabtu (21/10).


Kedubes Amerika Serikat memperlihatkan pihaknya terus berupaya memfasilitasi perjalanan Gatot bersama istri dan sejumlah delegasi ke Washington demi memenuhi undangan Panglima Tentara Nasional Indonesia AS, Jospeh Dunford, dalam konferensi VEOs (Defence conference on country violent Extremist organizations) pada 23-24 Oktober mendatang.


Menlu RI Minta Penjelasan Dubes AS atas Penolakan terhadap Panglima TNI


Amerika

“Joseph Donovan Duta Besar AS telah meminta maaf kepada Menteri Luar Negeri RI Retno marsudi atas ketidak nyamanan yang diterima oleh panglima besar Tentara Nasional Indonesia Jenderal Gatot Nurmantyo,” dirilis situs resmi Kedubes AS pada Minggu (22/10).


“Kedubes Amerika Serikat akan terus mempersiapkan kemudahan kepergian Jenderal Gatot ke Amerika Serikat. Langkah ini dilakukan sebagai kesepakatan Amerika untuk menjaga kemitraan strategis antara kedua negara,”.


Hingga ketika ini, kedubes AS berusaha menjalin komunikasi dengan sejumlah ajun Jenderal Gatot Nurmantyo demi menyelesaikan permasalahan ini. Meski begitu, Kedubes AS tidak menjelaskan apa alasan Jenderal Gatot Nurmantyo tidak diberi izin untuk masuk ke Amerika Serikat.


Awalnya, Jenderal Gatot Nurmantyo bersama sang istri dan sejumlah delegasinya dijadwalkan bertolak ke Washington DC pada Sabtu (21/10) pukul 17.00 WIB memakai maskapai Emirates Airways.


Namun, setibanya di bandara Soekarno-Hatta pihak maskapai memberitahukan bahwa Jenderal Gatot Nurmantyo bersama rombongannya tidak diperbolehkan untuk memasuki wilayah AS oleh Badan Perlindungan Perbatasan AS.


Saat dikonfirmasi, juru bicara Kementrian luarnegeri RI, Arrmanatha Nasir, memperlihatkan sampai sekarang pihaknya belum mendapat penjelasan dari pihak AS.


Meski begitu, Arrmanatha memperlihatkan bahwa Menlu Retno telah menghubungi Dubes Donovan untuk meminta penjelasan atas apa yang terjadi dengan Jenderal Gatot Nurmantyo.


Dia juga menegaskan, bahwa pihaknya akan memanggil Wakil dubes AS besok pada hari  senin 23/2017 untuk meminta penjelasan terkait insiden tersebut.


Belum ada Komentar untuk "Menlu Ri Minta Klarifikasi Dubes As Atas Penolakan Terhadap Panglima Tni"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel